Ternyata AC Juga Salah Satu Faktor Penyebab Kegemukan

Percayakah Anda kalau ternyata AC termasuk kedalam salah satu faktor penyebab kegemukan? Pasti banyak yang tidak menyangka bukan! Tapi nyatanya, hasil sebuah riset tentang “10 besar faktor penyebab obesitas” yang dilaporkan di International Journal of Obesity oleh David Allison berserta 19 orang tim penelitinya menunjukan bukti bahwa AC mempunyai andil yang cukup besar terhadap meningkatnya jumlah penderita obesitas di Amerika. David Allison sendiri adalah seorang peneliti obesitas dari University of Alabama di Birmingham.

AC Bisa Menyebabkan Kegemukan

AC Bisa Menyebabkan Kegemukan

Menurut Prof. David B. Allison, selama ini kita hanya selalu menyalahkan bahwa penyebab kegemukan adalah faktor makanan dan kurangnya aktifitas secara fisik. Di Amerika sendiri, kedua faktor penyebab kegemukan atau obesitas tersebut dikenal dengan istilah “Big Two”. Jadi menurut sang profesor, ada penyebab lain yang juga turut andil dalam memicu terjadinya kegemukan, dan diantara kesepuluh pemicu tersebut salah satunya adalah AC atau Air Conditioning. Lalu bagaimana mungkin AC menjadi salah satu faktor penyebab kegemukan, berikut penjelasannya.

Penjelasan, Mengapa AC Dapat Menjadi Penyebab Kegemukan

AC adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur suhu ruangan agar kita selalu dalam keadaan nyaman. Namun menurut David Allison, hal inilah yang justru sebenarnya pemicu dari naiknya penderita obesitas. Sebenarnya, tubuh setiap waktu akan membakar dan mengeluarkan energi untuk menstabilkan suhu tubuh agar berada pada level yang nyaman. Jadi disaat suhu terlalu dingin maka tubuh akan membakar lemak untuk menghangatkan tubuh, sedangkan jika terlalu panas maka tubuh juga akan bekerja untuk menstabilkan suhu tubuh dengan cara membuangnya melalui keringat.

Selain itu, paparan suhu lingkungan yang tinggi juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme. Jadi bila terkena lingkungan panas, suhu tubuh inti meningkat dan kenaikan tarif metabolisme sebesar 7-17% per ° C kenaikan suhu tubuh (Saxton et al 1981).

Nah, peran inilah yang sebenarnya sekarang telah diambil alih oleh adanya keberadaan AC atau Air Conditioning. AC dapat membuat suhu selalu dalam keadaan nyaman, dan suhu yang nyaman membuat tubuh tidak perlu lagi mengeluarkan energi untuk menstabilkan suhu tubuh. Jadi semakin kita tinggal ditempat atau lingkungan yang menggunakan alat pengatur suhu seperti AC maka akan semakin kecil juga kemungkinan tubuh akan menggunakan energi. Sehingga lemak atau energi yang seharusnya terbakar untuk melakukan hal tersebut akhirnya tersimpan dan menumpuk sedikit demi sedikit. Dan tak hanya itu, suhu yang nyaman juga cendrung menyebabkan seseorang untuk mudah menjadi lapar dan ingin makan lebih banyak.

Jadi Anda mau percaya atau tidak itulah hasil penelitian yang dilakukan Prof. David Allison dan tim penelitinya. Meski menurut pandangan awam hal tersbut ada benarnya juga. Tapi ada juga beberapa ahli bersebrangan dengan hasil laporan dibuat oleh Prof. David dan timnya.

Soo, itulah informasi singkat mengenai hubungan antara penggunaan AC dengan naiknya jumlah penderita kegemukan atau obesitas. Akhir kata, semoga informasi mengenai “AC sebagai faktor penyebab kegemukan” ini bisa bermanfaat untuk kita semua.