Mengenal Penyebab Diabetes

Apa Penyebab Diabetes? Apakah diabetes itu disebabkan oleh faktor obesitas, faktor keturunan, tekanan darah tinggi, atau hal lainnya. Yang jelas diabetes itu terjadi karena tubuh sudah tidak mampu lagi mengendalikan jumlah gula, atau glukosa dalam aliran darah sehingga kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi dan membahayakan tubuh, dan pada akhirnya terjadilah apa yang dinamakan dengan penyakit Diabetes.

Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes
Foto by Tipsdiet.net

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang faktor-faktor penyebab diabetes yang lain, ada baiknya Anda memahami dulu kenapa diabetes itu bisa muncul, apa sih yang terjadi di dalam tubuh kita, dan kenapa gula darah kita bisa naik. Jadi intinya adalah, dengan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh kita, diharapkan kita semua dapat lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan kita masing-masing.

Dalam tubuh kita banyak sekali hormon, dan salah satunya adalah hormon insulin. Hormon insulin adalah salah satu jenis hormon yang dihasilkan oleh kelompok sel beta di pankreas. Tugas atau fungsi dari Hormon Insulin ini adalah memberi sinyal kepada sel tubuh agar menyerap glukosa, dan sekaligus mengontrol atau mengendalikan jumlah glukosa dalam darah.

Jadi Diabetes adalah suatu penyakit metabolik di mana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi, sebagai akibat dari produksi insulin yang tidak memadai karena rusaknya sel-sel beta (β) Pulau langerhans penghasil insulin pada pankreas, atau mungkin saja sebaliknya yaitu karena sel-sel sasaran insulin gagal atau tak mampu merespon insulin secara normal.

Perlu Anda ketahui juga, penyakit diabetes itu ada dua, yaitu:

1. Diabetes Mellitus Tipe 1 (Insulin Dependent Diabetes Mellitus)

2. Diabetes Mellitus Tipe 2 (Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus)

Untuk lebih jauh lagi mengenal perbedaan dari kedua jenis diabetes tersebut, baca disini: Apa itu Diabetes

Setelah kita mengetahui bagaimana diabetes itu terjadi, maka berikut ini adalah beberapa faktor penyebab dari diabetes.

Gaya Hidup dan Pola Makan

Gaya hidup yang semakin modern tidak selamanya membawa dampak baik bagi kehidupan, salah satunya adalah dalam hal makanan. Banyaknya makanan instant cepat saji yang berkalori tinggi ditambah minuman bersoda yang mempunyai kandungan gula yang tinggi pula, tentulah sangat tidak menyehatkan bagi tubuh.

Pada faktor ini, diabetes terjadi karena jumlah insulin yang disekresikan/dilepas dari sel beta (β) Pulau langerhans mempunyai batasan jumlah maksimum. Sehingga makan makanan secara berlebihan dan tidak sehat mengakibatkan insulin tidak bisa mengimbangi kadar glukosa yang masuk, alhasil gula darah tubuh akan naik dan menyebabkan diabetes.

Obesitas Salah Satu Faktor Penyebab Munculnya Diabetes

Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab munculnya penyakit diabetes. Obesitas juga selalu dihubungkan dengan penyakit-penyakit berbahaya lainnya, karena obesitas dianggap sebagai gerbang datangnya penyakit penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, kolesterol, darah tinggi dan sejumlah penyakit berbahaya lainnya.

Faktor Genetis atau Faktor Keturunan

Orang tua yang mempunyai riwayat penyakit Diabetes kemungkinan besar bisa menurunkan gen diabetes kepada anaknya. Sehingga kemungkinan besar reksiko sang anak mengidap penyakit diabetes menjadi lebih besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki keluarga yang pernah mengidap diabetes.

Diabetes Bisa Disebabkan Oleh Penyakit dan Infeksi Pada Pankreas

Bakteri dan Virus bisa saja menyerang pankreas, sehingga pankreas tidak bekerja sebagaimana mestinya karena mengalami peradangan. Salah satu akibatnya, sel beta (β) Pulau langerhans penghasil insulin pada pankreas tidak dapat bekerja secara optimal dalam mensekresi insulin.

Atau bisa juga terjadinya resistensi insulin, atau berkurangnya kemampuan insulin untuk beraksi pada jaringan target perifer (terutama otot dan hati), sehingga penggunaan glukosa oleh jaringan menjadi terganggu, dan ini biasanya merupakan ciri yang menonjol pada DM tipe II dan merupakan kombinasi dari kerentanan genetik dan obesitas

Itulah beberapa faktor terbesar penyebab seseorang bisa mengidap penyakit diabetes. Ingat, diabetes bisa diderita oleh siapa saja tanpa pandang bulu. Jadi, ingatlah untuk selalu hidup sehat, dan jauhi faktor-faktor yang bisa memperbesar resiko kita terkena penyakit Diabetes. Dan terakhir, semoga artikel mengenai “Penyebab Diabetes” ini bisa bermanfaat untuk kita semua.