Mengenal Apa Itu Sedot Lemak

Sedot lemak, apa itu sedot lemak? Kayaknya akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar istilah yang satu ini. Lalu seperti apakah sedot lemak itu, apa saja manfaatnya, simak selengkapnya berikut ini.

APA ITU SEDOT LEMAK

Sedot Lemak / Liposuction Image credit: Liposuction by Paravis, at en.wikipedia.org/wiki/Liposuction#mediaviewer/File:Fat_removal_using_cannula_during_tumescent_liposuction.jpg

Sedot lemak, dalam dunia medis dikenal dengan nama Liposuction, yaitu suatu tindakan medis untuk mengeluarkan lemak pada bagian tubuh tertentu seperti bagian perut, lengan, paha, dan bokong dengan metoda pembedahan atau operasi. Prosesnya yaitu dengan menyayat atau membuat lubang kecil pada kulit kira-kira sepanjang 3-4 mm guna memasukan alat khusus yang bernama “Canule“. Sebelum proses ini dilakukan biasanya pasien akan diberi obat anastesi (Obat bius) untuk mengurangi rasa sakit ataupun mengurangi ketakutan saat proses ini berlangsung.

Tujuan dari sedot lemak ini biasanya adalah untuk mengurangi berat badan, membentuk tubuh supaya lebih bagus, dan mungkin karena faktor kesehatan lainnya.

Dari sekian banyak Alasan, mungkin ada satu alasan yang sering dikatakan seseorang ketika hendak melakukan prosedur sedot lemak, yaitu berat badan. Ya, berat badan. Saat ini semakin banyak saja orang yang ingin berat badannya turun dengan cara yang instant, padahal sesuatu yang instant tersebut tidak jarang mempunyai efek samping atau efek yang buruk bagi kesehatan.

Sedot lemak bukanlah se’praktis kedengarannya, karena apabila tidak dilakukan oleh ahlinya bukan tidak mungkin malah akan membahayakan kesehatan yang melakukannya, bahkan sampai kepada kematian. Prosedur sedot lemak adalah sebuah tindakan medis berupa tindakan bedah atau operasi yang diharuskan dilakukan oleh seorang Dokter spesialis yang sudah berpengalaman. Selain itu, pasiennya’pun harus menjalani serangkaian test pemeriksaan sebelum orang tersebut dapat menjalani operasi sedot lemak ini.

Sejarah Sedot Lemak Liposuction

Mungkin tidak banyak yang tahu sejak kapan metoda sedot lemak ini digunakan, atau mungkin memang sebagian orang tidak ingin tahu sejarah dari sedot lemak ini. Meski begitu, tidak ada salahnya kalau Admin menjelaskan sedikit sejarah dari sedot lemak ini, anggap saja sebagai tambahan wawasan gratis untuk kita semua.

Saat ini, metoda sedot lemak atau Liposuction adalah salah satu prosedur bedah kosmetik paling populer di Amerika Serikat, dan sebagian besar penggunannya adalah para wanita yang ingin menjaga penampilannya.

Pada tahun 1974, dua orang Dr. Ahli Gynecologist asal Italian bernama Dr Giorgio Fischer, dan putranya Dr Giorgio Fischer, Jr menemukan cara internal untuk memotong jaringan lemak dalam tubuh dengan menggunakan pisau bedah berputar bertenaga listrik yang dimasukan kebawah kulit lewat sayatan kecil dikulit. Pisau bedah berputar yang digunakan pada sedot lemak ini mirip dengan alat/peralatan Gynecologist yang digunakan untuk prosedur dilatasi dan kuretase.

Alat ini pada dasarnya adalah sebuah pisau berosilasi yang terlindungi atau berada dalam tabung logam tipis yang disebut kanula. Sel-sel lemak yang hancur (bersama dengan jaringan lain, cairan, dan darah) kemudian disedot menggunakan pipa karet dengan mesin vakum. Teknologi Fishers ‘tidak sepenuhnya sempurna seperti alat-alat canggih yang digunakan saat ini, namun alat tersebut merupakan cikal bakal lahirnya alat sedot lemak modern saat ini.

Sebelum Dr Giorgio Fischer memperkenalkan metoda sedot lemak ini di tahun 1974, sebenarnya ada beberapa orang yang mengklaim telah lebih dulu menemukan atau diklaim sebagai orang pertama yang melakukan prosedur yang serupa. Disebutkan, seorang Dr. Ahli bedah asal Perancis bernama Charles Dujarier, pernah menggunakan alat hisap untuk membantu menghilangkan lemak ditahun 1920. Pasien yang ditanganinya saat itu adalah seorang model asal Paris ternama (Namanya tidak diketahui), namun sayangnya pasca operasi sedot lemak pada kaki sang model tersebut, terjadi apa yang dinamakan dengan gangrene pada kaki sang model, dan akhirnya sang model tesebutpun meninggal.

Gangrene adalah kondisi matinya jaringan pada tubuh, dimana luka tersebut membusuk dan akan bisa terus melebar, ditandai dengan menghitamnya jaringan yang mati serta mengeluarkan bau karena disertai pembusukan oleh bakteri.

Itulah ulasan singkat mengenai “Sedot Lemak“. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk kita semua. Semoga bermanfaat.