Diet Sehat Golongan Darah O

Diet golongan darah O. Profil dari diet golongan darah ini adalah: Tinggi protein dan rendah karbohidrat. Ini berarti, bagi Anda yang mempunyai golongan darah O disarankan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, dan disarankan juga mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, atau dengan kata lain mengurangi atau tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.

Diet sehat golongan darah O
Image credit: Bread by Pedro Simao, at www.freeimages.com/photo/917163
Image credit: Meat by Ove T�pfer, at www.freeimages.com/photo/731630

Namun sebelum Anda melanjutkan membaca pembahasan mengenai diet golongan darah O, ada baiknya Anda memahami dulu tentang apa itu diet golongan darah, baca: Apa Itu Diet Golongan Darah.

Karakter Golongan Darah O

Gen golongan darah O dipercaya sebagai gen yang tertua dibanding gen jenis darah lainnya, dimana saluran pencernaan pemilik golondan darah O ini masih menyimpan memori zaman kuno. Tinggi protein dan diet rendah karbohidrat dalam kombinasi dengan aktivitas fisik yang intens mencerminkan gaya hidup pemburu-pengumpul manusia kuno (Peter J. D’Adamo 52-53). Dan ini juga yang sering dijadikan dasar kenapa pemilik golongan darah O dapat mencerna produk hewani dengan baik yang mana ini sering dikaitkan dengan pola makan nenek moyang kita sewaktu masih ada dizaman peradaban berburu.

Diketahui, sistem pencernaan pemilik golongan darah O memang lebih cocok dengan mengkonsumsi produk hewani yang dominan, yang mana produk hewani adalah sumber proten yang tinggi. Namun sebuah permasalahan yang timbul apabila Anda menjalani pola makan tinggi protein dan rendah karbohidrat ini, yaitu munculnya sebuah masalah yang disebut dengan “KETOSIS”.

Untuk lebih jelasnya apa itu ketosis, baca disini: Apa Itu Ketosis.

Untuk mengurangi reksiko ketosis, banyak yang menyarankan supaya memilih makanan hewani yang rendah akan lemak, selain daging sapi dan ayam, kita juga bisa memilih ikan untuk dikonsumsi. Dr. Peter J. D’adamo juga menyarankan, mereka yang mempunyai golongan darah O untuk mengurangi mengkonsumsi jenis makanan pati (karbohidrat kompleks) seperti nasi, dan menggantinya dengan makan buah-buahan segar dan sayur-sayuran hijau.

Gen golongan darah O Sebaiknya Mengurangi Konsumsi Pati

Mereka yang mempunyai golongan darah O juga sebaiknya mengurangi makanan seperti pasta, roti, kue dan makan olahan dari tepung terigu lainnya, karena bisa menjadi sumber masalah. Mengapa itu bisa terjadi?, karena zat lektin dan gluten pada tepung ternyata mempunyai dampak yang buruk bagi mereka yang mempunyai gen darah O.

Zat lektin pada tepung dapat bereaksi dengan darah dan saluran pencernaan dalam tubuh sehingga proses penyerapan zat-zat penting dalam makanan menjadi terganggu. Kemudian zat gluten pada tepung terigu dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat, dan memperlambat kinerja tubuh dalam memproses makanan menjadi energi, dan akibatnya adalah makanan tersebut terkumpul menjadi lemak dan membuat berat badan pemilik golongan darah O menjadi bertambah.

Untuk melihat daftar lengkap makanan yang disarankan atau makanan yang tidak disarankan untuk yang akan menjalani diet golongan darah O ini, bisa melihatnya disini: Daftar makanan diet golongan darah O