Fungsi Lemak – Inilah Fungsi Lemak Untuk Tubuh

Fungsi Lemak. Apa itu lemak, biasanya kita menggambarkan lemak adalah gumpalan daging dibawah perut yang menyebalkan, yang membuat penampilan jadi tidak menarik, membuat baju dan celana menjadi tidak muat, dan sebagai sesuatu yang ingin dihilangkan dengan serangkaian program diet ketat.

Manfaat lemak untuk tubuh
Image credit: soonerorlighter.bangordailynews.com

Wah, semenakutkankah yang namanya lemak itu? Sehingga menjadi sesuatu sangat dibenci dan dimusuhi oleh semua orang. Hmmh :), menarik untuk dibahas.

Apa Itu Lemak

Lalu apa lemak itu? Lemak adalah gabungan antara asam lemak dan gliserol. Lemak dibagi menjadi tiga golongan, yaitu: lemak, lilin, dan lemak gabungan. Lemak membangun rangka membran sel dan membran banyak organel dalam sel. Jadi bisa dikatakan bahwa lemak adalah bahan pembangun dasar jaringan tubuh mahluk hidup. (Buku biologi – 79 | Oman Karmana).

Fungsi Lemak

Jangan hanya memandang lemak sebagai musuh kita, justru tanpa lemak entah apa yang akan terjadi dengan tubuh kita, berikut fungsi lemak yang mesti Anda tahu:

1. Fungsi lemak sebagai pelindung tubuh

Perlu Anda tahu, lemak sangat penting untuk tubuh kita. lemak bawah kulit berfungsi untuk menjaga suhu tubuh kita terhadap perubahan suhu yang exstrem, baik itu saat suhu panas ataupun dingin.

2. Fungsi lemak sebagai penghasil energi

Lemak juga berfungsi sebagai penghasil energi. Tiap gram lemak menghasilkan kira-kira 9 – 9,3 kalori, dan energi yang berlebih akan disimpan disebuah tempat yang bernama jaringan adiposa sebagai energi potensial. Lemak yang rendah akan mengurangi bahkan menurunkan energi tubuh kita, namun jika memiliki kadar lemak yang cukup / sehat maka kita akan terhindar dari penyakit dan kelelahan yang kronis.

3. Lemak berfungsi sebagai penyerap dan pengangkut vitamin

Vitamini A, D, E, dan K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Tanpa lemak, vitamin yang masuk kedalam tubuh tersebut bisa saja terbuang percuma karena tidak terserap dengan baik. Akibatnya jika tubuh kekurangan vitamin adalah tubuh bakal mudah terserang penyakit.

4. Lemak berfungsi sebagai penghemat protein

Kalau sumber energi sudah tercukupi oleh lemak dan karbohidrat maka penggunaan protein sebagai sumber energi bisa dikurangi bahkan tidak digunakan sama sekali.

5. Lemak berfungsi sebagai bantalan tubuh

Lemak berfungsi juga sebagai bantalan tubuh atau sebagai penyangga benturan organ-organ dalam tubuh yang alami, ini maksudnya bahwa lemak melindungi semua organ-organ tubuh yang vital serta menjaga sendi-sendi tubuh.

6. Lemak sebagai bagian dari struktur sel

Tanpa lemak struktur sel kita menadi rapuh, kenapa? Karena lemak merupakan bagian dari struktur sel tubuh kita yang sangat penting untuk memelihara kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

7. Lemak berperan terhadap kesuburan

Lemak tubuh merupakan sumber yang bermakna bagi estrogen, karena jaringan lemak membantu dan terlibat dalam pengalihan androgen (hormon pria) menjadi astrogen. Meski begitu, kesuburan tetap memerlukan keseimbangan yang baik, jika terlalu kurus maka Anda membuat estrogen terlalu lemah, tapi jika terlalu gemuk maka kadar estrogen yang tinggi akan memberikan sinyal ke otak yang kemudian akan mempengaruhi kemampuan Anda dalam merangsang pembentukan telur.

Itulah beberapa fungsi lemak dalam tubuh yang seharusnya kita ketahui. Jadi lemak tidak sepenuhnya merugikan, yang merugikan itu adalah kadar lemak yang berlebih didalam tubuh. Tapi itu semuakan tergantung dari Anda sendiri, tergantung dari pola makan Anda sendiri. So, semoga artikel tentang fungsi lemak ini bermanfaat untuk Anda semua.