Milkshake Stroberi Pisang – Minuman Sehat dari Mayo Clinic

Milkshake Stroberi Pisang, resep minuman sehat dari Mayo Clinic. Alternatif minuman sehat untuk Anda yang ingin mendapatkan minuman yang nikmat tapi tetap menyehatkan. Bisa menjadi solusi jitu untuk mengganti minuman manis yang tinggi akan gula, tinggi akan kalori, namun rendah akan manfaat.

Minuman sehat: Milkshake stroberi pisang dari mayo Clinic
Image credit: Fruit Shake by Aschaeffer, at www.freeimages.com/photographer/aschaeffer-35866

Pasti ada alasan kenapa Mayo Clinic menyarankan milkshake stroberi pisang sebagai minuman sehat. Pertama, karena stroberi sangat kaya akan zat anti oksidan, yang sudah pasti bermanfaat untuk tubuh. Kedua, pisang dikenal sebagai salah satu buah yang sering digunakan dalam media diet karena kemampuannya untuk membuat rasa kenyang lebih lama. Ditambah manfaat dari susu kedelai dan yoghurt membuat milkshake stroberi pisang ini benar-benar menjadi sebuah minuman sehat bergizi yang patut Anda coba.

Resep Milkshake Stroberi Pisang

Sekarang berlanjut ke proses pembuatan dari resep milkshake yang sehat ini. Seperti resep yang disarankan oleh Mayo Clinic, berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan.

  • 6 buah stroberi beku, cincang
  • 1 buah pisang ukuran sedang
  • Susu kedelai 1/2 cangkir
  • 1 cangkir yoghurt vanilla beku bebas lemak
  • 2 stroberi segar, iris

Cara membuat:

  • Masukan semua bahan tersebut seperti stroberi beku, pisang, susu kedelai dan yogurt beku kedalam blender, kecuali irisan stroberi
  • Kemudian haluskan sampai lembut, atau mencapai kekentalan yang sesuai dengan selera
  • Setelah smooth atau halus, tuang kedalam gelas lalu taburkan irisan stroberi segar diatasnya

Informasi gizi per porsi, sesuai tabel gizi yang diberikan Mayo Clinic dalam resep milkshake stroberi pisang ini, (untuk ukuran 1 cup/cangkir).

  • Total lemak 1 g
  • kalori 183
  • Protein 6 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Jumlah karbohidrat 40 g
  • Serat makanan 8 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Jenuh jejak lemak
  • Lemak trans 0 g
  • Sodium 117 mg
  • Gula 17 g

Nah bagaimana, tertarik untuk mencobanya. Selain memiliki rasa yang enak, minuman ini juga tentu menyehatkan. Mungkin bisa Anda masukan kedalam menu minuman dalam program diet yang sedang atau akan Anda jalankan.

Dan seperti yang sudah kita singgung sedikit diawal, berikut ini beberapa kandungan dan juga manfaat yang terdapat pada bahan yang digunakan dalam minuman milkshake sehat ini.

Stroberi

Siapa yang tak kenal dengan buah stroberi. Buah berwarna merah, kecil, dan mungil. Rasanya yang sedikit manis cendrung asam, serta mempunyai nama latin yaitu fragaria.

Rasanya yang asam menandakan buah ini sangat kaya akan kandungan vitamin C, yang berarti buah ini juga sangat kaya zat anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Jadi tak salah Mayo Clinic memasukan buah stroberi kedalam resep, dan menamainya milkshake stroberi pisang.

Selain itu, stroberi juga dapat mendorong tubuh agar dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat merangsang metabolisme, dan menekan nafsu makan. Seperti hormon adiponektin dan leptin. Dimana keduanya adalah hormon pembakar lemak dan juga metabolik.

Dan tidak ketinggalan, stroberi juga konon dapat membantu untuk mengontrol kenaikan gula dalam darah. Dengan cara, memperlambat laju dari pencernaan makanan yang terbuat atau mengandung tepung-tepungan.

Pisang

Seperti yang sudah pernah kita ulas dalam artikel-artikel sebelumnya, buah pisang juga mempunyai segudang akan manfaat. Seperti contohnya adalah, sebagai makanan saat melakukan sebuah program diet. Bahkan untuk buah pisang ini, dia mempunyai jenis dietnya sendiri yang dikenal dengan istilah morning banana diet.

Dalam buah pisang, terkandung bebeapa zat penting seperti diantaranya adalah; potasium, serat, dan juga vitamin B6. Dimana vitamin B6 sendiri mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi reksiko penyakit jantung.

Susu Kedelai

Seperti dikutip dari wikipedia, susu kedelai mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, seperti kandungan isoplafon’nya yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh yang rusak akibat oleh radiasi matahari dan juga paparan polusi.

Lalu mempunyai manfaat juga untuk membantu memperkecil reksiko penyakit jantung. yaitu dengan cara mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Juga dapat membantu mencegah reksiko terkena kanker, dan yang tak kalah penting yaitu mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena mempunyai nilai indeks glikemik yang rendah.

Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang dibuat dari susu yang difermentasi menggunakan jenis bakteri tertentu, dimana nantinya bakteri yang dimasukan kedalam susu tersebut akan mengubah glukusa atau gula menjadi asam laktat.

Yoghurt bisa terbuat dari susu sapi, hingga susu yang berasal dari sari kacang kedelai. Dan nama yoghurt sendiri berasal dari bahasa turki, yaitu jugurt atau yogurut, yang berarti susu asam.

Yoghurt sendiri mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, seperti diantaranya adalah merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, serta menyelimuti dinding usus sehingga usus menjadi lebih asam. Nah karena usus menjadi lebih asam maka bakteri jahat atau patogen bisa dicegah untuk tumbuh dan berkembang.

Nah gimana. Sekarang sudah lebih jelas’kan manfaat dari setiap bahan yang digunakan dalam milkshake sehat ini. Akhir kata, semoga resep milkshake stroberi pisang ini bermanfaat bagi kita semua.