Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun – Si Raja Segala Minyak

Manfaat Minyak Zaitun bagi kesehatan memang sudah banyak terbukti. Sehingga ungkapan seorang ahli kesehatan, gizi, dan ahli kebugaran ternama bernama Liz Applegate, Ph.D yang mengatakan ” Minyak Zaitun adalah raja segala minyak” mungkin cukup beralasan.

Fakta akan manfaat dari minyak zaitun atau olive oil ini mungkin bisa diperkuat oleh hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada penduduk di negara-negara Mediteranian. Dimana penduduk yang berada di kawasan Mediterania ini telah dikenal sebagai salah satu pengkonsumsi minyak zaitun terbesar di dunia, dimana mereka mengkonsumsi minyak zaitun sebagai salah satu bahan utama didalam makanannya sehari-hari.

Selain itu, diketahui juga bahwa ternyata para penduduk yang berada dikawasan Mediterania tercatat mempunyai record kesehatan yang sangat baik, berumur panjang dan mempunyai kejadian penyakit kardiovaskular yang rendah. Penyakit kardiovaskular adalah gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem kardiovaskular, seperti jantung dan pembuluh darah. Dan sepertinya, para peneliti menemukan bahwa manfaat minyak zaitun / olive oil yang mereka konsumsi adalah rahasianya.

Fakta Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun
Image credit: Olive oil by Rubenshito, at www.freeimages.com/photo/733880

Salah satu dari negara Mediteranian yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun adalah negara Yunani. Diketahui, konsumsi minyak zaitun orang yunani sangat besar yaitu rata-rata 27,3 kg/orang per’tahun. Hasilnya, ternyata orang Yunani memiliki resiko serangan jantung dan kanker terendah di dunia.

Fakta tersebut diperkuat juga oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Dr. Harold L Newmark ditahun 1997. Dr. Harold adalah seorang profesor yang berkontribusi penting untuk penelitian pencegahan penyakit kanker dari Laboratorium Strang Cancer Research, The Rockefeller University, New York – Amerika Serikat.

Dr. Harold melakukan sebuah penelitian dan pengamatan pada perempuan Yunani, dimana diketahui perempuan Yunani mendapatkan 40% sumber energi mereka berasal dari lemak, dan lemak tersebut didapat dari minyak zaitun. Ternyata hasilnya diketahui bahwa perempuan Yunani hanya 1/3 saja yang bereksiko terkena penyakit kanker payudara dibandingkan perempuan Amerika yang sama-sama mendapatkan 40% sumber energi mereka dari lemak, tapi bukan dari minyak zaitun.

Hal serupapun ditemukan dinegara Spanyol, dimana negara ini sebagai pengkonsumsi minyak zaitun terbesar ke-2 setelah Yunani, yaitu rata-rata konsumsi orang Spanyol adalah 13,62kg/orang per’tahun. Pada pengamatan awal diketahui, bahwa perempuan yang mengkonsumsi minyak zaitun minimal 1 kali sehari ternyata resiko terkena penyakit kanker payudaranya turun sampai 25%.

Kandungan Skualen pada minyak zaitun merupakan senyawa Anti Kanker

Minyak zaitun kaya akan kandungan skualen, yaitu sekitar 0,7%, dimana minyak lain hanya mengandung  0,002% – 0,07%. Terbukti squalene sangat ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker, dan inilah penyebab kenapa orang Yunani dan Spanyol mempunyai resiko terkena penyakit kanker yang rendah, dan inilah juga kenapa rumah sakit di Jepang menggunakan squalene untuk mengobati para penderita kanker.

Skualen hanyalah salah satu contoh saja kandungan senyawa bermanfaat yang terkandung didalam minyak zaitun, dan kita tahu didalam minyak zaitun terkandung banyak sekali senyawa penting lainnya seperti fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan tentunya squalene.

Manfaat Minyak Zaitun

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak zaitun lainnya yang selayaknya Anda tahu:

1. Minyak zaitun mengandung zat Antioksidan yang tinggi

Kandungan zat antioksidan pada minyak zaitun ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan teh hijau, seperti: fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan squalene

2. Minyak zaitun sebagai anti kanker

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, kandungan squalene pada minyak zaitun ternyata bisa berperan sebagai anti kanker, meliputi mencegah, menghambat kanker. Termasuk mengurangi reksiko terkena penyakit kanker payudara pada wanita.

3. Manfaat Minyak Zaitun untuk mengatasi radang lambung

Sebuah riset yang dilakukan oleh Spanish de la Grasa dan University Hospital of Valme membuktikan bahwa ternyata minyak zaitun bisa mengatasi radang lambung. Hal ini terjadi karena kandungan senyawa polifenol yang tinggi dalam minyak zaitun ternyata tetap stabil meski dalam kondisi perut yang asam selama berjam-jam. Dan diketahui, senyawa polifenol ternyata mampu membendung aktifitas bakteri Heliobacter Pylori, yang merupakan biang keladi radang lambung dan perut.

4. Minyak Zaitun bisa sebagai media diet dan menjauhkan dari obesitas

Mungkin Anda sudah mendengar tentang diet alami minyak zaitun, yaitu sebuah diet dengan cara meminum 1 sdm minyak zaitun 1 – 2 jam sebelum atau sesudah makan. Lalu apa hubungannya minyak zaitun dengan obesitas? Jawabannya adalah bahwa minyak zaitun dapat berperan secara tidak langsung terhadap penurunan berat badan. Jadi konon manfaat minyak zaitun disini adalah akan mendorong otak untuk memerintahkan jaringan adiposa untuk memproduksi hormon leptin. Hormon leptin adalah hormon yang memberikan sinyal rasa kenyang, sehingga kita tidak terlalu lapar pada saat waktunya harus makan.

5. Minyak Zaitun membantu merawat kecantikan wajah

Tidak hanya sebagai obat atau bumbu masak saja, ternyata minyak zaitun banyak juga digunakan dalam dunia kosmetika atau kecantikan, dan entah sudah berapa produk yang menyertakan kandungan minyak zaitun dalam produknya. Untuk perawatan kecantikan alami juga kadang minyak zaitun dicampurkan dengan madu atau alpukat yang digunakan untuk melembabkan kulit kering dan membantu mengurangi keriput wajah.

 6. Sebagai penambah cita rasa dalam masakan

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia kuliner, maka tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun yang digunakan dalam masakan. Karena selain menyehatkan, ternyata dengan tambahan sedikit minyak zaitun maka makanan akan menjadi lebih nikmat dan lezat. Ini juga mungkin yang dilakukan oleh orang-orang Yunani yang menggunakan minyak zaitun pada setiap masakan yang mereka santap.

Tambahan info: Saat digunakan sebagai bumbu masak, minyak zaitun tidak boleh dipanaskan melewati suhu 40° C, karena minyak zaitun bisa rusak, dan malah akan membahayakan kesehatan.

7. Manfaat Minyak Zaitun untuk mengurangi reksiko terkena serangan penyakit jantung

Minyak zaitun murni yang tinggi akan polifenol ternyata mampu meningkatkan kolesterol baik, High Density Lipoprotein (HDL). Disamping itu, polifenol yang tinggi juga akan mencegah pembekuan darah penyebab penyakit jantung.

8. Konon bisa mengatasi kutu rambut

Sebenarnya admin juga baru tahu kalau minyak zaitun dapat mengatasi kutu rambut. Setelah googling web luar, ternyata memang minyak zaitun ini bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut. Caranya dengan membalur kepala dengan minyak zaitun dan membiarkannya selama kurang lebih 8 jam. Setelah itu gunakan sisir kutu untuk menyisir kutu atau telor yang menempel sampai bersih. Setelah itu bials menggunakan shampo.

9. UPDATE Agustus 2015: Manfaat minyak zaitun untuk mengurangi risiko diabetes tipe-2

Kelompok peneliti dari PREDIMED asal Spanyol, menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun dalam jangka waktu yang lama, serta mengkombinasikannya dengan diet yang sehat ternyata diketahui dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe-2 dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi minyak zaitun sama sekali.

PREDIMED sendiri adalah kelompok yang dibentuk oleh para peneliti universitas, dokter rumah sakit, dokter perawatan primer, ahli gizi dan epidemiologi yang bekerja di berbagai lembaga publik.

Itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun. Semoga dengan membaca artikel mengenai “manfaat minyak zaitun” ini bisa menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat.