Tips Diet Detox Tubuh Dengan Buah dan Sayuran

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan adalah dengan melakukan detok atau detoksifikasi alami dengan buah-buahan dan sayuran. Hal ini karena dari waktu ke waktu, tubuh Anda menumpuk racun yang tidak bermanfaat di dalam tubuh Anda, dan sudah pasti ini berdampak buruk bagi kesehatan Anda baik itu dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang.

Apa itu Detox / Detoxsifikasi

Detox, atau kependekan dari detoksifikasi, adalah proses alami berkelanjutan didalam tubuh guna menetralkan atau menghilangkan racun-racun dari tubuh. Semua organ tubuh seperti hati, usus, ginjal, paru-paru, kulit, darah dan limfatik semuanya bekerja sama untuk memastikan bahwa racun kimia berbahaya dikeluarkan dari tubuh. Racun adalah zat atau sesuatu yang dapat berpotensi membahayakan jaringan tubuh, termasuk didalamnya produk-produk limbah yang dihasilkan dari aktivitas sel normal, seperti amonia, asam laktat dan homosistein, serta racun buatan manusia banyak terdapat di lingkungan kita, seperti pada makanan, air dan udara.

Apa itu Diet Detox

Diet detoks disebut-sebut sebagai cara untuk menghilangkan racun dari tubuh . Meskipun detox awalnya dianggap sebagai pengobatan untuk kecanduan alkohol atau narkoba, namun istilah ini juga digunakan untuk merujuk kepada program diet, pengobatan herbal, dan metode lain yang tujuannya untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Diet detoks mungkin bervariasi, ada yang menjalani periode puasa diikuti dengan diet ketat sayuran mentah , buah, jus buah , dan air . Selain itu, beberapa diet detoks menganjurkan menggunakan herbal dan suplemen lainnya bersama dengan pembersihan usus ( enema ) untuk mengosongkan usus. Dan berikut ini beberapa hal yang sering dilakukan saat menjalani diet detox:

  1. Seminimal mungkin mengurangi jumlah bahan kimia yang dicerna (misalnya, dengan makan makanan organik).
  2. Menekankan makanan yang menyediakan vitamin, nutrisi, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk detoksifikasi.
  3. Lebih banyak mengkonsumsi jenis makanan yang tinggi akan serat dan air, yang mana hal ini berfungsi menghilangkan racun dengan meningkatkan frekuensi buang air besar dan buang air kecil.

Melakukan detoksifikasi tubuh dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran manfaatnya tidak hanya akan mendetoksifikasi tubuh dengan mencegah reksiko penyakit-penyakit berbahaya, tetapi Anda juga akan merasa jauh lebih sehat dan memiliki lebih banyak energi.

Jenis Buah dan Sayur Untuk Detox

Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang harus anda pertimbangkan untuk anda konsumsi :

  1. Brokoli, salah satu superfoods dalam dunia detox, manfaat salah satu tumbuhan kecil ini adalah akan membantu membersihkan usus Anda cukup cepat jika Anda memasukkannya ke dalam menu diet Anda sehari-hari Anda.
  2. Bluberries. Blueberry telah terbukti tidak hanya mempunyai manfaat yang besar untuk detox, tetapi juga tinggi dalam antioksidan yang merupakan salah satu sifat preventers kanker terbaik. Jika Anda memasukkan buah ini dalam diet Anda, Anda pasti akan lebih sehat!
  3. Bayam. Meski bayam tidak berada di bagian atas daftar makanan untuk diet detox , tapi percaya atau tidak, bayam sama efektifnya dengan brokoli. Bayam mempunyai sifat yang mirip dengan brokoli dan benar-benar akan membantu meningkatkan proses detoksifikasi tubuh Anda sendiri. Ini juga akan memberi Anda lebih banyak energi juga.
  4. Lemon Juice. Anda mungkin tidak akan pernah memakan bulat buah lemon, bukan? Tapi jika Anda menambahkan jus lemon ke dalam menu diet Anda, maka sifat asam yang besar yang ada pada lemon bekerja untuk membersihkan tubuh. Diet dengan lemon bekerja dengan sangat baik dan merupakan salah satu cara terbaik untuk detoksifikasi tubuh dengan buah-buahan dan sayuran.