Obesitas Bisa Menyebabkan Kerusakan Jantung “Tanpa Gejala”

Sebuah penelitian terbaru mengatakan: Obesitas bisa menyebabkan Kerusakan jantung, yang dapat terjadi pada orang gemuk atau penderita Obesitas tanpa menimbulkan gejala terlebih dahulu, dan berlangsung tanpa faktor pendukung resiko penyakit jantung seperti halnya diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Para peneliti mengatakan, bahwa temuan mereka tentang kerusakan jantung tanpa gejala ini (Silent Heart Damage) telah menantang kepercayaan umum bahwa risiko penyakit jantung pada orang gemuk selalu terjadi karena disebabkan oleh diabetes dan tekanan darah tinggi, yang umum terjadi pada orang gemuk atau obesitas.

“Obesitas dikenal sebagai ” kaki tangan” dalam timbulnya penyakit jantung, tapi temuan kami menunjukkan itu (obesitas) mungkin menjadi satu-satunya yang mendorong / penyebab terjadinya gagal jantung secara mandiri dari faktor risiko lain yang sering ditemukan di antara orang-orang dengan masalah berat badan berlebih,”

Kata pemimpin penelitian Dr. Chiadi Ndumele, asisten profesor di Johns Hopkins Center untuk Pencegahan Penyakit Jantung.

Penelitian yang menunjukan obesitas bisa menyebabkan kerusakan jantung “Tanpa Gejala”

Maryland, Minnesota, Mississippi dan North Carolina, adalah tempat para peneliti melakukan Research’nya selama lebih dari 12 tahun. Penelitian ini melibatkan tidak kurang dari 9.500 orang yang awalnya bebas atau tidak mempuyai masalah penyakit jantung, usia antara 53 hingga 75 tahun. Dan dalam kurun waktu tersebut ditemukan sekitar 869 dari mereka mengembangkan gagal jantung.

Para peneliti menemukan: Penderita obesitas bisa lebih mungkin dua kali lebih besar mengalami reksiko gagal atau kerusakan jantung dibandingkan dengan orang-orang yang mempunyai berat badan yang normal. Semakin gemuk seseorang maka semakin besar juga risiko mengalami gagal jantung.

Obesitas secara independen / mandiri / tanpa disertai faktor lain bisa meningkatkan risiko kerusakan otot jantung dan risiko gagal jantung, dan kerusakan ini sering kali tidak menimbulkan gejala. (Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology: Heart Failure).

Gagal jantung mengacu pada ketidakmampuan jantung untuk memompa darah sebagaimana mestinya.

” Hubungan langsung yang kami temukan antara obesitas dan subklinis kerusakan jantung cukup berpotensi dan diperlukan perhatian khusus dari sudut pandang kesehatan masyarakat, mengingat semakin banyak orang gemuk di Amerika Serikat dan di seluruh dunia,”

Tutur Dr. Chiadi Ndumele dalam Hopkins news release.

Para ahli lainnya setuju;

“Hasil ini adalah panggilan bangun/peringatan bahwa obesitas mungkin lebih dari sekedar bahan bakar/pemicu laju pertumbuhan gagal jantung, dan dokter yang merawat penderita obesitas tidak boleh terbuai ke dalam rasa aman palsu dengan tidak adanya/tidak ditemukannya faktor risiko tradisional, seperti kolesterol tinggi , diabetes dan hipertensi, “

Dr. Roger Blumenthal, direktur Hopkins ‘Ciccarone Pusat Pencegahan Penyakit Jantung, mengatakan dalam news release.

“Penderita obesitas, bahkan ketika bebas dari gejala kardiovaskular, harus dipantau untuk tanda-tanda awal gagal jantung dan konseling mengenai cara-cara untuk meningkatkan kebiasaan gaya hidup mereka,” sarannya.

Jadi kalau melihat garis besar dari artikel tersebut Admin berpendapat bahwa, bagi mereka-mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan disarankan untuk tetap berhati-hati karena meski Anda tidak mempunyai sejarah atau riwayat penyakit jantung, ataupun tidak memiliki penyakit yang merupakan pemicu dari penyakit jantung seperti diabetes, kolesterol tinggi ataupun tekanan darah tinggi tetap disarankan untuk selalu memeriksakan kesehatan Anda, karena bisa saja penyakit gagal jantung sedang mengintai Anda. Seperti yang telah dituturkan oleh Dr. Chiadi Ndumele, asisten profesor di Johns Hopkins Center untuk Pencegahan Penyakit Jantung.

Semoga artikel ” Obesitas Bisa Menyebabkan Kerusakan Jantung “Tanpa Gejala” ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Sumber: HealthDay News via Healthfinder.gov newsletter