Manfaat Daun Jati Belanda untuk Diet

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tanaman jati belanda, ya tanaman peneduh ini yang bisanya ditanam sekitar rumah ataupun tumbuh liar di tempat yang tropis dan juga kering ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk obat herbal salah satunya adalah untuk diet.

Biasanya jati belanda ini diambil sari patinya untuk dijadikan obat herbal dan juga bisa kita jadikan sebagai teh untuk anda yang sedang berdiet, sekarang sudah banyak obat yang beredar dipasaran yang mengandung tumbuhan jati iniĀ  yang dipercaya bermanfaat untuk mengurangi lemak yang ada pada tubuh.

Image Credit : West india elm, Pigeon wood or Bay/ Bastard cedar Guazuma ulmifolia in Sanjeevaiah Park, Hyderabad, India. By: J.M.Garg @http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Guazuma_ulmifolia_%28West_Indian_Elm%29_with_fruits_W_IMG_8269.jpg

KandunganĀ Daun Jati Belanda

Kandungan kimia yang terdapat pada daun jati belanda, daun, buah, biji dan kulit kayu tanaman ini bisa dijadikan obat herbal. Daun ini mempunyai kandungan tanin, musilago, resin, flavonoid, karotenoid, asam fenolat dan zat pahit. Selain itu juga mengandung senyawa karbohidrat juga minyak lemak.

Jati belanda yang dijadikan teh untuk mengurangi berat badan sebenarnya memiliki kandungan yang hampir sama dengan teh hijau yaitu tanin yang dapat menghambat lemak pada tubuh. Kemampuannya menurunkan enzim lipase dapat menghambat pengangkutan lemak ke dalam aliran darah, selain itu efek astrigennya juga dapat mengerutkan lapisan usus sehingga penyerapan lemak didalam usus juga dapat dihambat.

Cara berdiet menggunakan daun jati belanda

Berikut ini adalah cara berdiet menggunakan daun jati belanda, yaitu

  • Cuci bersih 7 lembar daun jati belanda segar
  • Tambahkan sepotong bangle, temulawak dan kunir putih.
  • Rebus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
  • Minum setelah dingin setelah anda menyaringnya

Jika dikomsumsi secara rutin hasilnya pun akan terlihat pada anda yang melakukan diet, mengkomsumsi daun jati belanda dengan cara diseduh memang lebih baik dari pada anda mengkomsumsi obat pelangsing yang sudah mengandung jati belandanya, karena dikhawatirkan obat pelangsing yang beredar dipasaran sudah dicampur dengan bahan kimia lainnya.