Hati-Hati! Bahaya Akibat Kolesterol Tinggi Bagi Tubuh

Tahukah Anda, bahwa bahaya akibat kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri pada tubuh orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi pada tubuhnya. Didalam dunia kedokteran, kondisi ini biasa disebut dengan istilah aterosklerosis. Aterosklerosis berlangsung perlahan dan sering tanpa gejala awal, tetapi dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk serangan jantung dan stroke.

Foto menunjukan bagaimana bagaimana kolesterol tinggi bagi tubuh yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri

Foto menunjukan bagaimana bagaimana kolesterol tinggi bagi tubuh yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri

Kelebihan LDL “low-density lipoprotein” atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat dalam darah perlahan lahan mengakibatkan di dinding arteri Anda menjadi tebal dan kaku.

Tapi tak hanya kolesterol semata, kondisi ini juga merupakan akumulasi atau gabungan dari kolesterol, trigliserida (bentuk lemak dalam darah), dan deposit lainnya seperti kalsium, produk limbah sel, dan protein larut yang disebut fibrin, yang pada akhirnya bahaya akibat kolesterol tinggi inipun terjadi, dimana terjadi pemembentukan plak. Plak inilah yang dapat menyebabkan arteri pada tubuh menjadi sempit dan mengeras.

5 Penyakit Berbahaya Yang Bisa Terjadi Sebagai Akibat Kolesterol Tinggi

Berikut ini beberapa penyakit berbahaya yang bisa timbul sebagai akibat dari kolesterol yang tinggi. Apa sajakah itu, berikut infonya:

  • Sakit dada. Arteri yang menyempit membuat darah yang kaya akan oksigen menjadi sulit untuk mencapai otot jantung, dan akibatnya sering terjadi rasa nyeri dibagian dada.
  • Penyakit ginjal kronis. Jika plak menumpuk di arteri di daerah ginjal, maka organ tersebut lambat laun akan kehilangan kemampuan’nya untuk secara efektif menghilangkan limbah dan kelebihan air dari tubuh Anda.
  • Penyakit arteri perifer. Penumpukan plak di arteri utama yang memasok darah ke anggota badan – biasanya kaki – dapat menyebabkan kram, kesemutan dan kelemahan.
  • Serangan jantung. Jika plak robek atau pecah di bagian arteri yang menyempit, maka akan terjadi pembekuan darah diarea tersebut. Akibatnya, bisa saja menghentikan aliran darah ke jantung. Dan jika penyumbatan ini terjadi cukup lama maka bisa saja merusak otot, dan serangan jantung’pun bisa terjadi.
  • Stroke. Jika penyempitan terjadi pada arteri yang menuju otak dan mengakibatkan suplay darah ke otak terganggu maka bisa terjadi stroke. Maka hati-hatilah.

Cara terbaik untuk menjaga supaya akibat buruk dari kolesterol tinggi seperti aterosklerosis ini tidak terjadi pada kita, maka cara terbaik adalah selalu menjaga kadar kolesterol dengan cara mempertahankan gaya hidup sehat. Lalu menghindari atau membatasi faktor risiko dengan tidak merokok, makan makanan yang sehat, dan melakukan aktivitas fisik yang cukup seperti berolahraga seperti jogging, misalnya.

Juga jangan lupa untuk memeriksa kolesterol Anda secara teratur. Beberapa orang dengan aterosklerosis tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, sehingga indikasi pertama mereka adalah serangan jantung atau stroke.

Jika Anda ternyata sudah memiliki atau mengidap kolesterol tinggi atau aterosklerosis atau keduanya, obat-obatan tertentu dan prosedur medis dapat mengobati kondisi ini. Jadi seringlah berkonsultasi dengan dokter Anda agar proses penyembuhan Anda bisa lebih baik.

Akhir kata, semoga informasi singkat tentang bahaya akibat kolesterol tinggi ini bisa bermanfaat. Tidak saja untuk admin pribadi, tapi semoga bisa bermanfaat juga untuk kita semua.