Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Body Mass Index

Sebelum mengikuti atau menjalani sebuah program diet, ada baiknya langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah, dengan mengetahui berat badan ideal terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menghitung berat badan ideal dengan body mass index terlebih dahulu.Tujuannya adalah, supaya kita mengetahui target diet yang akan kita lakukan. Dengan demikian, diet yang kita lakukan benar-benar menghasilkan badan yang sehat dan juga bugar.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Body Mass Index

Mengenal berat badan ideal wanita dengan Body Mass Index

Mengenal berat badan ideal wanita dengan Body Mass Index

BMI atau body mass index adalah sebuah pengukuran untuk mengetahui apakah berat badan seseorang (pria atau wanita) tersebut masih dalam kategori normal / ideal, kurus, atau obesitas. Diharapkan dengan mengetahui nilai dari body mass index ini, Anda (wanita) dapat mengetahui apakah berat badan Anda ideal / normal atau tidak. Atau mungkin Anda yang merasa sudah mempunyai berat badan yang ideal / normal, tapi pada kenyataanya Anda berada pada level kurus atau kelebihan berat badan, sehinga Anda dapat mengambil langkah yang terbaik untuk kesehatan dan kebugaran untuk tubuh Anda dimasa yang akan datang.

Berikut ini tabel body mass index yang berasal dari WHO:

BMI - Body Mass Index

BMI – Body Mass Index
Image source: World Health Organization (WHO)

Contoh:

Apabila ada seorang wanita dengan tinggi 160 cm, dan dengan berat badan 58 kg. Apakah wanita tersebut mempunyai berat badan yang normal atau tidak. Untuk menggunakan rumus body mass index dibawah ini, tinggi badan anda harus dirubah dulu dari centimeter (cm) ke meter (m).

BB = Berat Badan (kg), TB = Tinggi Badan (m) Contoh: wanita dengan TB = 160 cm / 1,6 m, BB = 58 kg

.              58

IMT = —————- = 22,65

          1,61 x 1,61

Jika dilihat hasil dari contoh diatas, point yang didapat adalah 22.65 yang berarti masih dalam batas normal.

Seorang wanita akan dikatakan kurus apabila point BMI nya dibawah 18. Berat badan ideal wanita biasanya ada dikisaran 18,5 hingga 24,99, jadi usahakan Anda untuk menjaga berat badan Anda dikisaran angka tersebut. Seorang wanita akan dikatakan gemuk/overweight jika point BMI nya adalah 25, dan akan dikatakan obesitas jika point BMI nya menyentuh angka 30 keatas.

Apabila Anda sudah ada pada zona gemuk hingga obesitas maka tidak ada jalan lain selain melakukan program penurunan berat badan. Karena pada zona tersebut, Anda sangat bereksiko terkena penyakit-penyakit berbahaya seperti, penyakit Diabetes Melitus, hipertensi, hiperkolesterol dan lain-lain.

Oh iya, jika Anda juga kebetulan membutuhkan informasi tentang cara menghitung berat badan yang ideal untuk pria, maka Anda bisa juga melihatnya disini: Berat badan ideal pria.

Saran kami, bagi Anda para kaum wanita, semoga artikel singkat mengenai “Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dengan Body Mass Index” ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda semua. Tetaplah berpola hidup sehat, dan jaga selalu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.