Mengenal Apa Itu DIET MEDITERANIA

Kami yakin, Anda tentu sudah mendengar banyak sekali macam-macam jenis diet. Tapi apakah Anda sudah mengetahui Apa Itu DIET MEDITERANIA ? Atau mungkin Anda sudah sering mendengarnya tapi belum tahu lebih jauh dari Diet Mediterania ini. Diet Mediterania ini mencerminkan cara makan tradisional negara-negara yang mengelilingi kawasan Mediterania. Oleh karena itu, semoga info yang akan kami sampaikan bisa membuat Anda tehu lebih jauh lagi akan diet mediterania ini.

Apa Itu DIET MEDITERANIA

Diet Mediterania
Image Credit: oldwayspt.org

Diet Mediterania atau sering juga disebut dengan istilah Med Diet adalah rekomendasi gizi modern yang awalnya terinspirasi oleh pola hidup tradisional orang-orang dikawasan mediterania, meliputi Yunani, Italia Selatan, dan Spanyol. Aspek utama dari diet ini adalah mengkonsumsi tinggi minyak zaitun, kacang-kacangan, sereal mentah, buah-buahan, dan sayuran , sedang sampai tingginya konsumsi ikan.  Meski begitu, kenyataan adalah bahwa protein hewani ini adalah salah satu prioritas terakhir pada diet Mediterania. Bahkan, pada 2010 UNESCO telah mendaklarasikan dan mengakui diet mediterania sebagai warisan budaya.

Diet Mediterania adalah cara terbaik untuk hidup bertahun-tahun dengan kualitas hidup yang tinggi. Ini juga merupakan cara terbaik untuk menjaga bentuk tubuh dan berat badan yang proposional, kulit yang bersih dan indah, serta organ-organ internal Anda yang dapat bekerja dengan baik namun dengan tidak membahayakan kesehatan Anda

 Manfaat Diet Mediterania dan Kenapa Harus Mencoba Diet Mediterania

Ada banyak alasan kenapa seseorang mengikuti Diet Mediterania, diantaranya adalah beberapa manfaatnya jika dilakukan dengan benar. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu Anda:

  • Mencapai berat badan yang dinginkan, atau bisa dijadikan untuk memanage berat badan Anda
  • Turunkan risiko penyakit  jantung (kardiovaskular) dan tekanan darah tinggi
  • Melawan kanker tertentu dan penyakit kronis
  • Mengurangi asma
  • Menghindari diabetes
  • Menahan depresi
  • Menjauhkan seseorang dari penyakit parkinson

Memahami Pola Diet Mediterania

Pola Makan Diet Mediterania
Image Credit: oldwayspt.org

Bagi Anda yang baru mengetahui tentang diet mediterania atau Med Diet, berikut ini gambaran dasar cara melakukan pola diet mediterania melalui penjelasan piramida yang paling mudah dimengerti

  • Carilah cara untuk menjadi lebih aktif, karena makanan yang baik saja tidak cukup untuk hidup sehat.
  • Memasak dan menikmati kesenangan diatas meja bersama keluarga dan kontribusi teman-teman adalah cara yang baik untuk kesehatan yang baik.
  • Setiap hari, makan lebih banyak dari biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, rempah-rempah, dan lemak sehat seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun. Ini adalah inti dari makanan Diet  Mediterania Anda, dan akan berbelanja untuk mempersiapkan dari apa yang paling sering akan Anda makan.
  • Setidaknya dua kali seminggu, makan ikan dan makanan laut, sumber omega-3 terbaik seperti hati dan otak.
  • Yogurt, keju, unggas, dan telur juga inti dari Diet Mediterania, namun dalam ukuran dan porsi yang wajar.
  • Daging merah dan makanan manis, di bagian paling atas piramida. Merupakan makananyang paling jarang dikonsumsi, atau hanya sesekali saja.
  • Anggur dan air adalah minuman khas dari Diet Mediterania. Jika Anda minum anggur, nikmatilah dalam jumlah moderat: sampai satu gelas per hari untuk wanita, dua gelas untuk laki-laki, tapi untuk di Indonesia sendiri minum Anggur bukanlah kebiasaan, jadi hal ini bisa dihilangkan, yang penting minumlah lebih banyak air putih.

Semoga informasi ini sedikit banyak membantu Anda untuk memahami sedikit akan “Diet Mediterania“. Pada artikel selanjutnya tipsdiet.net akan membahas manfaat-manfaat dari Med Diet dalam hubungannya dengan kesehatan, atau info-info terbaru seputar diet mediterania ini, semoga bermanfaat.