Minum Sebelum Makan Bisa Menurunkan Berat Badan

Benarkah minum sebelum makan bisa menurunkan berat badan? Setidaknya itulah hasil yang akan kita kabarkan untuk Anda berdasarkan hasil penelitian terbaru yang di publikasikan di Inggris 3 agustus 2015 lalu. Penilitian ini didukung oleh beberapa peneliti dari  The Scientific Foundation board of the Royal College of General Practitioners (RCGP), dan European Hydration Institute (EHI) Student Research Grant.

Minum sebelum makan bisa menurunkan berat badan

Minum sebelum makan bisa menurunkan berat badan
Image credit: water splash by Brian lary, at www.freeimages.com/photo/water-splash-1189668

Inti dari penelitian ini adalah, bahwa para peneliti ingin mengetahui apakah benar dengan minum sebelum makan bisa menjadi strategi untuk menurunkan berat badan, terutama badan bagi orang dewasa yang mempunyai masalah dengan obesitas. Oleh karenanya, untuk membuktikannya para peneliti merekrut setidaknya 84 orang dewasa yang mempunyai masalah dengan berat badan, yang kemudian membagi mereka kedalam 2 grup, dan nantinya mereka akan diberikan metode berbeda, sehingga akan diketahui apakah benar minum air sebelum makan bisa menurunkan berat badan.

Apakah Benar Minum Sebelum Makan Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Dia Hasilnya

Seperti yang tadi sudah kita singgung sedikit, para peneliti merekrut setidaknya 84 orang dewasa yang mempunyai masalah dengan berat badan, dimana ke 84 orang tersebut juga mempunyai keinginan untuk menurunkan berat badan. Lalu keduanya di bagi kedalam dua kelompok:

  • Kelompok pertama: Dimana kelompok ini akan meminum setidaknya 500 ml air minum, 30 menit sebelum mereka memakan makanan utama.
  • Sedangkan keompok kedua: Kelompok ini hanya ditugaskan untuk membayangkan saja bahwa perut mereka terasa sangat penuh / kenyang sebelum mereka makan.

Penelitian ini dilakukan di di Birmingham, Inggris. Selama penelitian ini, para partisipan juga mendapatkan konsultasi awal / konsultasi tatap muka selama 30 menit dengan ahli gizi, lalu konsultasi via telepon setiap 2 minggu selama 10 menit. Tetapi peserta tidak diberi saran lebih lanjut atau petunjuk lainnya tentang cara untuk menurunkan berat badan. Hal ini mungkin dimaksudkan supaya penelitian dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Setelah 12 minggu, para ilmuwan kemudian menimbang peserta dan menemukan bahwa kelompok pertama yang meminum air sebelum makan ternyata mengalami penurun berat badan hampir 3 pound atau sekitar 1,3 kg daripada mereka yang ada dalam kelompok kedua, dimana kelompok kedua adalah kelompok yang hanya membayangkan perasaan kenyang sebelum mereka makan.

Para ilmuwan berspekulasi bahwa air membantu orang merasa lebih penuh/kenyang secara alami, sehingga menekan nafsu makan, dan akhirnya kita akan makan lebih sedikit. Plus, tubuh kita kadang-kadang juga akan memberikan isyarat lapar ketika tubuh kita mengalami dehidrasi. Jadi ketika minum, maka isyarat lapar itupun kadang-kadang akan menghilang atau berkurang.

Tapi mungkin untuk sebagian orang, minum sebelum makan untuk menurunkan berat badan tidaklah terlalu efektif, terlebih hanya beberapa pound saja yang hilang dari tubuh mereka.

Meski begitu, menurut admin ini adalah cara yang bagus. Karena hanya dengan cara yang sederhana, kita bisa menurunkan beberapa pound tanpa harus bersusah payah berlapar lapar ria. Apalagi jika dikombinasikan dengan program diet sehat yang kita lakukan. Tentu kita akan mendapatkan tambahan bonus berat badan yang hilang hanya dengan meminum air sebelum kita makan. Dan tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kulit yang cerah, pikiran lebih tajam, dan lebih sehat hati yang paling buruk, Anda hanya akan lebih sering buang air kecil saja.

Nah gimana, apakah sekarang Anda mulai tertarik untu minum 500 ml air sebelum Anda makan? Akhir kata, semoga info singkat mengenai “Minum sebelum makan bisa menurunkan berat badan” ini berguna untuk kita semua.