Hara Hachi Bunme – Pola Makan Sehat Ala Orang Jepang

Hara Hachi Bunme“, sebuah pola makan sehat ala orang Jepang. Hara Hachi Bunme atau sering juga disebut dengan Hara Hachi Bu mempunyai makna “Berhentilah makan jika merasa perut mu sudah 80% terisi”.  Dan Hara Hachi Bunme juga merupakan sebuah prinsip dari budaya tradisional lokal setempat, tentang bagaimana orang Jepang menjaga dan memelihara kesehatan mereka, dan juga sebuah rahasia tentang bagaimana orang Jepang bisa memiliki umur yang panjang.

an origin of Japanese families eat together
Image credit: http://solarflareblog.com/?p=2840

Okinawa adalah satu pulau di Jepang dimana penduduknya menjalankan prinsip ini, yaitu prinsip pola makan sehat Hara Hachi Bunme. Dan menurut penelitian, diketahui bahwa Okinawa memiliki jumlah “centenarians” yang sangat tinggi, yaitu sekitar 22 hingga 34 orang dari 100.000 orang penduduk Okinawa. Centenarians adalah istilah untuk menyebut orang yang memiliki umur lebih dari 100 tahun. Selain itu, secara keseluruhan negara Jepang berada di urutan ke 3 dari 10 negara yang memiliki jumlah penduduk dengan umur yang panjang terbesar di dunia.

Mengenal Lebih Jauh Pola Makan Sehat “Hara Hachi Bunme”

Ada sebuah fakta ilmiah tentang Okinawa yang membuat para peneliti kagum akan pulau terpencil di negara Jepang ini. Dimana para peneliti menyebut bahwa usia para penduduk Okinawa seakan-akan melambat dari seluruh orang yang ada di muka bumi ini.

“Secara kalender mungkin usia mereka telah menginjak 70 tahun, tapi tubuh mereka menunjukan seakan-akan mereka baru berusia 50 tahunan”

Kata Bradley Willcox, seorang ilmuwan dan juga Dokter-Investigator di Geriatrics, dan saat ini beliau menjabat sebagai Medical Director, Department of Research and Planning. (dikutip dari news.bbc.co.uk).

Para peneliti menemukan bahwa semua rahasia tersebut ternyata awalnya bermula dari meja makan. Dimana para penduduk Okinawa memiliki prinsip hara hachi bu yang apabila diterjemahkan berarti makan hanya sampai 80% full.

Selain itu, para penduduk Okinawa juga diketahui tidak hanya mengkonsumsi tahu atau makanan yang terbuat dari kedelai lebih banyak dari pada orang-orang diseluruh dunia, tapi mereka juga mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah yang berbeda yang semuanya kaya akan zat anti-oksidan, serta konsumsi ikan dengan jumlah yang terbatas dari daging tanpa lemak.

Menurut para peneliti, pola makan sehat yang seperti ini tidak hanya menyehatkan untuk tubuh juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, plus membantu untuk meminimalkan produksi radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang merusak sel yang dihasilkan terutama oleh metabolisme tubuh kita ketika kita membuat energi dari makanan.

Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa, Okinawa memiliki tingkat penyakit jantung 80% lebih rendah daripada Amerika, dan tingkat kanker 50-80% lebih rendah daripada Amerika juga,  terutama kanker payudara, usus besar, ovarium dan kanker prostat daripada di Amerika Serikat.

Tradisi Makan Jepang Menjadi Rahasia Bagaimana Mereka Berumur Panjang

Pola makan sehat seperti yang dilakukan penduduk Okinawa inilah yang juga dijadikan prinsip oleh kebanyakan warga Jepang lainnya. Belum lagi Jepang memiliki tradisi makan yang sangat unik, mulai dari penyajian, pengolahan, dan sampai bagaimana mereka makan.

Berikut ini tata cara makan ala orang Jepang, dan sering juga disebut dengan diet ala orang jepang yang mungkin bisa kita adopsi:

1. Hara hachi bunme
Mereka akan berhenti makan jika merasa perut mereka 80% sudah terisi.

2. Lebih suka makan yang dikukus dan direbus
Orang Jepang lebih suka mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus, dari pada menggorengnya. Hal ini membuat mereka jauh dari reksiko lemak trans yang dapat meningkatkan reksiko meningkatnya kadar kolesterol jahat dan penyakit jantung.

3. Makan dengan perlahan
Orang Jepang makan dengan perlahan, termasuk pada saat mereka mengunyah. Dengan makan perlahan maka otak memiliki kesempatan untuk memberikan sinyal kepada perut untuk memberitahukan bahwa yang kita makan itu sudah cukup.

4. Orang Jepang makan dalam porsi yang kecil
Orang Jepang sudah terbiasa dari kecil makan menggunakan tempat yang kecil. Dengan dibiasakan makan dalam porsi yang kecil maka lambung juga lama-lama akan terbiasa dan menyesuaikan kapasitas dari lambung mereka. Selain itu menurut penelitian, makan secara sedikit-demi sedikit maka proses metabolismenya akan jauh lebih cepat dibandingkan saat makan sekali dalam porsi yang besar.

5. Lebih suka mengkonsumsi Ikan dari pada daging
Apakah Anda tahu kalau penduduk Jepang adalah penduduk dengan konsumsi ikan tertinggi di dunia. Daging ikan sangat kaya akan protein dan omega 3, plus rendah lemak.

6. Banyak mengkonsumsi jenis sayuran
Anda pasti sering lihat kalau orang Jepang makan dengan banyak menu meski jumlahnya sedikit-sedikit. Karena selain ikan, sayuran adalah bagian terbesar dalam menu makanan orang Jepang. Dalam menu makanan orang Jepang, dalam satu masakan bisa saja terdiri dari 4-5 jenis sayuran. Bahkan Orang Jepang mengatakan bahwa mereka bisa mengkonsumsi 100 jenis varietas sayuran dalam 1 pekan.

Itulah sekilas dari penjelasan tentang “Hara Hachi Bunme” dan pola makan sehat ala orang Jepang. Semoga ada hal positif yang bisa diambil dari informasi ini. Semoga bermanfaat.