Mitos Umum Seputar Penurunan Berat Badan

Mitos umum seputar penurunan berat badan. Wah, info apa lagi ini ! Mungkin itulah yang terlintas dipikiran kira semua jika membaca statmen seperti judul diatas. Secara pengertian umum, Mitos adalah sesuatu yang sebenarnya salah, tidak benar atau tidak terjadi tapi dianggap benar atau ada karena sudah terlanjur beredar atau berkembang dimasyarakat sejak lama. Lalu apa itu pengertian mitos seputar penurunan berat badan, untuk singkatnya baca dibawah ini.

Mitos Seputar Penurunan Berat Badan
Image credit: diet tomatoes by Topfer, at www.freeimages.com/photo/967651

Banyak orang yang memiliki niat baik untuk mendapatkan tubuh yang fit dan sehat, tapi mereka terjebak karena kepercayaan tertentu tentang penurunan berat badan yang dapat menahan mereka kembali dari mencapai tujuan mereka. Keyakinan tentang cara menurunkan berata badan yang sebenarnya salah, tapi dianggap benar karena sudah ada sejak lama, yang mana sebenarnya hal tersebut malah menjadikan mereka tetap gemuk, lamban, sakit, hingga akhirnya motivasinya hilang.

Mitos# 1. Menurunkan Berat Badan = Latihan Fisik Yang Eksrim

Ini adalah Mitos. Karena sebenarnya cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat adalah dengan membuat perubahan kecil pada gaya hidup Anda, dan semuanya bisa kita mulai dari dapur tidak di gym. Kita tidak perlu melakukan latihan fisik yang ekstreem jikalau gaya hidup Anda masih sama dan tidak ada perubahan. Jadi rubahlah pola makan Anda, gaya hidup Anda sedari sekarang, supaya semuanya menjadi biasa dan terbiasa.

Baca: Panduan penurunan berat badan untuk pemula

Mitos# 2. Makanan Yang Menyehatkan Harganya Mahal

Lagi-lagi ini cuman Mitos penurunan berat badan yang keliru. Yang terjadi adalah, sebenarnya Anda lebih tergoda dan menyukai makanan kemasan siap saji atau makanan olahan yang tinggi akan gula dan garam, dari pada makanan segar tapi Anda malas untuk mengolahnya. Jadi mulailah menyisihkan sebagian uang Anda untuk lebih banyak membeli makanan segar dan sehat, lalu mengolahnya sendiri.

Mitos 3. Terlalu Banyak Minum Air Putih / Air dingin Konon Bisa Membuat Anda Gemuk

Perlu kita ketahui bahwa, air putih atau air dingin itu mengandung 0 kalori. Nah, bertambahnya berat badan adalah jumlah kalori yang masuk jauh lebih banyak dari pada kalori yang dibakar. Jadi air putih tidak akan membuat Anda bertambah gemuk karena kalorinya adalah 0.

Yang harus diwaspadai adalah, usahakan jangan dibiasakan minum air dingin setelah kita makan makanan yang berlemak, karena lemak yang kita makan jika terkena air dingin (air es) maka lemak tersebut akan membeku, dan konon ini sangat berbahaya. Untuk ulasannya, mungkin pada artikel selanjutnya akan dibahas lebih dalam lagi.

Mitos# 4. Badan Saya akan turun kalau mengurangi makan

Mungkin ini termasuk ke dalam tipe “Diet Ketat”. Anda tidak makan, atau Anda mengurangi makan Anda, lalu Anda berpikir kalau cara ini akan menurunkan berat badan Anda.

Lalu pertanyaannya adalah, sampai kapan Anda akan bisa menjalani semua penderitaan tersebut. Karena setelah Anda mulai makan kembali, kecendrungannya adalah, Anda malah akan makan jauh lebih banyak dari apa yang Anda butuhkan. Alhasil, lemak akan menumpuk kembali, plus tambahan beberapa kilo. Para ahli selalu mengatakan, diet ketat bukanlah solusi yang baik. karena bagaimanapun pola hidup yang sehat adalah kuncinya, sehingga Mitos kalo mengurangi makan atau tidak makan akan menurunkan berat badan adalah keliru.

Mitos# 5. Makan malam akan membuat gemuk

Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Makan malam tidak akan membuat Anda gemuk kalau Anda makan pada waktu yang tepat. Makanlah antara jam 18.00 – 19.00, dan makanlah dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Yang bisa membikin gemuk adalah jika misalnya jam 10.00 atau jam 11.00 malam, ada tukang nasi goreng, atau tukang mie tek tek lewat, lalu anda beli dan makan. Lalu setelah makan Anda ngantuk lalu tidur. Nah kalo seperti itu bakalan lain lagi ceritanya :D. Karena tubuh akan secara otomatis merubah kelebihan kalori yang masuk tersebut menjadi lemak.

Banyak alasan kenapa seseorang mempunyai keinginan untuk melakukan program penurunan berat badan. Selain faktor ketidaknyamanan dan penampilan yang tidak menarik, faktor yang paling umum diutarakan adalah faktor kesehatan, seperti menurunan risiko terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Program penurunan berat badan juga dapat membantu menurunkan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah, yang semuanya bermanfaat bila dilakukan dengan benar. Semoga setelah membaca mitos seputar penurunan berat badan ini bisa menjadi referensi buat Anda. Semoga bermanfaat.