Penyebab Kegemukan Selain Makanan

Ternyata penyebab kegemukan selain makanan itu memang ada dan wajib Anda ketahui penyebabnya. Karena mungkin saja faktor-faktor berikut ini tidak pernah Anda duga sebelumnya. Kegemukan itu memang sangat identik dengan yang namanya obesitas, dan obesitas itu memang sangat dekat dengan yang namanya penyakit, karena konon obesitas adalah gerbangnya dari banyak penyakit berbahaya yang bisa masuk ketubuh kita.

Penyebab kegemukan selain makan

Penyebab kegemukan selain makan

Sebelum dijelaskan lebih lanjut, kita sebutkan saja dulu point-point penyebab kegemukan selain faktor makanan itu apa saja, dan diantaranya adalah: AC atau Air Conditioner, obat-obatan, kurang tidur juga ternyata bisa menyebabkan kegemukan, menyalakan lampu saat tidur, dan polusi. Benarkan, dari beberapa faktor tersebut pasti ada yang tidak kita duga sebelumnya. Oleh karena itu, simak penjelasan singkat dari ke-5 faktor penyebab kegemukan selain makanan tersebut.

Inilah Penyebab Kegemukan Selain Makanan

Setelah kita liat pont-pointnya, berikut penjelasan singkatnya.

1. AC – Air Conditioner

Mungkin ada diantara kita yang tidak menyangka kalau AC ternyata bisa menyebabkan kegemukan. Karena nyatanya tidak semua orang yang menggunakan AC badannya menjadi gemuk, benarkan. Namun sebuah hasil penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity pleh Prof. David B. Allison dan 19 orang penelitinya menunjukan sebuah hasil yang menunjukan bahwa AC merupakan salah satu faktor penyebab kegemuakn atau obesitas. Jadi inti dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, suhu yang nyaman karena AC inilah yang  menjadi penyebab kenaikan berat badan.

Jadi ketika tubuh dalam kondisi nyaman, maka tubuh tidak perlu bekerja atau tidak perlu mengeluarkan energi untuk mendinginkan atau menghangatkan tubuh. Normalnya, ketika dingin maka tubuh akan membakar lemak untuk menghangatkan tubuh, sedangkan ketika panas maka tubuh akan mengeluarkan keringat.

Jadi ketika suhu tubuh tidak stabil atau tidak nyaman, maka tubuh akan mengeluarkan energi untuk membawa kita ke level yang lebih stabil. Nah karena penggunaan AC inilah, tubuh selalu dalam keadaan yang nyaman dan tidak memerlukan energi untuk menstabilkannya. Maka lemak yang seharusnya digunakan untuk menstabilkan kondisi tubuh tersebut justru tidak terpakai, dan akhirnya menumpuk dan menaikan potensi dari obesitas.

2. Obat-Obatan Tertentu

Mungkin sebagian ada yang tahu, namun banyak juga yang tidak tahu kalau obat-obatan adalah salah satu faktor penyebab kegemukan selain makanan. Jadi untuk hal ini, mungkin sebagian besar dari mereka yang tahu adalah mereka-mereka yang profesinya sebagai dokter. Karena sebagian besar dokter pasti tahu, bahwa ada dari jenis-jenis obatan tertentu yang mempunyai efek samping yang bisa menyebabkan kegemukan.

Bebereapa jenis obat yang diketahui dapat menyebabkan kegemukan diantaranya adalah: Oba kontrasepsi, obat antidepresan atau obat anti depresi, obat untuk menangani ganguan bipolar, dan beberapa jenis obat anti biotik.

3. Kurang Tidur

Jangan pernah berpikir kalau kurang tidur tidak ada pengaruhnya buat tubuh kita sampai Anda membaca hasil penelitian yang dilaporkan oleh Dr Shahrad Taheri dari Universitas Bristol dalam sebuah jurnal Archives of Diseases of Childhood yang isinya menunjukan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan kegemukan.

Jadi isi dari laporan tersebut menunjukan bahwa adanya hubungan antara kurang tidur dan gangguan metabolisme glukosa dan regulasi nafsu makan, yang bisa meningkatkan risiko diabetes dan masalah berat badan. Kurang tidur juga ternyata bisa mempengaruhi faktor eksogen seperti pilihan makanan dan peningkatan waktu yang tersedia untuk makan. Dan juga kurang tidur juga bisa menyebabkan penurunan aktivitas fisik atau pengeluaran energi pada siang hari.

4. Menyalakan lampu saat tidur

Mungkin Anda tidak pernah menyangka kalau menyalakan lampu disaat tidur adalah salah satu faktor penyebab kegemukan selain makanan juga. Hal ini bisa terjadi karena umumnya mereka yang tidur dengan lampu yang menyala sering kali terbangun dari tidurnya. Dan karena terbangun inilah biasanya orang tersebut akan merasakan sangat lapar dan susah untuk kembali tidur.

Dan mengkonsumsi makanan atau ngemil cemilanpun sering dijadikan solusi untuk bisa kembali tidur. Dan inilah yang akhirnya menyebabkan berat badan seseorang akhirnya naik.

5. Polusi

Dan faktor terakhir dari penyebab kegemukan selain karena faktor makanan adalah polusi. Polusi ini ternyata bisa mempengaruhi metabolisme tubuh, terutama yang bisa melakukan pembakaran lemak tak sehat didalam tubuh kita. Beberapa polusi yang bisa mempengaruhi metabolisme tersebut diantaranya adalah zat kimia yang berasal dari plastik, sisa-sisa pembakaran dari sampah, zat berbahaya yang terdapat pada pestisida, dan beberapa polusi lainnya.

Itulah beberapa faktor penyebab kegemukan yang mungkin mulai dari sekarang harus lebih kita perhatikan. Akhir kata, semoga artikel mengenai “Penyebab Kegemukan Selain Makanan” ini bermanfaat bagi kita semua.