Olahraga Menurunkan Berat Badan

Pingin olahraga menurunkan berat badan tapi masih bingung mesti melakukan olahraga yang seperti apa. Jika Anda masih saja berpikiran seperti itu, berarti tekad Anda untuk menurunkan berat badan masih belum full tampaknya. Karena semua jenis olahraga sudah barang tentu pasti akan membakar kalori. Jadi logikanya, semakin sering kita berolahraga, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Ini berarti, berat badan Anda pasti akan turun dengan sendirinya

Olahraga menurunkan berat badan

Olahraga menurunkan berat badan 
Image credit: 3 men jogging by Kevin.M | www.freeimages.com/photo/3-men-jogging-1440759

Tapi, okelah. Kita anggap saja Anda belum tahu jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang baik itu seperti apa. Jadi sebelum Anda mengetahui jenis olahraga’nya, sebaiknya Anda harus tahu dulu bahwa olahraga yang baik untuk membakar lemak atau kalori adalah olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang, dan usahakan harus stabil. Nah setelah Anda tahu sedikit prnsipnya, maka berikut ini info yang Anda tunggu-tunggu, yaitu jenis olahraga menurunkan berat badan yang efektif.

6 Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan Yang Efektif

Untuk bisa menurunkan berat badan maka tubuh harus membakar cadangan lemak. Dan dari beberapa sumber menyebut bahwa, di 15 sampai 20 menit awal kita berolah raga yang dibakar adalah cadangan karbohidrat dan gula yang ada dalam tubuh. Setelah melewati 20 menit, maka barulah tubuh menggunakan cadangan lemak untuk menopang energi yang dibutuhkan saat berolah raga. Tapi usahakan olahraga yang Anda lakukan harus dengan ritme yang stabil.

Jogging

Jika Anda bertanya, jenis olahraga apa yang paling efektif untuk menurunkan berat badan? Maka jawabannya adalah “Jogging”. Jogging membakar lebih banyak kalori daripada hampir semua bentuk latihan kardio lainnya. Sehingga olahraga ini yang paling sering dianjurkan dan juga populer untuk menurunkan berat badan.

Jogging adalah olahraga seperti lari namun dengan kecepatan yang lebih pelan dan cendrung santai, yaitu rata-rata kecepatannya dibawah 6 mph (mile per hours, 1 mile = 1,6 km). Menurut seorang pelatih lari, Mike Antoniades, seperti dikutip dalam sebuah artikel BBC Sport, ketika kecepatannmu mencapai 6 mph maka yang terjadi adalah jogging kamu beralih ke lari. jadi secara teoritis, kecepatan jogging kamu harus berada dikisaran 5 hingga 6 mph.

Karena rumus untuk menurunkan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi, maka jogging bisa di’ibaratkan seperti gold tiket untuk mendapatkan tubuh yang ramping. Anda dapat membakar setidaknya sebanyak 382 kalori/jam menggunakan latihan ini.

Tapi jumlah kalori yang terbakar mungkin akan berbeda dari setiap orangnya, karena berat badan juga berpengaruh terhadap total kalori yang terbakar. Semakin tinggi berat badan seseorang, maka akan semakin banyak juga kalori yang terbakar. Hal ini terjadi karena orang yang mempunyai berat badan lebih berat maka dia akan lebih besar juga tenaga dan usaha yang dibutuhkan.

Walking

Olahraga menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori, dan walking adalah salah satunya. Meski jogging lebih efektif dalam hal membakar kalori, namun dengan walking juga Anda bisa membakar kalori dengan jumlah yang sama, yaitu dengan melakukan walking dengan waktu yang sedikit lebih lama daripada jogging. Apalagi jika dikombinasikan dengan diet rendah kalori.

Menurut University of Rochester Medical Center, berjalan atau walking menyediakan serangkaian manfaat kesehatan yang serupa seperti jogging, seperti memperkuat tulang dan otot yang dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular Anda. Dan seperti yang tadi sudah kita sebutkan, meskipun jogging dapat membakar kalori sedikit lebih besar daripada walking, namun Anda juga tetap dapat membakar kalori yang jauh lebih besar dengan cara, melakukan walking dengan durasi yang lebih lama dari pada saat Anda melakukan jogging.

Berenang

Jangan salah, menjalankan sebuah hobi ternyata bisa juga untuk menurunkan berat badan, seperti hobi berenang misalnya. Meski jumlah kalori yang Anda bakar saat berenang tergantung pada panjang dan intensitasnya latihan dan berat badan Anda. Semakin tinggi intensitas dan semakin lamanya durasi, maka semakin banyak juga kalori yang bisa Anda bakar.

Menurut HealthStatus.com, berenang adalah salah satu jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang juga cukup efektif juga. Orang dengan berat 150 pound atau sekitar 68 kg akan membakar sekitar 414 kalori selama 60 menit berenang dengan intensitas sedang, dan akan membakar sekitar 666 kalori dengan intensitas tinggi. Lalu, seseorang dengan berat 200 pound atau sekitar 90 kg, akan membakar sekitar 552 kalori selama 60 menit dengan intensitas sedang, dan sekitar 888 kalori selama satu jam jika dia melakukannya dengan penuh semangat.

Loncat Tali

Siapa yang tidak tahu dengan loncat tali ! Jika Anda tidak tahu apa itu loncat tali, maka admin yakin masa kecil Anda kurang bahagia, hahaha (^_^). Seperti yang sudah kita sebut tadi, bahwa olahraga menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori yang ada didalam tubuh. Tapi apakah Anda tahu, berapa besar jumlah kalori yang bisa dibakar dengan melakukan loncat tali.

Jumlah kalori yang bisa Anda bakar dengan melompat tali sebanyak 600 kali tergantung pada kecepatan di mana Anda menyelesaikan lompatan dan berat badan Anda saat ini. Orang dengan berat badan yang lebih berat akan membakar lebih banyak kalori selama latihan dengan intensitas yang sama, karena mereka harus mengerahkan lebih banyak energi untuk menyelesaikan gerakan.

Info yang bersumber dari livestrong.com berikut ini mungkin bisa sedikit memberi gambaran untuk Anda. Lompat tali membakar sejumlah besar kalori. Seseorang dengan berat 160-pound atau sekitar 72 kg orang membakar sekitar 730 kalori dalam 60 menit dari lompat tali.

Aerobik – Jenis olahraga menurunkan berat badan yang paling disukai kaum hawa

Ketika hari minggu tiba saatnya kita kenakan sepatu olahraga, dan berangkat ketempat olahraga favorit kita. Udara yang masih fresh ditambah jalanan yang masih lenggang tentu akan membuat suasana yang berbeda. Namun biasanya, sebelum kita tiba sering terdengar sayup-sayup musik yang ternyata adalah musik pengiring orang-orang yang sedang melakukan olahraga aerobik.

Ya, Aerobik. Jenis olahraga ini memang tampaknya adalah olahraga yang paling diminati para kaum hawa. Lihat saja, disetiap aerobik diadakan maka sudah pasti para wanita tua dan muda bergabung menjadi satu mengikuti setiap gerakan instruktur dengan semangat.

Senam aerobik adalah termasuk kedalam latihan cepat, seperti lari atau berenang, yang membuat jantung dan paru-paru Anda bekerja sedikit lebih keras, dan juga dapat meningkatkan jumlah oksigen yang beredar di dalam aliran darah. Ketika dikombinasikan dengan diet rendah kalori, aerobik dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

Lalu berapa besarkah jumlah kalori yang terbakar selama kita melakukan latihan aerobik? Mengacu pada informasi yang didapat dari livestrong.com, jumlah kalori yang terbakar tentu berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Orang yang mempunyai berat badan sebesar 200 pound atau sekitar 90 kg bisa membakar kira-kira 450 kalori dengan melakukan latihan aerobik selama 1 jam. Sedangkan orang yang mempunyai bobot 130 pound atau sekitar 59 kg, dia akan membakar kalori kira-kira sebanyak 300 kalori dengan melakukan aktifitas aerobik yang sama.

Bersepeda

Pernah lihat alat fitnes berbentuk sepedakan? Itu berarti bersepeda juga salah satu jenis olahraga yang bagus untuk membakar kalori Anda. Bersepeda beberapa kilo meter bersama teman atau kerabat Anda adalah cara yang menyenangkan untuk melepas stress sekaligussalah satu cara yang efektif untuk membakar lemak yang Ada pada tubuh Anda.

Menurut Harvard Health Publications, seseorang dengan berat 125 pound atau sekitar 56 kg, lalu dia bersepeda dengan kecepatan 12-13,9 mil per jam maka dia akan membakar setidaknya 240 kalori setiap 30 menit. Sementara orang yang mempunyai bobot 185 pound atau sekitar 84 kg, maka orang tesebut setidaknya akan membakar kalori sebanyak 355 kalori, dengan bersepeda dengan kecepatan yang sama. Namun jika Anda kecepatan Anda ditingkatkan hingga 14-15,9 mil per jam, maka Anda bisa membakar kira-kira 300 kalori untuk yang mempunyai bobot 125 pound dan 444 kalori jika Anda berbobot 84 kg.

Nah bagaimana, apakah Anda sudah menentukan jenis olahraga yang seperti apa yang akan Anda pilih. Apakah mau jogging dengan berlari santai, walking beberapa kilo meter menyusuri lembah atau pegunungan supaya tetap mengasyikan, berenang, loncat tali, atau mungkin bersepeda menyusuri tempat-tempat mengasyikan sambil menghilangkan stress bersama sahabat atau pasangan Anda. Karena tampaknya, semua jenis olahraga menurunkan berat badan yang kita share ini semuanya mengasyikan. Sekarang waktunya untuk bergerak. Semoga bermanfaat.