Diet Mayo Menurut Ahli Gizi DR. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk

Diet mayo menurut para ahli gizi itu seperti apa sih. Apakah diet mayo yang sedang trend saat ini adalah diet mayo yang benar-benar aman dan sesuai dengan yang dianjuran. Karena saat ini terdapat 2 buah diet mayo yang sama sekali berbeda satu dan lainnya. Yang pertama adalah diet mayo 13 hari tanpa garam, dan yang kedua adalah diet mayo dari mayo clinic. Lalu seperti apakah pandangan seorang ahli gizi bernama Dr. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk tentang fenomena diet mayo yang sedang trend saat ini.

Dr. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk

Dr. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk

Sebelum kita menyimak pendapat tentang diet mayo menurut ahli gizi Dr. Ida Gunawan, sebaiknya kita kenali dulu sosok dari ahli gizi tersebut. Dr. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk adalah seorang Dokter sekaligus pengajar S2 dan PPDS gizi klinik FKUI, dan sekarang praktek di RS Puri Indah & Hermina DM, Jakarta. Beberapa bulan lalu Dr. Ida Gunawan ini memberikan pendapatnya mengenai fenomena diet mayo yang sedang trend saat ini, dalam sebuah acara disalah satu stasiun TV Swasta beberapa waktu yang lalu. Jadi simak saja pendapat tentang diet mayo menurut ahli gizi Dr. Ida Gunawan berikut ini.

Diet Mayo Menurut Pandangan Ahli Gizi DR. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk

Menurut spesialis ahli gizi di RSPI Puri Indah Dr. Ida Gunawan ini, diet mayo yang ada di Indonesia tidaklah sama dengan diet mayo clinic yang ada di Amerika sana. Menurutnya, diet mayo yang tengah digandrungi masyarakat di Indonesia sudah banyak mengalami perubahan.

“Diet mayo yang beredar dimasyarakat itu sebetulnya tidak sama persis dengan diet mayo yang ada di Amerika” kata Dr. Ida

“Diet Mayo yang ada di Amerika itu sebetulnya adalah diet Mayo Clinic. Jadi dipublish pada tahun 2010 oleh Mayo Clinic, Amerika”

“Nah, diet mayo yang beredar di Indonesia, banyak sekali sudah mengalami modifikasi dari diet Mayo Clinic yang ada di Amerika” tambahnya.

Pandangan diet mayo yang disampaikan oleh Dr. Ida Gunawan hampir sama dengan pandangan tentang diet mayo menurut para ahli gizi lainnya. Diet mayo yang ada di Indonesia mungkin saja beragam, namun yang paling terkenal adalah diet mayo 13 hari tanpa garam.

Garam didalam tubuh manusia salah satu fungsinya adalah untuk mengikat air. Jadi ketika garam itu jumlahnya semakin menipis didalam tubuh maka tubuhpun tak mampu lagi menahan air sebagaimana mestinya. Sehingga air banyak keluar dan akhirnya berat tubuhpun menjadi turun. Diet mayo 13 hari yang beredar di Indonesia dalam menunya didominasi oleh sayuran, buah-buahan, dan juga bahan makanan yang tinggi akan protein. Jadi sumber karbohidrat hanya didapat dari kentang rebus dan sesekali dari buah pisang.

Perlu kita ketahui, pola makan diet mayo clinic berdasar pada healty weight pyramid. Dimana menu konsumsi sayuran dan buah-buahan segar menjadi menu yang paling utama. Dalam arti, sayur dan buah mempunyai porsi lebih banyak dibanding bahan makanan lainnya. Lalu disusul dengan bahan makanan merupakan sumber karbohidrat, namun karbohidrat yang dianjurkan disini adalah karbohidrat yang kaya akan serat seperti gandum-ganduman dan beras merah. Lalu diatasnya baru sumber protein seperti daging sapi, daging ayam, keju, susu, dan telur. Dan yang terakhir makanan yang paling sedikit dikonsumsi adalah makanan manis.

Diet mayo ala Indonesia menurut para ahli gizi adalah diet yang tidak mudah untuk dilakukan. Bahkan menurut pengalaman diet mayo dari mereka-mereka yang pernah menjalankannya, memang banyak sekali mereka yang gagal ditengah jalan, atau bahkan baru beberapa hari saja sudah angkat tangan tanda menyerah. Pengakuan mereka yang gagal adalah karena efek samping dari diet mayo 13 hari tanpa garam bisa membuat tubuh sangat lemah, pusing-pusing, bahkan membuat mood yang jadi gak karuan.

Lalu menurut Dr. Ida Gunawan, apa sih rahasianya agar seseorang bisa sukses dalam menjalankan diet mayo tersebut?

Dr. Ida Gunawan menurutkan:

“Yang pertama adalah motifasi dan yang kedua adalah disiplin”

“Jadi untuk semua diet, dan untuk semua program penurunan berat badan itulah rahasianya”, tambahnya.

“Pertama Anda harus mempunyai motifasi yang kuat, yang kedua Anda harus disiplin” tutur Dr. Ida mengulangi statmentnya.

“Disiplin dalam arti, dua minggu pertama dimana dietnya sudah diatur dengan kalori yang cuma sekitar 1000 kalori. Jadi meskipun Anda merasa lapar maka Anda harus pintar-pintar mengalihkan rasa lapar tersebut” tambahnya.

Itulah pandangan singkat mengenai fenomena diet mayo menurut ahli gizi Dr. Ida Gunawan, Ms. Sp.Gk. Lalu apakah sekarang Anda masih tertarik untuk menjalani diet mayo ini. Jika masih, maka bulatkan dulu tekad Anda dan disiplinlah saat menjalankannya seperti ang tadi sudah dianjurkan. Jadi, tunggu saja artikel dan informasi “diet mayo menurut para ahli gizi” lainnya hanya di tipsdiet.net. Semoga bermanfaat.