Mengenal Jenis Makanan Yang Merangsang Naiknya Berat Badan

Dalam artikel ini akan ditunjukan jenis-jenis makanan yang dapat merangsang naiknya berat badan. Meski pada dasarnya hampir semua makanan itu sehat, asal mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar, secukupnya,dan  tidak berlebihan. Tiap-tiap makanan pasti mempunyai manfaatnya sendiri, seperti ada yang sebagai sumber lemak, protein, vitamin, karbohidrat, serta beberapa zat penting lainnya.

Jenis-Jenis Makanan Yang Merangsang Berat Badan Naik

Jenis Makanan Yang Bisa Merangsang Berat Badan Naik
Image credit: kind of junk food | http://www.freeimages.com/

1. Daging

Daging bisa membuat proses pencernaan dalam tubuh menjadi lambat, karena daging memerlukan waktu yang sangat lama supaya dapat tercerna secara sempurna. Selain itu daging adalah sumber dari lemak, dan dapat meningkatkan toksin dalam sistem pencernaan

2. Makanan Manis

Menurut kajian sebuah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, makanan yang dipanggang dan diproduksi secara komersial sering kali memiliki kandungan tinggi lemak yang berbahaya. Contohnya Donat, makanan yang terbuat dari adonan yang digoreng ini mengandung 200 sampai 300 kalori dan 10 gram gula, dan ini sudah termasuk kalori yang sangat tinggi. Meski begitu, makanan ini tetap menjadi makanan populer bagi kebanyakan orang Amerika, sehingga jumlah penderita kelebihan berat badan dan obesitas terus meningkat setiap tahunnya di negeri Paman Sam ini.

Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi secara drastis dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk mendapatkan berat badan di pinggang Anda. Makanan tinggi gula juga mencakup hampir semua jenis permen dan kue. Jadi makanan manis adalah salah satu dari beberapa jenis makanan yang dapat merangsang naiknya berat badan.

3. Tepung

Karbohidrat adalah salah satu zat yang diolah tubuh untuk memperoleh energi. Namun perlu hati-hati, makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat yang meliputi makanan bertepung ternyata dapat meningkatkan reksiko naiknya berat badan. Zat tepung ditemukan dalam banyak makanan nabati termasuk roti, sereal, kentang, nasi dan pasta.

Tepung diklasifikasikan sebagai karbohidrat kompleks yang bertentangan dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak gula daripada karbohidrat sederhana. Tepung disimpan lebih lama dalam aliran darah Anda daripada gula sederhana. Karbohidrat kompleks yang disimpan untuk jangka waktu yang lama dapat mengkonversi menjadi sel-sel lemak yang dapat menumpuk di sekitar pinggang Anda.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji adalah makanan yang biasanya disajikan di restoran-restoran cepat saji, kita tidak perlu menyebutnya karena pada umumnya semua orang sudah tahu apa itu restoran cepat saji. Makanan cepat saji biasanya juga mengacu pada makanan yang umumnya disajikan di restoran yang memiliki jendela drive-through (Jendela tempat mesan makanan tanpa harus turun dari mobil). Beberapa contoh makanan cepat saji adalah seperti kentang goreng, chicken nugget, ayam goreng dan lain-lain.

Tubuh Anda dengan cepat mengubah gula sederhana yang terdapat di dalam kentang goreng menjadi glukosa, yang mana hal ini dapat meningkatkan reksiko naiknya berat badan Anda dan menumpuknya lemak disekitar pinggang Anda. Selain itu, soda dan minuman ringan yang disajikan di restoran cepat saji disinyalir banyak sekali mengandung gula, dan jangan lupa, apabila berlebihan minum soda juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Makanan cepat umum lainnya termasuk keju dan pizza juga memiliki kadar gula dan garam yang tinggi.

Info Tambahan: Bagi Anda yang gemar sekali mengkonsumsi makanan yang digoreng maka harap perhatikan. Makanan yang diolah dengan digoreng maka dia akan mengandung Trans Fat.  Trans fat adalah lemak yang terbentuk dari minyak yang berubah menjadi lemak beku, seperti mentega atau margarin, karena terjadinya proses hidrogenasi. Disebut trans, karena proses tadi membuat struktur kimia turut berubah, dan lemak menjadi sulit dicerna dengan baik oleh tubuh kita.

Semoga artikel singkat mengenai ” Jenis makanan yang dapat merangsang naiknya berat badan” ini bisa menambah wawasan kita semua, semoga bermanfaat