Ingin Jantung Sehat Makanlah Kacang-Kacangan

Ingin jantung sehat maka makanlah kacang-kacangan, benarkah? Tapi inilah info terbaru yang kita dapat dari Mayo Clinic newsletter. Dengan menjadikan kacang-kacangan sebagai bagian dari diet seimbang maka sebenarnya Anda sudah membantu untuk menurunkan kolesterol, sekaligus membantu kesehatan jantung Anda.

Ingin jantung sehat makanlah kacang-kacangan

Ingin jantung sehat makanlah kacang-kacangan

Namun apakah benar dengan mengkonsumsi lebih banyak kacang-kacangan jantung kita akan sehat? Berdasarkan bukti penelitian, sebenarnya semua kacang adalah pilihan yang sangat sehat. Bahkan banyak studi klinis baru yang menyoroti akan kaitan dari manfaat mengkonsumsi kacang dengan kesehatan jantung. Misalnya, menambahkan 30 gram saja per hari dari misalnya dari satu ons yang biasa dikonsumsi pada diet Mediterania, maka hal ini bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 30 persen. (dikutip dari everydayhealth.com).

Kenapa jantung Bisa Sehat Kalau Kita Sering Makan Kacang-Kacangan

Nah ini adalah termasuk point utamanya, dimana orang yang sering makan kacang maka tingkat LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahatnya rendah didalam darah mereka. Dimana LDL tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Tidak hanya itu, makan kacang juga bisa mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal. Kacang-kacangan juga muncul untuk meningkatkan kesehatan pada lapisan arteri Anda.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, jenis kacang yang seperti apakah yang baik untuk kesehatan jantung, apakah jenis kecang tertentu saja?

Berdasarkan info yang didapat dari newsletter mayo clinic, jenis kacang yang kita makan tidaklah begitu penting, meskipun memang beberapa jenis kacang memiliki nutrisi dan lemak sehat untuk kesehatan jantung yang lebih banyak daripada jenis kacang lainnya. Semisal, walnuts, almond, hazelnut, dan pistacio.

Namun, hampir setiap jenis kacang memiliki banyak nutrisi yang dikemas ke dalam paket kecil. Jika Anda memiliki penyakit jantung, maka camilan kacang dapat membantu Anda lebih mudah saat menjalani diet jantung sehat.

Kandungan pada kacang yang bisa membuat jantung menjadi sehat

Sebenarnya kandungan apa saja sih yang terdapat pada kacang-kacangan yang bisa membuat jantung menjadi sehat.

  • Asam lemak omega-3. Banyak kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 adalah bentuk sehat dari asam lemak yang dapat membantu kesehatan jantung Anda. Seperti mencegah irama jantung yang berbahaya yang dapat menyebabkan serangan jantung. Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam berbagai jenis ikan, tetapi kacang adalah salah satu sumber nabati terbaik asam lemak omega-3.
  • Fiber. Siapa yang tidak tahu akan manfaat serat bagi tubuh. Semua jenis kacang mengandung serat yang membantu menurunkan kolesterol Anda. Serat membuat Anda merasa kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Serat juga diduga berperan dalam mencegah diabetes.
  • Vitamin E. Vitamin E dapat mencegah penyempitan pembuluh darah / arteri, karena vitamin E dapat membantu menghentikan perkembangan plak di arteri / pembuluh darah Anda. Plak yang berkembang di arteri Anda dapat menyebabkan nyeri dada, penyakit arteri koroner atau serangan jantung.
  • Sterol. Beberapa jenis kacang mengandung sterol, yaitu suatu zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dari tubuh Anda. Perlu kita ketahui, terkadang Sterol sering ditambahkan ke produk seperti margarin dan jus jeruk untuk menambah manfaat kesehatan pada produk tersebut. Tapi sterol yang ada dalam kacang-kacangan adalah alami.
  • L-arginin. Kacang-kacangan juga merupakan sumber dari l-arginin, yaitu zat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dinding arteri Anda dengan membuat mereka lebih fleksibel dan kurang rentan terhadap pembekuan darah yang dapat menghambat aliran darah.
  • Lemak tak jenuh. Meski tidak sepenuhnya jelas mengapa, tapi lemak ini dianggap sebagai lemak yang baik, baik itu lemak tak jenuh tunggal maupun lemak tak jenuh ganda, selain itu kacang-kacangan memiliki kadar kolesterol jahat yang yang rendah.

Berapa banyak kacang yang harus dimakan supaya jantung kita sehat

Good questions. Berdasarkan informasi yang didapat, jumlah kacang yang boleh dikonsumsi adalah dalam jumlah yang sedang, Idealnya, Anda harus menggunakan kacang sebagai pengganti makanan yang merupakan sumber dari lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam daging, telur dan produk susu. Jadi konsumsilah kacang untuk mengganti salah satu makanan-makanan tersebut

Sebanyak 80 persen dari kacang adalah lemak. Meskipun sebagian besar lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak sehat. Tapi tentu mengandung kalori. Itulah mengapa Anda harus makan kacang dalam jumlah sedang. The American Heart Association merekomendasikan makan empat porsi kacang tawar seminggu. Pilih kacang mentah, kering, atau panggang daripada yang dimasak dalam minyak. Satu porsi kira-kira 1,5 ons dari seluruh kacang atau 2 sendok makan mentega kacang.

Gimana, sudah tahukan manfaat kacang untuk kesehatan jantung. Sekarang, yuk makan kacang. Tapi dengan jumlah yang sedang saja tentunya.