13 Tips Diet Sehat – Langsing Tanpa Diet

Tips diet terbaik untuk Anda yang ingin langsing tanpa harus melakukan sebuah program diet. Dengan kata lain, ini adalah diet tanpa diet. Jadi sebuah trik atau aktivitas kecil yang dilakukan sebelum makan, atau mungkin juga saat makan, sehingga Anda akan makan lebih sedikit, atau jumlah kalori yang masuk tidak sebanyak sebelumnya, tanpa harus kelaparan seperti pada saat Anda melakukan sebuah program diet.

Tips diet yang baik dan sehat

Tips diet yang baik dan sehat
Illustration Image Credit: Measuring tape by Lusi, at www.sxc.hu/photo/1192445

Sebenarnya tips diet yang akan kita share ini bukanlah sesuatu yang sulit, tapi masalahnya kita cuma malas saja untuk melakukannya. Padahal sebenarnya, dibalik hal yang sederhana ini terdapat manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Jadi bagi Anda para wanita yang ingin memiliki body langsing agar dapat lebih percaya diri terutama saat menghadapi klien bisnis, atau para pria yang bosan dengan perut buncitnya, maka semoga tips diet sehat ini bisa bermanfaat untuk Anda, dan kita semua pada umumnya.

Ini Dia 13 Tips Diet Untuk Anda – Tips Langsing Tanpa Diet

Wanita ataupun pria tentu lebih nyaman jika memiliki bentuk tubuh yang langsing, karena selain menarik, kita juga akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, simak tipsnya berikut ini:

1. Usahakan selalu sarapan

Tips diet yang pertama adalah mitos masalah sarapan. Mungkin kita berpikir kalau melewatkan sarapan adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan kita. Namun ternyata, banyak studi yang menunjukan hasil yang malah sebaliknya. Melewatkan sarapan sebenarnya malah akan membuat Anda semakin lapar di jam-jam berikutnya. Malah bisa membuat Anda makan sangat banyak pada saat makan siang nantinya.

Lagipula, ada sebuah penelitian yang dilakukan guna mencari tahu apakah ada pengaruhnya terhadap berat badan antara orang yang sarapan dan tidak sarapan. Penelitian ini dilakukan selama 16 minggu pada 309 orang yang mempunyai masalah berat badan, dimana mereka dibagi kedalam 2 kelompok, yaitu kelompok yang sarapan di pagi hari dan juga kelompok yang tidak sarapan dipagi hari.

Dan ternyata hasil penelitian tersebut menunjukan, bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara orang yang sarapan dipagi hari dengan orang yang tidak sarapan dipagi hari. Jadi, untuk apa Anda menyiksa diri Anda dengan tidak sarapan apabila hal tersebut tidak memberikan perbedaan pada berat badan Anda.

Para ahli mengingatkan bahwa, jika kita akan melakukan diet yang sehat, maka lakukanlah dengan cara yang sehat pula. Jadi tetaplah sarapan, dan sarapanlah dengan makanan yang sehat, seperti sereal tinggi serat, susu rendah lemak, dan juga buah-buahan.

2. Jangan nyemil sembarangan

Biasakan mulai dari sekarang jangan nyemil sembarangan, karena makanan yang enak dan menyehatkan ternyata masih banyak kok. Cemilan sehat tidak hanya sebagai solusi untuk membantu Anda mengatasi rasa lapar hingga waktu makan tiba, namun cemilan sehat juga akan menghindarkan kita dari mengemil makanan yang tidak sehat yang tinggi akan kalori. Seperti goreng-gorengan, juga keripik kentang, dan juga segala jenis junk food.

Berikut ini beberapa contoh cemilan sehat yang bisa Anda jadikan pilihan:

  • Buah-buahan seperti: Pir, apel, Persik, Aprikot, keluarga berries:Blueberries, strawberries, raspberries, blackberries
  • Kacang-kacangan seperti: walnut, kacang edamame, kacang almond, kacang tanah rebus, kacang mete
  • Makanan olahan: plain yoghurt dengan potongan stroberry atau blueberry

3. Stop konsumsi soft drink

Minuman soft drink memang nikmat, terlebih jika diminum saat dalam keadaan dingin. Namun tahukah Anda kalau ternyata minuman soft drink termasuk kedalam junk food. Dimana junk food disebut-sebut sebagai salah satu penyebab meningkatnya penderita obesitas dibanyak negara di dunia. Dan karena saking pentingnya masalah ini, maka info ini berada dijajaran atas tips diet yang kita sampaikan.

Selain itu, banyak ahli kesehatan yang mengingatkan bahwa selain dapat menyebabkan naiknya berat badan ternyata terlalu sering minum-minuman soft drink bisa meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, hipertensi, bahkan bisa menyebabkan terjadinya perubahan metabolisme tubuh.

4. Konsumsi alpukat saat makan

Sebuah penelitian menunjukan, bahwa mengkonsumi setidaknya setengah buah alpukat sebelum atau berbarengan dengan waktu makan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Tips diet sehat ini sudah dibuktikan dari hasil sebuah test pada 26 relawan dengan masalah kelebihan berat badan. Dimana mereka dibagi kedalam beberapa kelompok, dan semuanya diberikan jenis menu sarapan makanan yang sama, namun diberikan menu makan siang yang berbeda untuk melihat pengaruhnya terhadap rasa lapar.

Jadi diantara kelompok tersebut, ada kelompok yang pada menu makan siangnya diberikan tambahan makanan berupa setengah buah alpukat segar. Sedang kelompok lainnya hanya makan siang dengan menu standart, tanpa tambahan setengah buah alpukat.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Joan Sabate, ketua Departemen Gizi di Loma Linda University di California. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa, kelompok yang mengkonsumsi setengah buah alpukat segar di saat makan siang mengaku bahwa sekitar 40 persen diantaranya mengaku rasa laparnya berkurang di tiga jam pertama setelah makan, dan 28 persen setelah lima jam.

5. Jangan biarkan diri Anda terlalu lapar

Sebisa mungkin jangan biarkan diri Anda kelaparan karena kebiasaan menunda makan. Karena efek buruk makan disaat kita sangat lapar adalah kita akan sulit mengontrol diri kita, sehingga sangat mungkin kita akan makan lebih banyak dari biasanya, serta kita juga kadang menjadi tidak peduli apakah makanan yang dikonsumsi tersebut sehat atau tidak.

Jadi solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengkonsumsi cemilan. Anda bisa lihat kembali tips diet point yang pertama. Disana Anda bisa melihat daftar cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi rasa lapar ketika waktu makan belum tiba.

6. Jangan makan menjelang tidur

Mungkin sebagian besar sudah tahu, bahwa makan dimalam hari terutama menjelang tidur bisa sangat berkontribusi naiknya berat badan Anda. Bahkan para peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa makan dimalam hari dapat menyebabkan resiko naiknya berat badan hingga dua kali lipat, bahkan ketika total kalori yang dikonsumsi adalah sama ketika saat dikonsumsi pada siang hari.

Makan yang dikonsumsi menjelang tidur sudah pasti tidak akan optimal terpakai oleh tubuh, karena pada saat tidur semua organ beristirahat sehingga metabolismepun melambat, dan akhirnya kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh menjadi lemak.

Namun jika situasinya adalah karena terbangun dari tidur Anda ditengah malam, kemudian Anda membutuhkan makanan untuk membantu untuk bisa tidur kembali, maka solusinya adalah lihat di point tips diet yang pertama. Lihatlah daftar makanan sehat yang bisa Anda jadikan cemilan sehat ditengah malam.

Banyak anjuran yang menyarankan bahwa sebaiknya kita tidak lagi makan setelah lewat jam 7 malam, atau setidaknya sekurang-kurangnya terakhir makan itu 3 jam sebelum waktu tidur kita.

7. Jangan Makan atau ngemil sambil nonton

Sebaiknya hindari makan atau ngemil sambil nonton tv atau berada didepan komputer. (“wah kalau ini nyentil admin juga neh, hehehhe”). Karena berdasarkan penelitian, makan atau ngemil sambil nonton adalah salah satu penyebab naiknya berat badan. Bahkan dinegara-negara maju seperti Amerika, makan atau ngemil sambil nonton atau berada didepan layar adalah salah satu faktor penyebab obesitas.

Point ke lima dari tips diet ini sudah banyak dijelaskan oleh banyak penelitian, dimana penelitian tersebut menjelaskan bahwa mereka yang makan atau ngemil sambil nonton atau berada didepan layar maka dia tidak akan ingat berapa banyak makanan yang telah dia makan, sehingga dikemudian hari dia akan makan jauh lebih banyak dari sebelumnya.

Bahkan para ahli kesehatan dari mayo clinic pun memperingatkan akan hal ini, dan memasukannya kedalam 5 point yang harus dihindari jika ingin hidup lebih sehat.

8. Makan Perlahan

Saat makan cobalah jangan terburu-buru, tapi nikmatilah makan Anda secara perlahan. Cara diet ini sering digunakan oleh orang-orang Jepang saat mereka makan. Lalu jika Anda bertanya apa manfaatnya makan secara perlahan? Maka jawabannya adalah, jika kita makan secara perlahan maka sebenarnya kita telah memberikan waktu kepada otak untuk mengenali dan memberitahukan kalau perut sudah mulai penuh, dan memberikan sinyal supaya berhenti makan, sehingga kita tidak makan berlebihan.

9. Hara Hachi bunme

Hara hachi bunme adalah bisa dibilang salah satu tips diet ala orang Jepang lainnya. Yaitu yang berarti, makan secara perlahan dan berhentilah makan jika perut sudah 80% terisi. Trik makan ini sangat terkenal di kalangan orang-orang Jepang.

10. Kurangi konsumsi garam atau makanan asin

Selain bisa mengakibatkan penyakit darah tinggi, ternyata konsumsi garam berlebih juga bisa berakibat terhadap naiknya berat badan loh. Rata-rata penduduk Amerika mengkonsumsi total 2x lebih banyak dari kebutuhan garam mereka setiap harinya. Hal tersebut memicu naiknya jumlah orang yang memiliki berat badan berlebih, dan kesulitan untuk menurunkan kembali setiap pounds berat badan mereka.

Garam juga akan membuat Anda merasa sangat lapar dan haus, sehingga beberapa program diet ada yang menganjurkan untuk mengurangi konsumsi garam pada makanan yang akan dikonsumsi. Ingat, hanya dikurangi dan bukan dihilangkan, karena bagaimanapun garam atau natrium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh organ-organ didalam tubuh kita.

Didalam tubuh, garam ternyata berfungsi juga sebagai pengikat cairan. Jadi terlalu banyak garam didalam tubuh maka bisa berakibat penumpukan cairan juga didalam tubuh. Para ahli gizi menyarankan, sebaiknya batas konsumsi sehat garam perhari total adalah antara 2000mg hingga 2400mg saja perharinya.

11. Makanan pedas bisa meningkatkan metabolisme tubuh

Wah kayaknya, tips diet yang satu ini paling disukai sama orang Indonesia. Bagaimana tidak, rasa pedas memang sudah dari dulu merupakan juaranya rasa di tanah air tercinta ini. Karena hampir kebanyakan makanan di Indonesia, rata-rata menggunakan cabai sehingga terasa pedas.

Sebuah riset yang dilakukan oleh University Oxford Brookes di Inggris menunjukan bahwa, mengkonsumsi makanan pedas yang banyak mengandung cabai atau bumbu lainnya yang menghasilkan rasa pedas ternyata mampu menaikan tingkat metabolisme tubuh hingga 25%.

12. Makan dalam porsi kecil

Admin jadi inget ucapan seorang pakar gizi dan nutrisi Denny Santoso, dimana jika seseorang ingin menurunkan berat badan maka orang tersebut harus memotong jumlah kalori yang masuk. Misalnya jika setiap hari dia mengkonsumsi 3000 kalori maka cobalah memotong jadi 2000 kalori saja setiap hari.

Tapi tidak hanya itu, Denny Santoso juga menyarankan supaya 2000 kalori tersebut dimakan dengan cara dibagi-bagi. Jadi intinya, tips diet yang disarankan oleh pakar gizi ini adalah, kita harus membagi menu makanan yang akan dikonsumsi tersebut menjadi 5 atau 6 porsi. Misalnya: sarapan, snack sebelum makan siang, makan siang, snak sebelum makan malam, makan malam. Kalau dibagi 6 maka setelah makan malam ada snack lagi setelah makan malam.

Denny Santoso mengibaratkan, kenapa makanan tersebut harus dibagi kedalam porsi yang kecil. Jadi tubuh mempunyai batasan kemampuan dalam menyerap dan menggunakan asupan makanan yang masuk, jadi jika kita makan banyak pada satu waktu maka nutrisi tidak diserap dengan sempurna, dan akhirnya sisanya akan disimpan menjadi cadangan berupa lemak.

Ibarat kita minum obat, tentu obat tidak diminum sekaligus dalam satu waktu, atau tidak juga yang harusnya 3 kali minum malah diminum menjadi 2 kali saja, alhasil kita akan overdosis. Begitu juga saat kita makan, tutur Donny Santoso.

13. Lakukan Jogging atau Fat Burning

Menurut Dokter spesialis Gizi Dr. Ekky M. Rahardja, selain kita melakukan pengaturan makan atau pengaturan kalori, yang harus kita lakukan supaya berat badan bisa turun dengan optimal adalah sebaiknya kita bantu dengan melakukan jogging atau aktifitas fat burning.

Fat burning adalah aktifitas olah raga untuk membakar lemak. Menurut dr. Ekky, olah raga bakar lemak itu bukanlah olah raga yang berat atau yang bikin kita ngos-ngos’an. Karena kalau kita ngos-ngos’an itu tandanya kita kekurangan oksigen, dan kalau kekurangan oksigen maka lemak menjadi tidak bisa dibakar oleh tubuh.

Jadi tips diet yang disarankan oleh dr. Ekky untuk membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan adalah, aktivitas jogging atau olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang.

Selain melakukan paket program olahraga ringan seperti jogging dan menjaga pola makan, Anda juga dapat mencatat secara rutin setiap hari makanan apa saja yang Anda makan, aktifitas apa yang Anda lakukan, dan catat juga berat badan Anda setiap akhir minggu.

Hal ini dapat bermanfaat supaya Anda dapat melihat track record perjalan diet Anda setiap minggunya. Kalau berat badan Anda naik, maka setidaknya Anda bisa mengira-ngira kesalahan apa yang bisa membuat berat badan Anda bisa naik. Jika itu karena faktor makanan maka Anda bisa meng’eliminasi makanan tersebut dan menggantinya dengan jenis makanan yang lebih sehat dan juga rendah dalam hal kalorinya.

Namun jika Anda menemukan bahwa berat badan Anda ternyata turun, maka track record seminggu tersebut sangatlah berharga untuk Anda. Jadi Anda setidaknya dapat mengulang track record tersebut di minggu-minggu yang akan datang.

Lakukanlah terus percobaan hingga Anda memiliki cukup banyak track record mingguan yang bisa membuat berat badan Anda turun. Jika sudah demikian, berat badan ideal pasti lambat laun akan tercapai. Simpanlah baik-baik catatan tesebut sebagai acuan tips diet pribadi Anda.

Jadi diet yang baik adalah diet yang tidak menganggu kesehatan tubuh kita dan dapat memberikan kita asupan energi yang cukup. So, semoga beberapa point tips diet yang kita sampaikan ini bermanfaat untuk ktia semua.