Pengalaman Presenter Marissa Anita Saat Mengalami Anoreksia

Anoreksia adalah kelainan pola makan, dimana sesorang yang mengalami anoreksia sebenarnya merasakan lapar dan berselera terhadap makanan, namun mereka menahannya karena mempunyai ketakutan yang berlebihan akan naiknya berat badan. Bahkan sebagian Psikolog menganggap anoreksia adalah semacam gangguan psikologis dimana mereka yang mengalami anoreksia mempunyai pandangan yang salah mengenai bentuk tubuh dan juga berat badan.

Presenter Marissa Anita pernah Anoreksia

Presenter Marissa Anita pernah Anoreksia

Dan seperti yang sudah disinggung pada artikel-artikel sebelumnya bahwa, kebanyakan mereka-mereka yang mengalami anoreksia adalah public figur dan juga model yang memang sering dituntut untuk tampil sempurna sehingga mempunyai obsesi yang berlebihan akan berat badan dan bentuk tubuh. Namun terkadang ada juga yang terpaksa melakukan tersebut karena desakan keluarga atau hal lainnya.

Nah khusus pada artikel kali ini, admin mau menshare neh pengalaman seorang presenter cantik bernama Marissa Anita, yang menurut pengakuannya dia pernah mengalami anoreksia ini selama 6 tahun, dan berikut kisahnya.

Pengalaman Presenter Marissa Anita Yang Berhasil Sembuh dari Anoreksia

Berurusan dengan penyakit anoreksia, juga pernah dialami oleh anchor Indonesia Morning Show, Marissa Anita. Presenter cantik ini harus hidup bersama anoreksia selama kurang lebih 6 tahun lamanya. Lalu kapankah presenter cantik ini terkena anoreksia?

” Dulu Saya tuh kena anoreksia ketika tahun ’97. 97 itu berlangsung sampe tahun 2003, baru saya sembuh. Berarti 6 tahun saya kena anoreksia”

Tutur Marissa Anita

Biasanya, ciri khas dari para penderita anoreksia itu adalah pola makan yang menyimpang, seperti pengaturan makan yang ketat, lapar tapi tidak mau makan, serta ketakutan berlebihan akan naiknya berat badan, sehingga sangat gemar mengkonsumsi obat pencahar guna mempercepat pengeluaran makanan yang telah dimakan tersebut. Lalu apakah kondisi ini juga dirasakan juga oleh Marissa Anita saat mengidap anoreksia?

” Ya, aku tuh makan tuh cuman makan utama cuma sekali, di siang hari. Itupun juga menunya selama 6 tahun sama, cuman bayem, aku tumis, dikasih ati, dikasih garem … udah.” Tutur Marissha.

“Mmmh..dan pada saat itu aku juga adictid to obat pencahar, obat pencahar itu kan membantu mempercepat proses pencernaan kan …. nah Aku tuh harus mengkonsumsi itu, untuk memastikan bahwa, buang air kecil lancar… buang air besar lancar … bahkan terlalu lancar untuk memastikan bahwa makanan yang masuk itu langsung keluar ” Tambah Marissha

Dari segi psikologis, penderita anoreksia juga suka mempunyai tanda-tanda anoreksia seperti perubahan keprbadian, dan juga suasana hati yang berubah ubah. Lalu apakah Marissa Anita juga mengalami hal yang seperti ini saat menderita anoreksia dulu ?

Marisa Anita mengatakan:

” Emosi ku juga naik turun banget, karena kan ” You Hate Yourself ” …. Loe benci banget ama diri loe …. benciii banget. Jadi, sedikit..sedikit hal yang tidak sesuai dengan keinginan aku…. itu bisa buat aku yang..waw.. mledakk (emosi yang meledak).

” It’s not healthy seh…secara psikology, secara body karena ini menyebabkan kematian, dan untungnya “I’m still alive until now.. which like ..thanks God” Ucapnya.

Singkat cerita, Marissa yang merasa lelah dicengkram anoreksia selama bertahun-tahun tersadar ketika dia mendengarkan sebuah lagu dari Christina Aguilera yang berjudul “Beautiful”. Jadi saat melihat video clip dari Christina ini Marissa melihat, didalam video clip tersebut ada seorang wanita anoreksia yang sedang memandangi kaca, dan dari situlah Marissa mulai tersadar ” So that help me actually ” tutur Marissa.

Disaat tersadar itulah Marissa mulai menyadari bahwa dia tidak bisa hidup seperti itu terus, dia merasa capek, seperti tak menikmati hidup ungkapnya. Akhirnya Marissa mulai berubah sedikit demi sedikit, kebiasaan anoreksianya pun mulai dia tinggalkan secara perlahan, Marissapun mulai makan nasi, meski dia makan secara perlahan dan butuh 1 jam untuk bisa menghabiskan seporsi nasi.

Cara Menyembuhkan Anoreksia Menurut Marissa Anita

Menurut Marissa, Anoreksia hanya bisa disembuhkan oleh diri sendiri. Karena menurut Marissa, hanya diri sendirilah yang bisa merubah mental seseorang, seperti yang dituturkannya berikut ini:

” Menurut saya pribadi sih, berdasarkan pengalaman saya, Anoreksia itu hanya bisa disembuhkan oleh diri sendiri. Karena diri sendiri yang bisa merubah mental, itukan penyakit didalem mental kita ” Ucap Marissa

Marissa juga menjelaskan bahwa saat dia menderita anoreksia, setiap orang yang bilang ” enggak kamu tuh enggak gemuk, kamu tuh kurus banget Mar” sampe diberi tahu seperti itu oleh orang lainpun, himbauan itu gak akan masuk. Karena penderita anoreksia saat melihat dirinya didepan cermin, dia melihat tampilan dirinya sangat jelek dan pasti melihat tampilan dirinya itu gendut.

Jadi penderita anoreksia harus menyadari bahwa apa yang dia lakukan salah, apa yang dilakukannya gak bener, dan dia harus terbangun dari mimpinya tersebut. Jadi diri sendirilah yang bisa menyadarkan dan menyingkirkan anoreksia pada diri seseorang.