Mengenal Jenis-Jenis Minyak Zaitun Atau Olive Oil

Ada berapa jenis sih minyak zaitun itu ? Minyak zaitun itu ada berapa jenis ? Apa saja jenis minyak zaitun itu ? Ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai jenis dari minyak zaitun. Jadi untuk mengetahui ada berapa jenis dari minyak zaitun, simak info lengkapnya berikut ini.

Jenis Minyak Zaitun

Minyak & buah Zaitun

Minyak & Buah Zaitun
Image credit: Olive by Iliana, at www.freeimages.com/photo/69823

Sebelum kita membahas tentang jenis dari minyak zaitun ini, Admin akan sedikit menjelaskan dahulu apa itu minyak zaitun, karena siapa tahu ada pengunjung lain yang belum tahu apa itu minyak zaitun. Minyak zaitun adalah adalah minyak yang didapat dari perasan buah zaitun segar yang sudah matang. Biasanya tanda buah zaitun itu sudah matang bisa dilihat dari warna buah zaitun yang berwarna hitam. Buah zaitun yang sudah matang digiling sampai membentuk pasta, lalu setelah itu dilakukan proses pemerasan untuk memisahkan minyak zaitunnya, air, dan juga residu atau ampas.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu minyak zaitun dan proses pembuatannya. Sekarang baru kita akan membahas tentang jenis-jenis dari minyak zaitun.

Menurut pandangan kami, minyak zaitun dibedakan menjadi beberapa jenis karena kadar keasaman, kemurnian, atau  xxxx, dan berikut ini jenis-jenis dari minyak zaitun:

1. Minyak Zaitun – Extra Virgin Olive oil

Minyak Zaitun – Extra Virgin Olive oil adalah minyak zaitun atau olive oil yang didapat dari perasan pertama, dengan tingkat keasaman dibawah 1%, dan disebut sebagai minyak zaitun atau olive oil kualitas no 1, sehingga harganya terbilang paling mahal diantara jenis lainnya.

Untuk mendapatkan kualitas minyak zaitun yang tinggi ini, buah zaitun diperas menggunakan gilingan yang terbuat dari batu granit atau gilingan baja, dan harus sudah diperas sebelum 2 x 24 jam. Nah, itulah  disebut dengan Extra Virgin Olive Oil.

2. Minyak Zaitun – Virgin Olive oil

Mungkin diantara kita semua masih bingung, apa bedanya Extra Virgin dan Virgin Olive oil. Jika Anda adalah salah satu yang bingung maka admin kasih tahu neh apa bedanya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Extra Virgin Olive oil adalah minyak zaitun yang didapat dari hasil perasan yang pertama, nah kalau Virgin Olive Oil adalah minyak zaitun yang didapat dari hasil perasan yang kedua, dan mempunyai tingkat keasaman 1 sampai 2%.

3. Minyak Zaitun – Refined Olive oil

Menurut International Olive Oil Council, minyak zaitun – Refined Olive oil adalah minyak zaitun yang diperoleh dari metode pemurnian yang tidak menyebabkan perubahan dalam struktur glyceridic awal, dan yang dimurnikan adalah minyak zaitun atau olive oil yang mempunyai tingkat keasaman yang tinggi atau atau cacat organoleptik yang tersingkir setelah pemurnian.  Refining Olive Oil dimurnikan menggunakan pelarut dan panas tinggi untuk menetralkan rasa minyak. Hal ini memungkinkan produsen untuk menggunakan zaitun / minyak zaitun yang tidak dalam kondisi terbaik, atau berbaur dengan minyak dari berbagai sumber (bahkan negara) karena selera buruk akibat zaitun yang teroksidasi atau proses produksi massal.

4. Minyak Zaitun – Extra Light Olive Oil

Perlu Anda ketahui, Extra light disini adalah mengacu kepada warna dan juga rasa dari minyak zaitun dan bukan dari kandungan kalorinya. Jadi minyak zaitun ini memiliki warna yang agak lebih pucat dan rasa yang lebih ringan. Selain itu, minyak zaitun extra light mempunyai smoke point yang lebih tinggi dibanding jenis minyak zaitun lainnya, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada suhu yang tinggi.

Minyak zaitun jenis extra light olive oil ini adalah jenis minyak zaitun yang sering digunakan dan dianjurkan saat seseorang ingin melakukan diet minyak zaitun. Alasannya adalah karena rasanya yang jauh lebih ringan/lembut dan tidak terlalu kuat, namun kalori serta manfaatnya tetap sama seperti jenis minyak zaitun lainnya.

5. Minyak Zaitun – Pure Olive Oil

Yang dimaksud Pure Olive Oil adalah minyak zaitun yang didapat dari hasil percampuran antara minyak zaitun yang berkualitas baik (Extra Virgin Olive Oil, Virgin Olive Oil) dengan minyak zaitun yang kualitas kurang baik (Refined Olive Oil) atau minyak zaitun yang kualitasnya dibawah Extra Virgin atau Virgin olive Oil, dengan tujuan supaya minyak zaitun yang kurang baik tersebut bisa menjadi lebih baik dalam hal kualitas ataupun rasa.

Itulah beberapa jenis minyak zaitun yang sering kita jumpai. Semoga dengan membaca artikel tentang “Jenis Minyak Zaitun” ini wawasan kita bisa semakin bertambah, dan Anda tidak bingung lagi jika menemukan banyak sekali jenis minyak zaitun yang ada dipasaran. Semoga bermanfaat.