Jenis-Jenis Insulin Eksogen Untuk Obat Diabetes

Tahukah Anda, ternyata Jenis Insulin yang digunakan untuk obat diabetes ternyata tidak cuman 1 jenis saja, namun ada beberapa jenis insulin yang dibedakan berdasarkan seberapa cepat insulin mulai bekerja dan seberapa lama insulin bekerja.

Insulin yang disuntikan ini adalah insulin eksogen, yaitu insulin buatan yang berupa obat atau sebuah produk farmasi yang fungsinya sama dengan fungsi insulin alami yaitu membantu membawa glukosa masuk kedalam sel tubuh yang kemudian sel tubuh akan mengubah glukosa tersebut menjadi energi, dan akhirnya jumlah glukosa atau kadar gula darahpun akan menurun jumlahnya.

Tipe atau Jenis Insulin Eksogen Untuk Obat Diabetes

Insulin Eksogen – Insulin buatan untuk mengatasi kadar gula darah penderita diabetes
Image credit: Insuline Pen by BruceBlaus, at commons.wikimedia.org/wiki/File:Blausen_0580_Insulin_Syringe%26Pen.png

Sebelum kita mengetahui jenis jenis insulin tersebut, sebaiknya kita jelaskan dahulu beberapa istilah yang berkaitan dengan jenis atau tipe insulin ini, sehingga nantinya Anda dapat lebih mudah memahami dan mengerti penjelasan yang kita utarakan.

1. Onset atau waktu kerja insulin. Adalah lamanya waktu yang diperlukan insulin eksogen tersebut untuk mencapai darah dan mulai bekerja menurunkan kadar glukosa atau gula darah.

2. Peak atau puncak kerja insulin. Adalah periode waktu dimana insulin eksogen ini mencapai puncaknya dalam berkerja atau puncaknya keekfektifan dari insulin dalam menurunkan gula darah

3. Durasi atau lama kerja insulin. Adalah lamanya waktu sejak insulin ini mulai berkerja hingga insulin ini benar-benar kehilangan efeknya.

Setelah kita jelaskan beberapa istilah yang berkaitan dengan insulin tersebut, saatnya kita mulai jelaskan beberapa jenis insulin eksogen yang digunakan dalam pengobatan diabetes melitus, simak tabel dibawah ini:

Sumber: National Diabetes Information Clearinghouse
 TIPE INSULIN NAMA GENERIK ONSET PEAK DURASI

Insulin Kerja Cepat

Rapid Acting

Insulin lispro 15 menit 30 – 90 menit 3 – 5 jam
Insulin aspart 15 menit 30 – 90 menit 3 – 5 jam
Insulin glulisine 15 menit 30 – 90 menit 3 – 5 jam

Insulin Kerja Singkat

Short Acting

 Insulin Reguler  30 to 60 menit 2 – 4 jam 5 – 8 jam

Insulin Kerja Sedang

Intermediate Acting

Insulin NPH 1 – 3 jam 8 jam 12 – 16 jam

Insulin Kerja Panjang

Long Acting

Insulin Detemir 3 – 4 jam 3 – 9 Jam 14-24 jam
Insulin Glargine 3 – 4 jam No Peak 22-24 jam
Pre-mixed NPH
(intermediate acting)
and regular (short-acting)
70% NPH and 30% regular 30 – 60 menit 2 – 12 Jam / Bervariasi 10 – 16 Jam
Untuk info lebih lanjut, diharapkan untuk berkonsultasi dengan dokternya masing-masing, guna mendapatkan informasi dan penjelasan lebih detil

Waktu penggunaan insulin mungkin akan berbeda tiap jenisnya, ada yang bisa digunakan berbarengan dengan makan, sebelum atau bahkan sesudah makan. Konsultasikan dengan dokter Anda, karena mungkin tiap penderita diabetes akan berbeda jenis Insulin yang digunakannya, sehingga kemungkinan waktu penggunaanya akan berbeda.

Jangan lupa konsultasikan juga pada bagian tubuh manakan insulin tersebut akan digunakan, karena suntik insulin ini tidak bisa disuntikan disembarang tempat, tapi ada bagian-bagian tubuh tertentu yang merupakan area terbaik penyuntikan insulin, dan tentunya disesuaikan juga dengan kondisi gula darah sipenderita.

Untuk mengetahui bagian tubuh mana yang merupakan tempat insulin tersebut disuntikan, baca disini: Terapi Insulin