Mungkin Ini Alasan Diet Mayo Bikin Lemas

Bukan sebuah rahasia lagi kalau diet mayo bikin lemas para pelaku dietnya. Terutama bagi mereka-mereka yang baru beberapa hari menjalaninya. Diet mayo yang dimaksud disini adalah diet mayo 13 hari tanpa garam yang sedang booming-boomingnya di Indonesia. Banyak yang berpendapat bahwa rasa lemas yang dialami para pelaku diet mayo tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan pola makan, dari yang biasanya kita makan apa saja, sekarang hanya mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang sangat minim.

Diet mayo bikin lemas

Diet mayo bikin lemas

 

Bahkan beberapa ahli gizi juga sering menyinggung bahwa, penyebab diet mayo bikin lemas para pelaku dietnya adalah karena pola makan yang menghilangkan sama sekali garam didalam menu yang mereka makan.

“Garam berguna untuk membantu kontraksi otot, sel-sel saraf bekerja, membantu konsentrasi otak, dan menjaga tubuh agar tidak terasa lemas,” kata dokter yang akrab disapa dr Asti.

Sumber: http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=Macam,+Jenis,+Manfaat+dan+Bahaya+Garam&&nomorurut_artikel=255

Perlu kita ketahui, kandungan jumlah garam dalam batas normal juga sangat diperlukan untuk mempertahankan konsentrasi cairan dalam tubuh, dan tubuh juga memerlukan kandungan garam supaya organ-organ di dalam tubuh dapat berkerja dengan baik. Selain itu, dari beberapa pengalaman mereka yang menjalani diet mayo ini, ada yang mengungkapkan bahwa diet mayo tidak hanya membuat lemas, tapi ada juga yang membuat mood jadi jelek, meski dietnya berhasil.

Beberapa Alasan Yang Menyebabkan Kenapa Diet Mayo Bikin Lemas

Berikut ini beberapa alasan yang sering dikaitkan kenapa epek dari menjalani diet mayo ini bisa membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bergairah.

1. Perubahan pola makan.
Dari yang asalnya segala jenis makanan masuk, kini cuma terbatas dengan menu-menu yang sudah tercantum dalam Plan Menu. Apalagi sarapan hanya dengan secangkir air teh doank. 😀

2. Konsumsi makanan yang minim.
Seperti halnya jenis diet lainnya, pembatasan jumlah makanan yang dikonsumsi juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Ada yang bilang di-3 hari pertama menjalani diet, bahkan ada juga yang bilang lebih dari 3 hari. Mungkin itu adalah penyesuaian tubuh.

3. Kurangnya garam didalam tubuh.
Karena tubuh kekurangan garam maka organ-organ tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal. Karena garam juga berperan sebagai transmisi elektronik dalam saraf dan membantu sel-sel tubuh membentuk nutrisi, sehingga organ tubuh dapat bekerja dengan optimal.

Selain itu, ketiadaan garam dalam tubuh juga menyebabkan cairan tubuh akan terus berkurang. Hal ini dikarenakan, garam dalam tubuh juga berfungsi untuk mengkita air didalam tubuh, jadi ketika jumlah garam itu berkurang maka jumlah air yang bisa disimpan dalam tubuh juga semakin menipis. Itulah kenapa mereka yang menjalani diet mayo sering diwajibkan banyak sekali untuk minum air putih.

Selain membuat tubuh menjadi lemas, kekurangan garam juga bisa mengakibatkan kejang otot, gangguan pada jantung, serta yang mesti kita ketahui adalah bahwa garam sangat penting bagi ginjal untuk membersihkan kelebihan asam dari dalam tubuh melalui urine. Jadi kekurangan garam dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh menjadi semakin asam.

 Jadi sekarang Anda sudah tahu kan penyebab kenapa diet mayo bikin lemas para pelaku dietnya. Semoga bermanfaat.