Mengenal Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Kopi

Diet dengan kopi. Semua orang di seluruh dunia pasti tahu dengan minuman favorit yang satu ini. Ya, kopi adalah minuman yang didapat dari seduhan biji kopi yang telah disangrai lalu ditumbuk halus. Untuk Anda yang dapat mentolerir stimulan seperti kafein, kopi bisa jadi salah satu alternatif yang sangat baik untuk diet penurunan berat badan Anda, karena kopi dipercaya dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Meski begitu perlu diingat bahwa mereka yang punya penyakit jantung tidak boleh minum kopi atau menggunakan suplemen kafein.

Mengenal tips menurunkan berat badan dengan diet kopi

Mengenal tips menurunkan berat badan dengan diet kopi
Illustration Image Credit: Break fast with coffee by Mart1n, at www.sxc.hu/photo/842676

Seperti yang dijelaskan oleh hasil riset sebuah studi awal yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efek kafein dan kopi pada tingkat metabolisme, dan hasil riset menunjukan bahwa ternyata setelah minum kopi efek pembakaran kalori dari makanan secara signifikan dapat menjadi lebih besar. Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa kopi dapat meningkatkan tingkat Metabolisme serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah partikel makanan besar menjadi lebih kecil.

Minum 1 – 2 cangkir kopi saat pagi hari

Peneliti sekarang berpendapat bahwa, minum kopi dipagi hari ternyata tidak serta merta hanya sebagai gaya hidup semata, dan tidak hanya sebagai alat untuk mengawali hari-hari Anda. Karena kopi juga mempercepat metabolisme tubuh kita maka meminum secangkir kopi bisa membuatnya menjadi tambahan yang sempurna untuk makan sarapan Anda.

Apakah Anda tahu, ketika Anda bangun, tubuh Anda dalam keadaan berpuasa dan Anda perlu suply nutrisi untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang melambat saat kita tidur. Minumlah satu atau dua cangkir kopi sebelum atau saat Anda sarapan makanan pertama Anda, karena kopi dapat membantu untuk lebih meningkatkan tingkat metabolisme Anda kembali.

Tambahkanlah Teh Hijau Pada Seduhan Kopi Anda

Mungkin ini terdengar agak aneh, namun menurut penulis Jeff Anderson dalam bukunya “Homemade Supplement Secrets “, bahwa dengan menambahkan teh hijau atau teh hijau ekstrak suplemen  pada kopi Anda ternyata dapat meningkatkan efek pembakaran lemak. Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan yang dikenal sebagai EGCG atau epigallocatechin gallate, yang ternyata mampu meningkatkan metabolisme independen dari efek dari kandungan kafein. Menyeduh kopi Anda dengan satu atau dua kantong teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak. Dan, Jeff Anderson pun merekomendasikan supaya menggunakan teh hijau ekstrak suplemen karena mengandung lebih banyak EGCG, yaitu mengandung 200 hingga 300 mg EGCG.

Minumlah Kopi Saat Pelatihan Kardiovaskular

Pertama, mungkin Anda harus tahu dahulu apa itu latihan Kardiovaskular? Istilah Latihan kardiovaskular sering juga disebut dengan  latihan kardio. Kardiovaskular berasal dari kata “Kardio” yang berarti organ jantung, dan “Vaskular” yang berarti pembuluh atau arus darah. Jadi latihan kardiovaskular adalah latihan yang melatih organ jantung {cardio) yang menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya dan udara [aero) sebagai komponen pembakaran energinya.

Kopi adalah tambahan alami yang baik untuk diet sebelum Anda melakukan latihan kardiovaskular. Latihan ini bertujuan untuk membakar lemak dengan memaksa tubuh untuk menggunakan sumber lemak tubuh sendiri sebagai energi. Caranya adalah dengan meminum 1 – 3 cangkir kopi sebelum melakukan latihan cardio, karena tidak hanya dapat meningkatkan tingkat metabolisme saat berolahraga, tetapi kopi juga dipercaya dapat mengurangi kelelahan otot yang Anda dirasakan, sehingga memungkinkan Anda untuk bekerja lebih keras dan lebih lama.

Jadi bagi Anda para penikmat kopi, semoga info singkat ini bermanfaat untuk Anda. Selain mendapatkan nikmatnya segelas kopi, Anda juga akan mendepatkan percepatan metabolisme tubuh sehingga sangat baik jika Anda sedang menjalankan program diet.