Ini Dia Cara Membedakan Antara Lapar Dengan Nafsu Ingin Makan

Apakah Anda tahu cara membedakan antara rasa lapar dengan napsu ingin makan tapi sebenarnya Anda tidak lapar? Wah kayaknya ini hal sepele yah. Tapi nyatanya memang kebanyakan dari kita sepertinya tidak tahu dan tidak sadar bagaimana caranya membedakan diantara keduanya. Sehingga tidak sedikit orang yang makan dan terus makan, padahal dia sendiri tidak lapar, dan akhirnya kelebihan kalori dan obesitaslah yang didapat.

Cara Membedakan Antara Lapar Dengan Nafsu Ingin Makan

Cara Membedakan Antara Lapar Dengan Nafsu Ingin Makan

 

Sebenarnya awalnya admin mendengar hal ini ketika melihat sebuah bincang-bincang seorang ahli gizi disebuah acara talk show disalah satu stasion TV swasta. Kebetulan waktu itu yang diperbincangkan adalah tentang masalah diet yang sedang trend di Indonesia, yaitu diet mayo. Nah pada saat bincang-bincang tersebut, ada sebuah penggalan kalimat yang dilontarkan ahli gizi tersebut yang sepertinya sepele tapi masuk akal dan mungkin ada benarnya juga.

Cara Membedakan Antara Rasa lapar dan Keinginan / Nafsu Ingin Makan 

Rasa lapar dan keinginan untuk makan tidaklah sama, dan keduanya sama sekali berbeda. Lapar adalah reaksi fisik yang meliputi perubahan kimia didalam tubuh yang berhubungan dengan rendahnya glukosa didalam darah Anda beberapa jam setelah makan. Sedangkan kalau perasaan/rasa ingin makan, lebih seringnya berawal dari mata sehingga muncul dorongan untuk / ingin mencicipi makanan tersebut.

Jadi cara mudah untuk membedakan antara lapar yang benar-benar lapar dengan lapar yang cuman keinginin atau nafsu belaka adalah:

“Dengarlah isyarat dari tubuh kita. Satu-satunya tanda yang menunjukan kalau kita benar-benar lapar adalah perut yang berbunyi”

Dalam arti kata, kalo lapar yang benar-benar lapar maka perut akan mengeluarkan alarm seperti perut yang berbunyi dan bergemuruh. Suara gemuruh pada perut inilah yang disebut dengan panggilan makan.

Contoh mudah untuk membedakan antara rasa lapar dan nafsu ingin makan adalah: Ketika Anda lapar, Anda akan makan satu potong roti. Setelah itu, nafsu makan dapat menyebabkan Anda untuk makan dua potong roti hanya karena mereka terlihat menarik atau enak.

Jadi sekarang Anda tahukan cara membedakan diantara keduanya. Semoga bermanfaat.