Tips Diet Wanita Jepang

Apakah Anda tahu, apa sih rahasia diet wanita Jepang, sehingga kebanyakan wanita Jepang rata-rata memiliki postur tubuh yang bagus, tinggi, langsing, dan jarang terlihat bertubuh gemuk. Kalaupun ada yang bertubuh gemuk, itupun kebanyakan hanya karena disebabkan oleh faktor keturunan saja.

Image Credit : japanese girl kimono woman cherry. By : the_nautilus Via : http://pixabay.com/en/japanese-girl-kimono-woman-cherry-322825/

Hmmmh, membuat kita semakin penasaran bukan?  Lalu apa sih rahasianya sehingga masyarakat jepang khususnya wanita bisa memiliki postur tubuh yang langsing, dan jauh dari yang namanya kegemukan. Bahkan WHO saja mencatat, tingkat persentase obesitas wanita Jepang jauh lebih kecil dibanding negara-negara lainnya. Di Jepang hanya 3% saja wanita yang mengalami obesitas, bandingkan dengan Amerika yang bisa mencapai 34%, dan Australia yang mencapai 22%.

Beberapa orang mengatakan, bahwa rahasia diet wanita Jepang atau pada umumnya orang jepang adalah dengan cara diet berlebihan atau mati-matian. Namun pemberitaan tersebut sangatlah salah dan tidaklah benar. Orang Jepang bisa langsing bukanlah dikarenakan mereka melakukan diet yang sebegitu extreem, tapi orang jepang bisa langsing adalah karena mereka memiliki ciri khas tersendiri dengan apa yang mereka makan, dan juga bagaimana mereka memasak makanan mereka untuk di makan.

Ini Dia Rahasia Diet Wanita Jepang

Rakyat jepang memang memiliki tradisi makan yang unik, mulai dari cara pengolahan, penyajian, hingga tata cara bagaimana mereka makan. Inilah yang membuat tradisi makan orang Jepang tidak hanya membuat mereka menjadi berbeda, tapi membuat mereka juga terkenal hingga ke seluruh dunia. Dan menurut admin, dari sanalah rahasia diet para wanita Jepang  atau orang Jepang tersebut berasal.

Dan berikut ini adalah beberapa tips makan ala orang jepang yang mungkin bisa kita adopsi dan terapkan dikehidupan kita sehari-hari.

1. Dikukus dan direbus

Kebanyakan orang Jepang lebih memilih merebus atau mengukus makanan yang mereka konsumsi dari pada menggorengnya. Para ahli berpendapat, dengan mengukus atau merebus maka makanan tersebut sangat rendah kalori, dan tidak banyak nutrisi yang hilang atau rusak jika dibandingkan dengan digoreng. Selain itu, mereka juga terbebas dari reksiko lemak trans yang berbahaya yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan jantung.

2. Memakan makanan dalam porsi kecil

Ciri khas makan orang jepang memang sangat berbeda dengan Indonesia, bahkan dengan negara-negara lain di dunia. Mereka terbiasa makan dalam porsi yang kecil. Hal ini sudah dibiasakan sejak mereka masih anak-anak, yang makan dalam sebuah mangkuk atau piring yang kecil.

Lambung memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan jumlah makanan yang masuk, sehingga jika dibiasakan makan dalam porsi yang kecil maka konon kapsitas lambung dalam menampung makanan pun akan ikut menyesuaikan. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa, makan sering tapi dengan porsi yang kecil ternyata proses metabolismenya jauh lebih cepat dibandingkan makan sekali dalam porsi yang banyak.

3. Banyak makan ikan

Bukan sebuah rahasia, apabila orang Jepang disebut sebagai penggila ikan. Bahkan disebut-sebut negara Jepang adalah negara yang masyarakatnya pengkonsumsi ikan tertinggi di dunia. Teman-teman pasti pernah dengar nama makanan yang terbuat dari daging ikan mentah seperti Sashimi dan sushi bukan. Nah, makanan ini bahkan menjadi makanan yang paling favorit dan paling terkenal di Jepang bahkan hingga keseluruh dunia.

Itulah kenapa orang Jepang termasuk para wanita Jepang memiliki bentuk tubuh yang langsing dan terbebas dari obesitas. Daging ikan sangat penuh akan protein dan juga omega-3. Dan perlu Anda ketahui, Orang Jepang lebih banyak mengkonsumsi daging ikan dari pada daging sapi.

4. Orang Jepang mempunyai prinsip ” Hara Hachi Bunme “

Apa itu hara hachi bunme ? Hara hachi bunme adalah sebuah cara lain untuk tetap langsing. Prinsipnya adalah, makan dengan perlahan dan berhenti jika merasa 80% perut sudah terisi. Jika kita makan dengan perlahan, maka otak kita akan memiliki kesempatan untuk mengejar dan mengingatkan perut kita bahwa itu adalah penuh, jadi jangan lupa untuk memperlambat makan Anda.

5. Banyak mengkonsumsi jenis sayur-sayuran

Selain ikan, sayuran adalah fitur terbesar dalam makanan Jepang. Setidaknya 4 sampai 5 jenis sayuran disajikan dalam satu masakan. Meski begitu, lupakan kata membosankan apabila mengknsumsi sayuran yang direbus, orang Jepang tetap bisa mendapatkan rasa yang maksimal dari berbagai jenis sayuran mereka konsumsi, seperti shiitake, lobak dan rumput laut tanpa menggunakan minyak, yang berarti bahaya yang minimum untuk bertambahnya lebar lingkar pinggang.

Orang jepang mengatakan, mereka bisa mengkonsumsi lebih dari 100 jenis varietas makanan dalam seminggu, dibandingkan yang hanya 30-45 jenis saja dalam budaya barat. Memasukkan sayuran ke dalam setiap makan, termasuk sarapan, adalah cara terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang sehat dalam waktu yang singkat.

6. Eat with your eyes

Bukan tanpa sebab, jika selalu melihat makanan Jepang sering disajikan dalam bentuk yang indah, seperti dalam piring atau mangkuk yang kecil, atau tersusun indah dan rapih dalam sebuah kotak bento. Itu semua ada tujuannya. Dengan kata lain, Anda pertama kali seperti disuruh untuk menggunakan mata Anda untuk menikmati tampilan makanan tersebut, sebelum Anda mulai memasukan nya kedalam mulut Anda. Dan disaat nanti Anda mulai menikmati makanan tersebut, maka Anda secara tak sadar, Anda akan makan dengan cara perlahan, menikmati setiap gigitan, dari setiap makanan yang masuk ke dalam mulut Anda.

Alhasil? Trik tersebut akan memperlambat makan Anda, dan memberikan waktu kepada otak Anda untuk mengenali ketika perut Anda sudah mulai penuh, sehingga Anda tidak makan secara berlebihan. Sebagai perbandingan, orang yang disuguhi makanan dalam porsi yang besar dalam sebuah piring besar ternyata akan makan hingga 45% lebih banyak, dibandingkan dengan disajikan seperti makanan Jepang.

Itulah cara makan orang Jepang yang sekaligus rahasia diet orang Jepang. Karena dengan tradisi makanan seperti itu mereka terbukti memiliki tingkat obesitas yang sangat rendah, khususnya wanita, dibandingkan negara-negara lainnya yang Ada di Dunia. Kita mungkin bisa mengadopsi cara makan mereka guna mendapatkan tubuh yang jauh lebih daripada sebelumnya. Akhir kata, semoga artikel ” Tips Diet Wanita Jepang ” ini bermanfaat untuk kita semua.