Metabolisme & Pengaruhnya Terhadap Berat Badan

Metabolisme adalah keseluruhan proses rekasi kimia yang terjadi didalam tubuh semua mahluk hidup, sehingga mahluk hidup tersebut dapat mempertahankan hidup. Tapi justru pada saat sekarang, kita malah lebih sering mendengar bahwa metabolisme sering dijadikan kambing hitam jika telah berbicara perihal masalah berat badan. Misalnya ketika seseorang ditanya alasannya kenapa berat badannya tidak juga kunjung turun, maka biasanya jawabannya adalah karena alasan metabolisme yang lambat’lah, metabolisme yang buruk’lah, padahal sebenarnya tidaklah sepenuhnya demikian. Karena lancar tidaknya metabolisme tergantung dari individunya itu sendiri.

Perlu kita pahami, bahwa mungkin saja faktor metabolisme ikut andil dari kelebihan berat badan yang Anda alami. Tapi berat badan dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti jenis makanan yang kita makan, dan seberapa banyak kita berolah raga. Kedua faktor ini jauh lebih besar pengaruhnya jika dibandingkan dengan apa yang telah metabolisme lakukan. Meski begitu, berikut ini beberapa hal yang bisa mempengaruhi metabolisme yang perlu kita ketahui.

Faktor Yang Bisa Memperngaruhi Metabolisme Tubuh

Pengaruh obat. Ada beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi metabolisme kita, baik yang bisa mempercepat atau malah memperlambatnya

Makan sarapan setiap hari dapat melejitkan dan meningkatkan metabolisme kita

Penurunan berat badan yang terlalu cepat. Hal ini benar-benar akan memperlambat proses metabolisme Anda karena dibutuhkan lebih sedikit energi bagi tubuh Anda untuk berfungsi pada berat badan yang lebih rendah

Umur dapat memperlambat metabolisme. Secara umum, seperti usia Anda, Anda mendapatkan lemak dan kehilangan otot. Beberapa orang juga menjadi kurang aktif. Namun, Anda dapat melakukan hal yang berlawanan dan mengambil aktivitas fisik yang lebih untuk menebus metabolisme lebih lambat.

Jadi intinya, meski metabolisme bisa berubah karena disebabkan oleh banyak faktor, namun setidaknya kita bisa mengakalinya supaya peluang untuk bisa menurunkan berat badan tercapai. Caranya adalah dengan cara mengubah keseimbangan energi, atau keseimbangan antara apa yang Anda konsumsi dan apa yang Anda bakar, baik itu melalui diet sehat ataupun melalui aktivitas fisik secara teratur.