Resep Diet Mayo Bag 1: Ayam Bumbu Sambal Dabu Dabu

Lagi nyari resep diet mayo? Mau yang enak dan sudah hasil modifikasi. Kalo iya, bisa dicoba neh salah satu resep modifikasi dari salah satu menu diet mayo, yaitu ayam bumbu + sambal dabu-dabu. Ceritanya, menurut sang empu yang membuat resep ini, resep ini bisa digunakan untuk mengganti salah satu menu diet mayo yang sudah ada. Jadi menu ayam yang biasanya membosankan, hambar, dan bikin enek, bisa sedikit bercita rasa jika sudah diolah seperti ini. Tapi tetap, resep ini berpatokan pada “No Salt”, jadi hanya diolah menggunakan bumbu rempah aja.

Resep diet mayo: ayam bumbu sambal dabu-dabu

Resep diet mayo: ayam bumbu sambal dabu-dabu
Illustration credit: Ayam bumbu + dabu-dabu+ubi kukus by mommiesdaily.com

Resep diet mayo ayam bumbu sambal dabu-dabu ini admin dapat saat sedang blog walking ke blog-blog pribadi yang kebetulan sedang membahas pengalaman para empunya blog menjalani diet mayo. Dari kebanyakan pengalaman diet mayo yang admin baca, rata-rata memang para pelaku diet ini cukup menderita dengan menu-menu baku diet mayo yang sudah ada saat ini, hehehe. Oleh karena alasan itulah, maka beberapa pelaku diet ini mencoba memodifikasi menu diet mayo tersebut dengan resep diet mayo hasil kreasi mereka sendiri, dengan harapan rasanya menjadi lebih enak saat dimakan.

Cara Membuat Resep Diet Mayo Enak Ayam Bumbu Sambal Dabu Dabu

Bahan untuk membuat resep modifikasi dari menu diet ini tidaklah terlalu sulit untuk didapatkan, karena pada umumnya hanya menggunakan bahan-bahan yang banyak ditemukan didapur saja. Oh iya, dalam resep menu diet ini, karbohidrat bersumber dari ubi yang direbus. Jadi tidak melulu menggunakan kentang. Berikut

Bahan ayam bumbu sambal dabu-dabu:

  • Siapkan ± 2 buah paha ayam. Anda juga bisa mengganti dengan bagian lain seperti dada, namun kata si’empunya pembuat resep ini, paha ayam lebih enak dan lebih juicy.
  • Siapkan juga bawang merah sebanyak 5 siung, lalu haluskan dengan cara diiris.
  • Jangan lupa bawang putih 3 siung, yang juga diiris halus
  • Ketumbar bubuk kira-kira 1 sdm
  • Juga kunyit bubuk 1 sdt
  • Untuk lada dan juga cabai bubuk ditambahkan sesuai selera aja.

Proses pembuatan:

  • Perhatikan, buanglah bagian kulit dan lemak ayam, kemudian cucilah hingga bersih.
  • Kemudian siapkan wajan yang diberi sedikit air (secukupnya) untuk meng’ungkep paha ayam tersebut beserta semua bumbu-bumbunya. Waktu memasak kira-kira 30 sampai 45 menit.
  • Selepas waktu yang sudah ditentukan, pasti ayam bumbu tersebut menjadi empuk dan lebih beraroma rempah. Jangan-jangan ini menjadi resep diet mayo yang paling enak, diantara menu diet mayo lainnya.
  • Nah untuk penyajian, pangganglah ayam ungkep ini beberapa saat sampai terlihat juicy.

Kata si’empunya resep ini, katanya ayam bumbu ini lebih mantap jika disandingkan dengan sambal dabu-dabu. Jadi ayo kita buat sambal dabu-dabunya.

Bahan Sambal Dabu-dabu:

  • Siapkan tomat segar sebanyak 1 buah, bijinya dibuang lalu potong dadu
  • Siapkan juga bawang merah sebanyak 5 siung, lalu diiris halus
  • Jangan lupa cabe rawit 5 biji lalu iris juga
  • Biar seger tambahkan juga 3 buah cabe keriting,diiris-iris juga
  • Terakhir 2 buah jeruk nipis, lalu ambil airnya saja

Cara membuat samba dabu-dabu:

Membuat sambal dabu-dabu sangatlah mudah, Anda tinggal campurkan saja semua bahan tadi kedalam mangkuk kecil lalu aduk-aduk dan diamkan beberapa saat. Selesai.

Sekarang ayam bumbu panggang + sambal dabu-dabu ini siap disantap. Oh iya, ubi rebusnya jangan lupa disiapkan juga sebagai sumber karbohidratnya. Menurut sang pembuat, meski resep diet mayo ini tanpa garam sama sekali, tapi katanya tetap enak dan jauh lebih berasa jika dibandingkan dengan ayam yang hanya direbus saja. Dan resep modifikasi menu diet mayo ini bisa digunakan untuk mengganti salah satu menu yang ada di list diet mayo sebelumnya.

Nah gimana, sekarang 1 hari menu diet mayo yang membosankan sudah bisa kita atasin. Kita juga tentu bisa berkreasi dengan resep kita sendiri. Tapi alangkah baiknya jika bereksperimentnya dilakukan sebelum Anda menjalankan diet mayo. Jadi saat Anda menjalankan diet mayo ini Anda sudah tinggal memasak saja tanpa harus pusing menguatik-atik lagi, benarkan. Well, semoga resep diet mayo ayam bumbu + sambal dabu-dabu ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber: http://mommiesdaily.com/2014/04/23/turun-5-kg-dalam-13-hari-dengan-diet-mayo/4/