TOP 12 Buah Buahan Untuk Diet Terpilih

Top 12 Buah buahan untuk diet yang paling sering digunakan untuk diet. Buah buahan tidak hanya sering dijadikan makanan favorit saat seseorang sedang menjalankan sebuah program diet, tapi lebih dari itu, buah sangat menyehatkan karena rendah akan kalori dan juga kaya akan kandungan serat. Mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah sedang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena dapat mengontrol asupan kalori, cepat mengisi, plus memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

12 jenis buah-buahan untuk menurunkan berat badan

12 jenis buah-buahan untuk menurunkan berat badan

Bahkan, bukan sebuah rahasia apabila banyak peneliti dan ahli gizi yang menyebut bahwa orang yang sering makan buah buahan lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan bahwa berat badannya naik. Inilah yang membuat banyak penulis buku berlomba lomba menulis tentang segudang manfaat buah buahan. Bahkan tidak sedikit juga dokter yang menuliskan hasil penelitiannya akan buah buahan dan mencetaknya dalam sebuah buku, termasuk penelitian akan manfaat buah buahan untuk diet yang sekarang semakin digemari.

Ini Dia,Top 12 Buah Buahan Untuk Diet Terpilih ( bagian 2 )

Pada bagian-1 kita sudah menuliskan top 7 nama buah untuk diet terbaik. Jadi supaya Anda tidak mendapatkan informasi yang sama, maka artikel ini anggap saja merupakan update dari artikel sebelumnya yang sudah kita tulis jauh-jauh hari sebelumnya.

Sebagai flashback, berikut daftar nama buah yang sudah kita tulis di artikel sebelumnya:

  1. Semangka
  2. Alpukat
  3. Pisang
  4. Apel
  5. Pir
  6. Blueberry
  7. Stroberry

Anda bisa membacanya disini: 7 Nama buah untuk diet terbaik

Sudah Anda baca artikel sebelumnya? Jika sudah, berikut ini daftar nama buah buahan untuk diet selanjutnya yang mungkin bisa Anda masukan kedalam menu harian diet yang sedang Anda jalani.

8. Buah Jeruk Lemon Membantu Diet Anda

Jeruk lemon, benarkah? Yup, jangan berpikir kalo buah yang satu ini hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak saja. Karena nyatanya, buah yang satu ini merupakan properti penurunan berat badan yang banyak juga digunakan oleh mereka yang sedang menjalankan sebuah program diet.

Buah lemon memang tidak secara langsung akan menurunkan berat badan jika Anda meminum air perasannya. Tapi, perasan air jeruk lemon dapat berfungsi sebagai pendetoksifikasi, yaitu membantu mengeluarkan racun dan material yang tidak dibutuhkan oleh tubuh lewat buang air kecil. Dan memang, salah satu efek meminum perasan jeruk lemon ini adalah meningkatnya diuretik, atau buang air kecil. Nah kalo sudah begini, tandanya Anda akan lebih sering bolak balik ke kamar mandi, dan akhirnya Anda mungkin akan sedikit mengurangi berat air pada tubuh Anda.

Dikutip dari livestrong.com menuliskan bahwa, meminum perasan jeruk lemon dapat meningkatkan asupan vitamin C Anda, dan memungkinkan membantu proses penurunan berat badan. Dimana vitamin C dapat membantu sel-sel Anda untuk membuat karnitin. Yaitu bahan kimia pada sel yang digunakan untuk membakar lemak dan membuat energi.

Masih dikutip dari sumber yang sama yaitu livestrong.com juga menuliskan bahwa, berdasarkan laporan dari Departemen Hortikultura dan Arsitektur Lansekap Universitas Purdue mencatat bahwa, air lemon panas atau hangat juga telah banyak dianjurkan sebagai pencahar. Pencahar adalah obat-obatan yang diminum guna membantu meringankan sembelit dengan membantu Anda menjadikan tinja lebih lunak, dan ini juga berarti, bab Anda menjadi lebih lancar. Nah kalo sudah tahu manfaatnya seperti ini, tentu layak jika memasukan buah lemon kedalam top 12 daftar nama buah buahan untuk diet terpilih.

Tambahan info untuk Anda. Journal of Biochemical Nutrition edisi November 2008 menyatakan bahwa, polifenol pada lemon, yaitu molekul yang ditemukan dalam tanaman dengan sifat antioksidan, “secara signifikan menekan” berat badan, akumulasi bantalan lemak, lemak yang berlebihan dalam aliran darah Anda, gula darah tinggi, dan resistensi insulin.

Sebagai buah dari keluarga citrus, lemon mengandung flavonoid yang memiliki banyak manfaat lain yang berkaitan dengan berat badan, termasuk mengurangi produksi kolesterol dan trigliserida dari hati Anda. Dan ini artinya, lemon atau perasan jeruk lemon dapat membantu tidak hanya pada penurunan berat badan, tetapi juga dalam pengobatan dan pencegahan obesitas dan diabetes.

Contoh pengunaan buah lemon untuk diet / membantu diet

Mungkin Anda bertanya, bagaimana cara menggunakan perasan air lemon ini untuk membantu diet kita. Nah berikut ini ada beberapa contoh penggunaan air lemon dalam keseharian.

1. Air perasan lemon diminum pagi hari. Tya Subiakto adalah salah satu contoh artis indonesia yang mengaplikasikan metoda ini. Jadi setiap pagi Tya Subiakto selalu minum 1 perasan buah lemon tanpa dicampur apapun. Dan menurutnya, fungsi lemon ini berfungsi sebagai detok seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya. Jika Anda belum tahu kisah dari Tya Subiakto, maka kita kasih tahu bahwa Tya adalah artis Indonesia yang sukses menurunkan berat badannya hingga 40 kg.

Meski memang, tidak serta merta hanya dengan meminum perasan dari salah satu buah buahan untuk diet ini “lemon” dia bisa menguruskan tubuhnya, tapi dia kombinasikan dengan diet ala dirinya sendiri. Dan kita pernah mengulas tentang kisah sukses Tya Subiakto dalam menguruskan tubuhnya.

Anda bisa membacanya disini: Diet Ala Tya Subiakto

2. Mencampurnya dengan air minum. Selain car diatas, ada juga yang mencampurnya dengan air minumnya sehari hari. Jadi air biasa dalam botol diberi potongan lemon supaya dapat memberikan rasa segar saat diminum, dan tentu ini jauh lebih nikmat dari pada kita hanya meminum plain water atau air putih biasa. Dengan meminum air yang dicampur lemon yang segar maka setidaknya dapat mengurangi keinginan kita untuk meminum minuman yang mengandung kalori seperti kopi manis, teh manis, atau minuman bersoda.

Artis luar negeri seperti Gwyneth Paltrow, Dina Manzo, Theresa Cheung juga dikabarkan menggunakan cara ini untuk membantu diet yang mereka jalankan.

 Tapi bagi Anda yang mempunyai maslah dengan lambung yang sensitif, tentu cara ini harus dipikirkan kembali.

9. Buah buahan untuk diet selanjutnya adalah “Grapefruit”

Hayoo, ada yang tahu buah grapefruit itu seperti apa. Tulisan grapefruit’nya jangan dipisah yaa, entar artinya jadi “anggur buah” aliss buah anggur, hahaha, “kidding”.

Bagi yang belum familier dengan yang namanya grapefruit, maka Admin jelasin dikit. Buah grapefruit itu adalah sejenis buah jeruk yang isinya mirip kaya jeruk bali, namun ukuran buahnya saja yang agak kecil. Menurut situs Grapefruit-Diet, diet ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930 oleh Kelly Brownell D. PhD. Diet ini mempunyai cukup banyak penggemar, termasuk salah satunya adalah artis Hollywood, Kylie Minogue.

Mereka yang pernah mencoba menjalankan diet ini mengklaim bahwa grapefruit mengandung enzim tertentu yang bila dimakan sebelum mengkonsumsi makanan lain dapat membantu membakar lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Dan tentu saja, hasil dari mengkonsumsi salah satu buah buahan untuk diet ini bisa berfariasi setiap orangnya, menurut info antara 3 sampai 10 pound.

Meski mungkin masih banyak perdebatan tentang apakah benar grapefruit benar-benar bisa membakar lemak, namun beberapa studi menginformasikan bahwa, orang gemuk yang makan setengah grapefruit sebelum dia makan selama jangka waktu 12 minggu ternyata bisa kehilangan secara signifikan berat badanya daripada mereka yang tidak makan atau minum produk dari grapefruit. Mungkin air yang terkandung di grapefruit membantu Anda merasa kenyang lebih dulu sebelum Anda makan, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh K. Fujioka dan rekan dalam “Journal of Medicinal Food.” di tahun 2006, Setelah 12 minggu, orang-orang yang diikutkan dalam studi yang makan setengah dari kelompok grapefruit segar sebelum makan telah kehilangan 1,6 kilogram berat badan mereka. Mereka yang minum jus jeruk telah kehilangan 1,5 kilogram, orang-orang yang mengambil kapsul jeruk telah kehilangan 1,1 kilogram dan mereka yang mengambil plasebo telah kehilangan 0,3 kilogram.

10. Bisakah Kiwi membantu menurunkan berat badan?

Siapa yang tak menyukai buah Kiwi ?. Selain manis, buah buahan untuk diet ini juga cukup kaya akan kandungan serat, vitamin C dan K. Mereka juga rendah akan kalori dan kepadatan energi, membuat kiwi menjadi pilihan buah bergizi bagi orang yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Tapi ingat, sebenarnya buah kiwi tidak benar-benar dapat membakar lemak, tetapi mereka dapat menjadi makanan pilihan untuk mengisi perut Anda tanpa takut akan kandungan kalori. Sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menurunkan berat badan, tanpa harus kelaparan.

Diluar negeri, diet kiwi dikenal dengan istilah The morning kiwi diet. Dimana ini berarti, kiwi dikonsumsi dipagi hari sebagai sarapan, ditambah meminum air hangat. Selain itu, kiwi juga sangat baik untuk dijadikan snack pengganti makanan berkalori yang biasa Anda makan disaat waktu makan belum tiba.

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, kiwi juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat makanan. Diet yang mengandung banyak serat dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Serat juga baik untuk mengisi Anda dan menekan nafsu makan Anda, keuntungan besar bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

11. Buah mentimun, tinggi kandungan air tapi rendah kandungan kalori

Jangan Anda perdebatkan apakah mentimun itu termasuk buah atau sayuran. Karena yang kita cari saat ini adalah manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan, benarkan.

Menjadikan mentimun untuk membantu diet Anda mungkin perlu Anda coba. Anda bisa menjadikannya minuman, atau memakannya langsung dengan cara di slice terlebih dahulu. Tapi ingat, jadikanlah mentimun sebagai makanan pendamping pada diet Anda, dan bukan menjadikannya sebagai makanan utama pada diet yang Anda jalankan, karena nantinya tubuh akan terlalu sedikit menerima asupan kalori dan nutrisi. Bagaimanapun, diet yang baik dan sehat itu tentu tetap membutuhkan asupan nutrisi dari makanan lainnya.

Cara mengkonsumi mentimun untuk diet

Dijadikan minuman seperti smoothies

Mentimun tidak hanya renyah dan menyegarkan saat dijadikan topping untuk salad, tapi lebih dari itu, mentimun juga bisa digolongkan kedalam jenis buah buahan untuk diet karena mereka juga dapat dibuat menjadi minuman smoothies yang sehat, yang cocok dengan rencana penurunan berat badan Anda. Bayangkan, 1 cangkir minuman mentimun ini hanya mengandung 16 kalori saja. Dan untuk membuat satu cangkir porsi smoothies mentimun, cukup campur 1/2 cangkir air dan 1 cangkir mentimun.

Smoothies mentimun bisa langsung diminum tanpa dicampur, atau Anda bisa juga mencampurnya dengan smoothies sayuran lain, seperti bit atau wortel untuk mendapatkan rasa manis alami. Tambahkan sedikit bubuk cabai ke jus mentimun untuk menjadikannya sedikit hangat dan pedas namun masih memberikan manfaaf penghidrasi dan menyegarkan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi 2006 dari “American Journal of Clinical Nutrition.” Bubuk cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang mana bersama dengan dapat membantu pada oksidasi lipid dan meningkatkan metabolisme energi Anda.

Dijadikan snack sehat

Gunakan mentimun sebagai snack atau camilan disaat Anda merasa lapar diluar jam makan Anda. Tinggalkan snack tinggi kalori yang biasanya Anda makan. Anda bisa memakannya langsung, atau mengkombinasikannya dengan saus rendah lemak, seperti salsa.

Menjadikannya bagian dari salad

Tambahkan irisan mentimun pada salad yang Anda konsumsi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang extra tanpa menambah jumlah kalori yang berarti pada hidangan yang Anda makan. Bisa juga dikombinasikan dengan saus rendah lemak.

12. Buah buahan untuk diet yang terakhir adalah buah Plum

Mungkin di Indonesia kita kurang familier dengan buah yang satu ini. Tapi diluar sana, orang sering memuji manfaat jus plum untuk menurunkan berat badan. Jus plum penuh antioksidan dan serat, dua zat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Plum sangat bergizi dan mengandung potasium, vitamin A, Magnesium, Iron dan serat yang membuat kita tetap sehat dan penuh energi. Beberapa manfaatnya adalah dapat mencegah pembekuan trombosit yang dapat mengakibatkan penyakit seperti Artherosclerosis, tekanan darah tinggi, Stroke dan Penyakit Jantung Koroner.

Orang-orang telah lama mengkonsumsi plum dengan cara dijadikan jus untuk mengurangi nafsu makan dan meningkatkan fungsi usus. Karena plum tinggi akan kandungan serat, maka jus plum juga dapat memberikan rasa kenyang.

Nah bagaimana, buah mana yang akan Anda pilih untuk membantu program diet Anda? tapi tetap, mengkonsumsi buah-buahan tidak bisa serta merta dapat dengan mudah menurunkan berat badan Anda. Kombinasikan dengan olahraga seperti jogging dan juga pengontrolan jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Akhir kata, semoga informasi “Top 12 buah buahan untuk diet” ini bermanfaat untuk kita semua.