Kenali Gejala Diabetes

Mengenal gejala diabetes sejak dini adalah cara terbaik untuk mengatisipasi potensi penyakit ini berkembang pada tubuh kita. Terlebih jika Anda menyadari kalau gejala yang Anda alami adalah gejala-gejala yang mengarah kepada penyakit diabetes, karena mungkin saja Anda sudah termasuk ke Prediabetes.

Apa itu Prediabetes? Prediabetes bisa diartikan sebagai kondisi dimana kadar gula darah terlalu tinggi untuk dianggap normal, namun tidak juga cukup tinggi untuk disebut sebagai diabetes, jadi prediabetes berada diantara kondisi normal dan diabetes.

Kenali gejala diabetes
tipsdiet.net

Lalu berapakah kadar gula darah normal, prediabetes, dan diabetes itu. Untuk mengetahuinya simak dibawah ini:

  • Kadar gula normal : < 100 mg/dL, dan 2 jam setelah beban < 140 mg/dL
  • Kadar gula Prediabetes: 100 – 125 mg/dL, dan 2 jam setelah beban 140 – 199 mg/dL
  • Kadar gula diabetes : 126 mg/dL dan 2 jam setelah beban ≥ 200 mg/dL

Biasanya sebelum melakukan test kadar gula darah, kita diharuskan untuk berpuasa kira-kira 10 – 14 jam, sehingga disebut dengan istilah kadar gula darah puasa. Lalu pengetesan kadar gula darah 2 jam setelah makan disebut dengan istilah  kadar gula darah setelah beban/makan.

Gejala Diabetes

Dengan mengetahui kadar gula darah diharapkan kita dapat mendeteksi sedari dini gejala diabetes. Namun disamping dengan cara mengukur kadar gula darah, kita juga dapat mendeteksi diabetes apabila mengalami gejala-gejala diabetes seperti berikut ini:

Banyak Minum atau Sering Haus

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa penderita diabetes sering merasa haus atau banyak minum, jika Anda adalah salah satu diantara yang bertanya, maka inilah jawaban untuk Anda.

Pada penderita diabetes, glukosa berlebih dalam darah akan dibuang bersamaan dengan urine. Akibatnya, urinepun akan menjadi kental dan tubuh memerlukan air untuk mengencerkannya. Namun akibat dari proses tersebut, tubuhpun akhirnya menjadi dehidrasi dan kekurangan air, sehingga kita akan sering merasa haus dan sering minum.

Penderita Diabetes Sering Kencing ( Poliuria )

Sering kencing yang dialami oleh para penderita diabetes adalah efek kelanjutan dari gejala diabetes yang pertama yaitu sering merasa haus atau sering minum. Akibat sering minum inilah akibatnya penderita diabetes sering juga kencing. Disamping itu, kencing juga merupakan proses pembuangan glukosa berlebih dari tubuh.

Berat Badan Turun Tiba-Tiba

Hati-hati jika Anda mengalami penurunan berat badan yang tiba-tiba, karena bisa jadi itu adalah gejala diabetes. Tapi bagaimana seseorang yang mengalami gejala diabetes berat badannya turun tiba-tiba? Berikut penjelasannya.

Gejala berat badan yang turun tiba-tiba adalah tanda bahwa pankreas mulai rusak. Akibat dari rusaknya pankreas, maka pankreaspun kemungkinan gagal memproduksi hormon insulin yang berperan sebagai pemberi sinyal ke sel supaya menyerap glukosa dan merubahnya menjadi energi. Karena tubuh gagal menggunakan glukosa menjadi energi maka tubuhpun mencari alternatif lain untuk mendapatkan energi, dan akhirnya lemakpun dipergunakan sebagai alternatif lain memeproleh energi. ,Akhirnya lemakpun berkurang secara drastis dan tubuhpun secara signifikan berkurang beratnya.

Sering Merasa Lapar

Gejala diabetes lainnya adalah munculnya Polifagia, yaitu peningkatan nafsu makan yang sangat tinggi, sehingga penderita akan selalu merasa lapar.

Gangguan Penglihatan

Pada fase awal diabetes melitus  sering diawali dengan gejala berkurangnya ketajaman penglihatan atau gangguan lain pada mata, bahkan hingga kebutaan

Sering Kesemutan

Gejala diabetes selanjutnya adalah penderita sering mengeluh rasa sakit atau kesemutan terutama pada kaki di malam hari, sehingga mengakibatkan sulit tidur.

Luka Sulit Sembuh

Gejala lainnya adalah luka yang sulit sekali untuk sembuh, bahkan luka kecil sekalipun

Rasa Gatal Pada Kemaluan

Hal ini terjadi karena urine mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga apabila kurang bersih setelah buang air kecil maka jamur dan bakteri akan sangat mudah sekali untuk tumbuh dan berkembang didarah sekitar.

Itulah beberapa “Gejala Diabetes” yang harus kita waspadai. Jika Anda mengalami sebagian besar gejala tersebut dalam waktu yang bersamaan, maka pergi ke Dokter untuk cek kondisi kesehatan Anda adalah langkah yang terbaik. Semoga bermanfaat.