Dr. Peter J. D’adamo Penemu Diet Golongan Darah

Diet berdasarkan golongan darah adalah diet yang didasarkan tipe golongan darah (A, B, AB, dan O). Jadi makanan yang masuk kedalam tubuh seseorang yang mempunyai golongan darah tertentu belum tentu bermanfaat bagi orang yang mempunyai tipe golongan darah yang lain. Namun sebelum kita membahas lebih jauh lagi, sebaiknya kita tahu dulu siapa yang memperkenalkan ide diet berdasarkan golongan darah ini.

Penemu diet golongan darah Dr. Peter J.D'adamo

Penemu diet golongan darah Dr. Peter J.D’adamo
source: www.4yourtype.com

Siapa Yang Memperkenalkan Diet Golongan Darah

Diet Golongan darah pertama kali dipopulerkan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, seorang dokter naturopati, asal Amerika Serikat. Hasil penelitiannya selama bertahun-tahun yang Dia tuliskan dalam sebuah buku yang berjudul “Eat Right 4 Your Type” di tahun 1996, telah menjadi sebuah buku yang paling laris dimasa itu.

Inspirasi untuk buku Dr. Peter J.D’Adamo berasal dari pengamatan subjektif dari ayahnya, James D’Adamo, yang juga seorang dokter naturopati yang pertama kali mengusulkan konsep ini dalam bukunya  “One Man Food is Someone Else’s Poison”  16 tahun sebelumnya (1980). Peter mulai tertarik dan mencoba untuk membuktikan pengamatan subjektif pribadi ayahnya dari tinjauan literatur ilmiah dan medis. Dan itulah yang menjadi dasar untuk Peter menulis buku diet yang sangat sukses.

Dalam bukunya juga Dr. Peter D’adamo mengkategorikan  jenis-jenis makanan tertentu yang cocok dengan masing-masing tipe darah. Dia berpendapat, apabila seseorang mengkonsumsi makanan yang tepat maka reksiko terjadinya Aglutinasi bisa dihindari.

Hal ini terjadi karena lektin (sejenis protein yang ada disetiap jenis makanan nabati dan hewani) yang terdapat pada makanan tertentu ternyata bisa bermanfaat untuk orang mempunyai golongan darah tertentu, namun bisa juga malah merugikan untuk orang yang mempunyai tipe golongan darah yang lain.

Apabila lektin yang terdapat pada makanan tertentu dan ternyata tidak cocok dengan tipe darah orang yang memakannya, maka terjadilah efek atau reaksi yang dinamakan “aglutinasi”. Aglutinasi adalah terjadinya penggumpalan sel darah merah sebagai akibat ketidak cocokan lektin dari makanan tertentu dengan tipe darah orang yang memakannya.  Dr. D’adamo juga berpendapat bahwa, aglutinasi inilah yang berperan terjadinya berbagai masalah kesehatan yang banyak terjadi saat ini.

Hasil dari penelitian tersebut, Dr D’adamo membuat daftar berbagai jenis makanan yang cocok dengan tipe darah tertentu.