Manfaat Sayuran Untuk Diet Yang Sehat

Sayuran mengandung gizi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Sehingga sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan makanan terbaik saat seseorang melakukan program diet. Tapi tahukah Anda, kenapa sayuran bisa menjadi pilihan terbaik saat seseorang melakukan program diet ? Ya, jawabannya adalah karena sayuran dan buah-buahan mengandung serat pangan atau (dietary fiber).

Manfaat mengkonsumsi sayuran saat diet

Manfaat mengkonsumsi sayuran saat diet
Image Credit: Veges on plate by Sardinelly, at www.sxc.hu/photo/1101565

Manfaat Serat Pada Sayuran Sebagai Pengontrol Berat Badan / Kegemukan

Menurunkan berat badan menurut sebagian orang merupakan hal yang sangat sulit, apalagi bagi anda yang memiliki berat badan yang terlalu over. Saat ini, salah satu penyumbang masalah berat badan adalah faktor makanan yang kita komsumsi atau pola makan yang tidak sehat, sehingga membuat kinerja tubuh menjadi tidak seimbang. Jadi, apa hubungannya serat pangan (dietary fiber) dengan masalah berat badan? Berikut penjelasannya.

Pektin dan beberapa hemiselulosa adalah Serat larut air (soluble fiber) yang dapat membentuk cairan kental dalam saluran pencernaan, serta mempunyai kemampuan untuk menahan air. Sayuran adalah jenis makanan yang kaya akan serat, sehingga perlu waktu lebih lama saat dicerna dalam lambung.

Disamping itu, karena kemampuan serat untuk menahan air maka serat akan menarik air sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Dan akibat kenyang lebih lama inilah maka kita juga akan terhindar dari mengkonsumsi makanan yang lebih banyak. Makanan dengan kandungan serat kasar yang tinggi biasanya mengandung kalori rendah, kadar gula dan lemak rendah yang dapat membantu mengurangi terjadinya obesitas

Para ahli berpendapat, untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan benar-benar sehat dengan cara berdiet sebenarnya tidaklah sulit, kita hanya perlu mengatur pola makan yang sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan mengurangi makanan berlemak yang dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk. Cuman masalahnya, kebanyakan yang melakukan diet suka tidak konsisten dengan dietnya. Misal, minggu ini diet, minggu depan sudah tidak lagi, kemudian diet lagi, sehingga pada akhirnya usaha yang dia lakukan hanya jadi sia-sia.

Contoh Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Diet

Berikut Ini adalah beberapa sayuran yang bagus untuk anda yang sedang melakukan program diet, yaitu:

  • Brokoli, mengandung hampir seluruh vitamin dan mineral penting lainnya seperti kalsium dan potassium. Rasanya yang tidak pahit dan berair pun bisa menjadi kudapan yang segar kala keinginan ngemil datang.
  • Bayam, adalah sayuran yang kaya akan antioksidan, potassium, zat besi, magnesium, vitamin B dan C. Ia menjaga tingkat gula darah Anda seimbang saat diet. Usahakan saat memasak apapun, Anda menyampurkan bayam di dalamnya.
  • Asparagus kaya akan vitamin B dan membantu meningkatkan energi tubuh. Ia membantu menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bagus pula untuk sistem pencernaan dan dipercaya sangat manjur untuk mengempiskan perut buncit.
  • Tauge banyak digunakan untuk menambah asupan protein, namun juga kaya akan vitamin A, B, C, D, E dan K. Asam folic, zat besi, kalsium, magnesium dan zinc juga membantu vitalitas tubuh dan bertenaga sepanjang hari.

Diet menggunakan sayur bukan berarti Anda tidak boleh makan lemak hewani seperti keju, telur, krim, dan daging. Hanya saja anda mengurangi porsinya sebanyak mungkin atau pilihlah daging yang kandungan lemaknya sedikit seperti ikan.

Selain itu mengkomsumsi sayur sebanyak-banyaknya harus diimbangi dengan asupan air yang cukup. Kekenyangan karena makan sayur lebih disarankan karena bisa mendorong tubuh melakukan proses detoks, menambah vitalitas dan kesegaran kulit. Mengkomsumsi sayuran merupakan salah satu cara berdiet yang sehat bagi tubuh kita.