Mengenal BMI atau Body Mass Index

Body Mass Index atau index masa tubuh adalah nilai atau score yang menunjukan perbandingan antara berat badan dengan tinggi badan yang Anda miliki. Jadi intinya, Body Mass Index adalah perhitungan atau kalkulasi yang mendasarkan pada tinggi dan juga berat badan yang kita miliki. Dengan menggunakan BMI ini Anda jadi bisa menilai dan memantau apakah berat badan yang Anda miliki saat ini sudah tergolong ideal, kurang, atau malah sudah overweight, bahkan obesitas.

Body Mass Index atau Indek Masa Tubuh

Nah dengan body mass index ini Anda jadi bisa memantau kondisi tubuh anda mulai dari sekarang. Karena bisa saja anda tergolong overweight/kelebihan berat badan atau malah tergolong orang yang mempunyai berat badan yang kurang “underweight”, atau mungkin yang lebih extremenya lagi ialah obesitas. Jika kita ingin mengetahui apakah berat badan kita ideal atau tidak, maka kita dapat mengukurnya dengan BMI (body mass index) atau dalam bahasa indonesian nya ialah indeks massa tubuh (imt).

Jika anda termasuk dalam kategori kurus, maka tips diet yang disarankan ialah program diet untuk menaikan berat badan, berbeda terbalik jika anda masuk didalam kategori gemuk atau obesitas, maka tips diet yang harus dilakukan ialah program untuk menurunkan berat badan. Sementara beruntung bagi anda yang mempunyai berat tubuh yang ideal, anda hanya tinggal mempertahankanya dengan cara pola makan yang teratur. Adapun untuk acuan pengukuran bmi bisa lihat keteranganya dibawah ini.

Rumus Body Mass Index

Rumus indeks massa tubuh: berat badan(kg)/tinggi badan(m) x tinggi badan(m)

Sebagai contoh :

Seorang wanita mempunyai berat badan = 60 kg dengan tinggi badan = 156 cm ( 1,56 m)

⇒ Perhitungan menurut body mass indexnya adalah

⇒ (60)/(1,56*1,56) = 24,65 (masih normal, meski sedikit lagi amsuk ke overweight.)

IMT normal ialah antara 18 s/d 25.

Jadi silahkan Anda hitung sendiri berapa nilai score body mass index Anda. Jika nilai IMT sudah Anda dapatkan, maka bandingkanlah hasilnya dengan ketentuan berikut ini:

• Nilai IMT < 18,5 = Berat badan kurang
• Nilai IMT 18,5 – 22,9 = Normal
• Nilai IMT 23-24,9 = Normal Tinggi
• Nilai IMT 25,0 – 29,9 = Gemuk
• Nilai IMT >= 30,0 = Gemuk Banget

Jadi apabila seseorang memiliki IMT (indeks massa tubuh) kurang dari 18, maka bisa dikatakan kurus sebaliknya apabila seseorang mempunyai imt lebih dari 25 maka orang tersebut bisa dikatakan gemuk. Lebih extreme lagi apabila mempunyai imt lebih dari 30 maka orang tersebut mempunyai obesitas atau berat badan yang berlebihan. Jadi untuk mengukur berat ideal anda, jika mengacu pada bmi ialah imt normal 18 – 25.

Beberapa cara yang harus dicoba untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda untuk program diet :

  1. Tetap teguh pada pendirian, agar program diet bisa berjalan dengan baik dan yang terpenting semangat. Ingat jangan menyerah ditengah jalan ya.
  2. Buatlah sebuah note atau catatan, bisa digadget or  buku catatan anda. Mulai hitung kandungan kalori yang anda konsumsi setiap harinya. Ini bisa membantu untuk anda, karena anda sendiri yang paling tau makanan apa saja yang masuk setiap harinya.
  3. Sebisa mungkin tetap fokus pada rencana awal ya! Karena biasanya memang banyak gangguan – gangguan dari dalam maupun dari luar. Gangguan dari luar bisa saja anda mesti tahan bully dari teman-teman anda…he.he.he. Seperti ayolah makan ini dikitlah ga akan pengaruh kok, or gaya ejekan seperti ini banyak nih….ciye-ciye ini yang lagi jalanin program diet…itulah gangguan dari luar. Kalo dari dalam ah anda juga pasti lebih tau…he.he.
  4. Untuk menjaga berat badan, hanya makanan sehatlah yang harus dimakan. Maksudnya ya yang kadar vitamin, lemak, proteinya seimbang. Kenapa lemak perlu ? Eit jangan salah mau bagaimanapun juga tubuh pun tetap membutuhkan lemak sekitar 50 gram setiap harinya. Tapi pilih – pilih juga makanan lemaknya ya. Disarankan mengonsumsi lemak dari kacang-kacangan, gandum atau minyak zaitun, karena makanan tersebut mengandung lemak tak jenuh.

Sukses or tidaknya tetap itu semua berada ditangan anda.