Langsing Dalam 2 Minggu Bisakah? Simak Infonya

Langsing dalam 2 minggu bisakah? Jika ada pertanyaan yang seperti ini kira-kira apa jawaban Anda. Mungkin bisa ya, bisa juga tidak. Karena kebanyakan ahli gizi dan kesehatan kebanyakan menyebut kalau langsing cepat itu cendrung tidak baik untuk kesehatan. Kalau cuman untuk menurunkan berat badan mungkin bisa, tapi belum tentu ramping. Sebab, lemak yang ada disekitar tubuh kita tentu tidak bisa seketika itu saja hilang.

Tips cara langsing

Tips cara langsing
Illustration Image Credit: Bathroom scale by juliaf, at www.sxc.hu/photo/744491

Anda bisa langsing meski tidak terlalu cepat dengan menerapkan keseimbangan yang tepat dari manajemen kalori, gizi, olahraga, dan yang terpenting adalah kemauan. Anda tidak sendiri, banyak juga mereka-mereka yang mungkin mempunyai masalah yang sama dengan Anda tapi toh akhirnya mereka berhasil juga mendapatkan tubuh langsing impian mereka. Beberapa contohnya seperti Tya Subiakto, lalu ada kisah Jai Harms si maniak games, lalu ada 2 orang artis cantik yang bisa kembali langsing pasca melahirkan.

Untuk Bisa Langsing, Apa Yang Harus Dilakukan

Beberapa step berikut ini mungkin bisa menuntun Anda untuk mencapai berat badan yang Anda idamkan. Cepat atau lambat berat badan Anda bisa turun asal fokus dan yakin dengan apa yang Anda lakukan.

Berikut ini beberapa tips yang sering kali dilakukan orang-orang dalam program penurunan berat badan mereka:

Target penurunan berat badan per minggu (1 – 2 pound/minggu)

Untuk menurunkan berat badan yang sehat, pada ahli gizi dan kesehatan banyak yang menyarankan cukup menargetkan kira-kira 1 sampai 2 pound per minggu, atau 0,45 sampai 0.9 kg saja per minggu, atau kalau dibulatkan mungkin sekitar 0,5 hingga 1 kg perminggu.

Sejalan dengan yang barusan dijelaskan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit / Centers for Disease Control and Prevention, disingkat CDC, yang berbasis di DeKalb County, Georgia, tingkat aman dari penurunan berat badan adalah 1 sampai 2 pound per minggu. Mengurangi asupan kalori Anda sebanyak 500 kalori per hari akan membuat Anda berada dalam zona aman sekaligus memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan akhir Anda, yaitu menciptakan tubuh yang ramping.

Gol ini memungkinkan tubuh masih cukup mendapatkan kalori meski kita sedang dalam posisi diet. Namun ketika kita menurunkan berat badan terlalu cepat, seperti ingin langsing cepat dengan melakukan diet ketat, sebenarnya yang terjadi adalah Anda kehilangan lebih banyak masa otot dan air daripada lemak yang hilang dari tubuh Anda.

Lalu metabolisme Anda akan melambat karena tubuh Anda mencoba untuk menghemat energi, sehingga nantinya Anda cenderung untuk mendapatkan semua berat Anda kembali, dan mungkin lebih segera setelah Anda kembali ke pola makan normal.

Langsing itu jumlah kalori yang keluar harus lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk

Ketika kita mengurangi berat badan, maka salah satu tujuan kita berdiet adalah menempatkan tubuh kita dalam posisi defisit kalori. Di mana Anda membakar kalori jauh lebih banyak dibandingkan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

1 pound lemak kira-kira 3500 kalori. Jadi mengurangi asupan kalori Anda sebanyak 500 kalori per hari maka sama saja dengan menghilangkan 1 pound atau 0,45kglemak dari tubuh Anda. Jadi kira-kira Anda akan kehilangan sebanyak 2 pound atau 0.9 kg lemak selama dua minggu, dan 4 pound atau 1,8 kg lemak dalam 1 bulan.

Lalu pada tahap ini apa yang bisa kita lakukan? Berikut ini tipsnya:

1. Kurangi jumlah kalori yang masuk. Misal dalam satu hari kita biasa mengkonsumsi 2500 – 3000 kalori per hari maka pangkaslah sebanyak 500 kalori. Caranya bisa dengan memperbanyak asupan buah dan sayuran, atau memotong jumlah porsi yang biasa Anda makan. Anda tentu lebih tahu berapa banyak yang Anda makan.

Selain itu, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Kembali konsumsi buah-buahan jika Anda ingin sekali makan yang manis-manis. Jadi selain kandungan gulanya alami, total kalori juga rendah.

2. Ingin langsing maka perbanyaklah aktifitas fisik. Aktifitas fisik disini bisa berupa memperbanyak waktu berolah raga, misalnya jogging. Seorang dokter spesialis gizi Dr. Ekky M. Rahardja memberikan informasi bahwa, olahraga yang baik untuk membakar lemak atau fat burning adalah jenis olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang. Jadi bukan olahraga yang membuat Anda ngos-ngos’an. Justru menurut Dr. Ekky, olahraga yang terlalu cape dan bikin ngos-ngosan itu menandakan Anda kekurangan oksigen, dan ketika tubuh kekurangan oksigen maka lemak menjadi tidak optimal untuk dibakar.

Kurangi konsumsi garam

Natrium atau garam memang merupakan salah satu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika berlebih, garam juga bisa meningkatkan resiko darah tinggi, serta bisa menjadi salah satu masalah penyebab naiknya berat badan.

Kandungan garam berlebih pada tubuh ternyata bisa menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak air dari yang dibutuhkan, sehingga hal ini menyebabkan naiknya beberepa pound berat badan Anda. Karena salah satu fungsi garam didalam tubuh adalah mengikat air didalam tubuh.

Para ahli kesehatan menyarankan, bagi Anda yang ingin langsing atau yang sedang menjalankan sebuah program penurunan berat badan, maka batasilah jumlah konsumsi garam /hari adalah tidak lebih dari 2300 mg. Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan sudah merupakan salah satu cara untuk mengurangi konsumsi garam harian kita, bandingkan jika kita masih ngemil makanan olahan atau snack yang sangat tinggi akan penyedap rasa dan garam.

Rahasia diet mayo ala Indonesia, kenapa pelaku dietnya bisa cepat sekali langsing atau turun berat badannya

Nah ini juga yang digunakan oleh diet mayo ala Indonesia, yaitu diet tanpa garam selama 13 hari. Mungkin ini juga yang menjadi rahasia kenapa barat badan mereka yang diet dengan program ini cepat sekali turun berat badannya.

Jadi selain memangkas jumlah kalori, diet ini juga terkenal dengan diet non natrium alias non garam selama 13 hari. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa jumlah masa air dalam tubuh akan menurun drastis, dan ini juga yang sering dikatakan oleh para ahli gizi, dimana mereka sering mengatakan bahwa mungkin saja mayoritas berat yang hilang selama diet adalah berat air.

Dan satu lagi, ini juga yang menjadi alasan terbesar kenapa diet ini cuma bisa dijalankan selama 13 hari saja. karena zat garam yang dihilangkan sebenarnya adalah zat yang memang diperlukan oleh tubuh.

Berikut beberapa fungsi garam didalam tubuh:

• Garam membantu kontraksi otot dalam tubuh
• Membantu sel-sel saraf bekerja
• Pencegah dehidrasi karena berfungsi sebagai pengikat air
• Menjaga agar tubuh tidak mudah lemas
• Bisa menyebabkan hipotensi atau darah rendah

Jadi bagi Anda yang ingin langsing dengan cara yang sehat maka mengkonsumsi banyak buah-buahan adalah salah satu solusi yang baik. Tidak hanya membantu mengurangi jumlah kalori yang kita terima, tapi sekaligus juga mengurangi jumlah natrium atau garam yang masuk jika dibandingkan kita mengkonsumsi makanan olahan atau snack yang tinggi akan natrium dan juga tinggi akan kalori.

Ingin langsing! Maka perbanyaklah aktifitas fisik, seperti jogging atau fat burning

Tips diet sehat dengan jogging

7 Manfaat Jogging selain untuk diet
Illustration Image Credit: Jogging man by Iwanbeijes, at www.sxc.hu/photo/942138/?forcedownload=1

Mengurangi jumlah asupan kalori sudah, membatasi jumlah konsumsi natrium juga sudah, maka selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan fat burning, atau jogging, atau bisa juga dengan memperbanyak aktifitas fisik Anda.

Seperti yang tadi sudah sedikit disinggung, olahraga yang baik untuk membakar lemak adalah jenis olah raga yang intensitasnya ringan hingga sedang. Jadi olah raga seperti jogging, mungkin cocok untuk Anda.

Jogging tidak hanya bermanfaat untuk membantu membakar lemak Anda, tapi jogging juga mempunyai manfaat lain seperti:

  • Membantu mencegah hipertensi dan penyakit jantung
  • Mencegah reksiko beberapa jenis penyakit kanker
  • Mencegah diabetes
  • Membantu menghilangkan dan mencegah stress
  • Bisa memperkuat tulang

Lihat bagaimana jogging tidak hanya menjadi solusi langsing sehat Anda, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Selain melakukan lari-lari ringan sejauh beberapa km atau lari diatas treedmill, Anda juga bisa melakukan aktifitas fisik lainnya seperti bersepeda, atau juga berenang.

Tapi aktifitas membakar lemak ini ada caranya juga dan tidak sembarangan. Menurut beberapa sumber, di 15-20 menit pertama, sumber tenaga yang dibakar untuk menopang aktifitas ini lebih banyak karbohidrat atau gula dibanding lemak.

Namun setelah melewti 20 menit tersebut barulah tubuh akan menggunakan dan membakar lemak sebagai sumber tenaga. Tapi dengan catatan, harus dilakukan secara stabil. Karena jika kita berlari terlalu cepat maka tubuh kembali akan menggunakan karbohidrat atau gula sebagai sumber tenaga. Hal ini terjadi karena, saat berlari dengan cepat, tubuh membutuhkan sumber energi segera, sehingga tubuh akan lebih memilih karbohidrat atau gula untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dimana karbohidrat atau gula dapat lebih cepat dirubah menjadi energi dibandingkan lemak.

Sudah tahu caranya untuk langsing ! Sekarang saatnya take action

Sekarang Anda sudah tahukan bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan Anda. Sekarang saatnya Take Action. Tinggal ada tidaknya kemauan Anda untuk memulai semuanya. Semakin cepat dimulai maka semakin cepat pula hasil akan diraih. Yang penting harus konsisten dan jangan setengah-setengah.

Akhir kata, semoga tips untuk langsing ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga berhasil