Info Lengkap Tanda-Tanda Anoreksia

Tanda-tanda Anoreksia yang paling mudah dikenali adalah ketika seseorang mempunyai obsesi yang terlalu besar dalam pengaturan makan dan berat badannya. Mereka memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap naiknya berat badan dan juga kegemukan. Mereka yang mengalami anoreksia sebenarnya tidak mengalami sesuatu seperti hilangnya nafsu makan, bahkan sebenarnya mereka tetap merasakan lapar dan mempunyai selera terhadap makanan, namun mereka menahan  rasa lapar tersebut mati-matian. Entah ini disebut prilaku yang menyimpang atau apalah namanya, yang jelas mereka yang menderita Anoreksia biasanya memiliki persepsi yang salah mengenai bentuk tubuh, sehingga melakukan sesuatu yang tidak sehat untuk memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan.

Tanda tanda anoreksia

Tanda tanda anoreksia

Selain tanda-tanda anoreksia yang tadi disebutkan diatas, tanda-tanda lainnya dalam hal prilaku adalah, terkadang mereka yang mengalami anoreksia suka melakukan ritual-ritual yang berkaitan dengan masalah makan, seperti terkadang sering melakukan memotong-motong makanan ke’ukuran yang sangat kecil-kecil, lalu suka menggunakan pakaian yang longgar, mempunyai minat yang berlebihan terhadap olah raga dan juga obat pencahar. Obat pencahar tersebut mereka gunakan untuk mengosongkan kembali perut mereka sesaat setelah mereka makan. Dan itu semua adalah baru sebagian dari tanda-tanda dari orang yang mengalami Anoreksia. Tanda-tanda anoreksia lainnya yang lebih lengkap akan kita tampilkan pada uraian dibawah ini.

Tanda-Tanda Anoreksia Yang Mesti Anda Tahu

Kali ini kita jabarkan saja tanda dan gejala Anoreksia yang dilihat dari berbagai sudut, seperti dilihat dari gejala fisik, psikologis, dan juga prilaku. Berikut penjelasannya:

A. Tanda-tanda anoreksia dilihat dari gejala fisik

  1. Pada anak-anak atau remaja, tanda-tandanya bisa dilihat apabila pertambahan berat badan mereka sangat buruk, atau tidak sesuai dengan pertumbuhan mereka, dan biasanya ini disertai dengan ketakutan akan gemuk meski sebenarnya badan mereka tidaklah gemuk.
  2. Pada mereka yang dewasa, gejala fisik anoreksia bisa dilihat apabila mereka mengalami penurunan berat badan yang ekstreem. Sehingga sering kita melihat mereka yang hidup dengan anoreksia badan mereka seperti (Maaf) tulang yang hanya dibalut kulit saja.
  3. Lalu pada pria, tanda tersebut disertai dengan hilangnya libido

B. Tanda-tanda anoreksia dilihat dari segi psikologis

  • Mempunyai pemahaman menyimpang tentang masalah berat badan dan bentuk tubuh
  • Mempunyai perasaan takut yang sangat kuat dan berlebihan akan naiknya berat badan, meskipun sebenarnya berat badan mereka ada dalam keadaan normal jika dilihat dari tinggi badan, dan terkadang bagi kita yang normal hal tersebut terlihat berlebihan.
  • Perubahan kepribadian, dan bisa saja mendapati suasana hati yang berubah-ubah

C. Tanda tanda prilaku pada penderita anoreksia

  1. Suka melakukan ritual-ritual tertentu pada saat makan, seperti memotong-motong makanan kedalam ukuran yang sangat kecil, lalu suka meludahkan makanan setelah dikunyah
  2. Suka memasak makanan yang rumit untuk orang lain, tapi dia sendiri tidak mau memakannya
  3. Suka mencari-cari alasan untuk tidak makan
  4. Sering membiarkan dirinya dalam keadaan kelaparan, atau menahan rasa lapar mati-matian
  5. Obsesi yang sangat tinggi atau terlalu tinggi pada berat badan atau bentuk tubuh

Para penderita anoreksia lama kelamaan tubuhnya akan semakin kurus, bahkan sering kita melihat para penderita anoreksia ini tubuhnya hanya tinggal tulang yang dibungkus kulit. Namun anehnya, mereka terlihat biasa saja ketika mendapati tubuh mereka seperti itu. Seperti kebanyakan penderita anoreksia, kebanyakan yang menderita anoreksia adalah para model, selebritis, dan juga mereka yang terobsesi akan berat badan. Dan tidak sedikit dari mereka juga pada akhirnya berakhir pada kematian.

Menurut pengakuan beberapa orang yang telah terbebas dari anoreksia, sebenarnya untuk menyembuhkan anoreksia obatnya ada didalam diri mereka sendiri. Jadi mereka harus menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu salah, dan sangat tidak baik untuk kesehatan. Penderita anoreksia bukanlah penyakit dimana mereka mengalami hilangnya selera makan, namun sebenarnya mereka juga sama merasakan lapar seperti kita dan juga tetap berselera terhadap makanan, namun mereka menahan rasa lapar tersebut karena perasaan takut yang berlebihan akan naiknya berat badan.

Itulah beberapa tanda-tanda anoreksia yang perlu kita ketahui, semoga info ini bermanfaat untuk Anda semua.