Ini Dia Bahaya Tidak Mengkonsumsi Karbohidrat Sama Sekali

Apakah Anda tahu bahaya dari tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Jika tidak, maka Anda harus simak penjelasan singkat dari seorang dokter spesialis gizi berikut ini yang akan menjelaskan tentang apa saja bahaya dari menghentikan konsumsi karbohidrat dalam menu kita sehari-hari. Karena kita tahu, mungkin ada beberapa jenis diet ketat yang benar-benar menstop asupan karbohidrat dalam menu makanan yang mereka konsumsi.

Bahaya menghentikan konsumsi karbohidrat

Bahaya menghentikan konsumsi karbohidrat

Dr. Ekky M. Rahardja. Ms. Spkg adalah dokter spesialis gizi yang akan menjelaskan kepada kita akan bahaya dari mengurangi atau menghilangkan menu karbohidrat dalam menu makanan diet. Menurut Dr. Ekky, kita harus tahu bahwa pengurangan konsumsi karbohidrat sebenarnya akan berdampak kepada tubuh kita, karena ada beberapa organ tubuh yang akhirnya akan bekerja sangat keras, sehingga dikhawatirkan menjadi sebuah gangguan kesehatan. So, kita simak saja penjelasan dari Dr. Ekky M. Rahardja mengenai dampak atau bahaya dari tidak mengkonsumsi karbohidrat.

Dampak Kekurangan Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Dr. Ekky M. Rahardja. Ms. Spkg menjelaskan hal ini dalam sebuah acara talk show disalah satu stasion Tv swasta tentang kerugian jika seseorang menghentikan sama sekali konsumsi karbo.

Dr. Ekky-M. Rahardja, MS, SpGK

Dr. Ekky-M. Rahardja, MS, SpGK

Sang dokter menjelaskan bahwa memang benar ada sebagian orang yang tidak makan karbo sama sekali, dan memang benar juga kalo sebenarnya tubuh kita masih bisa membuat karbo sendiri dengan cara merubah proten dan sebagian lemak untuk bisa mengatasi defisit karbo yang ada didalam tubuh, namun hal tersebut ternyata bisa merugikan tubuh kita.

“Memang karbo itu gak ada yang esensial bagi tubuh” tutur Dr. Ekky.

“Jadi tubuh kita sebenarnya bisa bikin… namun ruginyaa apa sih kalo kita gak makan karbo? tambah Dr. Ekky.

“Tubuh kita dari menit ke menit membutuhkan glukosa, dan glukosa itukan karbohidrat juga….. jadi kalo kita gak makan sama sekali kabo … maka tubuh memang bisa bikin dari protein dan sebagian dari lemak …… tapi dari sudut metabolisme, protein tersebut harus dirubah dulu oleh tubuh supaya menjadi karbo supaya bisa mensuplay kebutuhan otak.” tutur Dr. Ekky

“Jadi setidaknya dibutuhkan 100gr karbohidrat setiap hari untuk bisa mensuplay kebutuhan otak saja”

“Nah kalo protein diubah, maka liver kita akan kerja berat, dan menghasilkan sisa metabolisme dari protein” tambah Dr. Ekky

Dr. Ekky M. Rahardja juga menjelaskan bahwa aktifitas merubah protein menjadi karbo didalam tubuh bisa membuat dua organ penting kita terlampau bekerja dengan berat. Yang pertama Liver akan berkerja keras untuk merubah amonia yang merupakan sisa metabolisme dari protein tersebut menjadi ureum, dan ureum tersebut akan dibuang melewati ginjal. Jadi terbayang kedua organ vital ini harus bekerja sangat extra, sehingga dikhawatirkan kedua organ ini mengalami kerusakan.

“Jadi karena protein itu mengandung gugus nitrogen dan nitrogen tersebut akan menjadi amonia, dan karena amonia itu toksin maka dirubahlah oleh liver manjadi ureum” tutur sang dokter.

“Nah ureum ini nantinya harus dibuang lewat ginjal … sehingga dikhawatirkan kedua organ ini akan mengalami gangguan karena terlampau kerja terlalu keras” Tambah Dr. Ekky

Jadi bagi Anda yang diet ketat dengan benar-benar tidak makan karbo sama sekali maka hati-hatilah. Jangan sampai diet yang Anda lakukan dengan niat ingin sehat malah menjadi sebaliknya. Akhir kata, semoga info singkat mengenai ” bahaya dari tidak mengkonsumsi karbohidrat bagi tubuh manusia” ini bermanfaat bagi kita semua.