Diet Mayo Amankah ?

Diet Mayo Amankah ? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan, seiring makin populernya nama diet mayo dimasyarakat. Tapi masalahnya adalah, diet mayo yang seperti apakah yang Anda tanyakan tersebut. Apakah Diet Mayo dari Mayo Clinic, atau Diet Mayo 13 hari tanpa garam. Keduanya memang mempunyai nama yang mirip, tapi keduanya sudah barang tentu jauh berbeda satu sama lainnya. Malah selidik punya selidik, konon nama diet mayo 13 hari tersebut sebenernya mencatut ketenaran dari nama Diet Mayo dari Mayo Clinik. Bahkan hal ini pernah disebutkan oleh seorang ahli gizi Janson Ongko, saat tampil disebuah acara talk show disalah satu stasiun TV Swasta.

Ahli gizi ini mengungkapkan bahwa:

” Sebenarnya nama diet mayo itu (mayo diet 13 hari) di “catut ” dari Mayo Clinic. Dan mayo Clinic itu sebenarnya memberikan rekomendasi diet yang bagus sekali, seperti menghilangkan 5 habit (kebiasaan) yang buruk dan menambahkan 5 habit (kebiasaan) yang baik. ”

Ungkap Jansen Ongko.

Jadi, diet mayo manakah yang aman untuk dilakukan? Apakah diet mayo dari mayo clinic, atau diet mayo 13 hari tanpa garam. Nah untuk mengetahui diet manakah yang paling aman dan direkomendasikan, maka sebaiknya kita pahami dulu bagaimana diet-diet tersebut dijalankan, apa tujuan dari diet tersebut dibuat, dan apa kata para ahli gizi mengenai kedua jenis diet ini. Nah, jadi jika Anda salah satu dari yang menanyakan ” Diet Mayo Amankah ?” Maka Anda wajib menyiimak artikel ini selengkapnya.

Diet Mayo Mana Yang Paling Aman

Seperti yang tadi sudah disinggung sedikit, untuk melihat diet mayo manakah yang paling aman, maka kita harus melihatnya dari beberapa sisi, seperti:

Bagaimana kedua diet mayo tersebut dijalankan dan apa tujuannya

Diet Mayo Clinic

Diet mayo clinic

Diet mayo clinic

Diet Mayo Clinic adalah sebuah program gaya hidup yang dibuat oleh para ahli kesehatan dari Mayo Clinic. Diet ini sengaja dibuat sebagai pendekatan pola hidup yang lebih baik, untuk seumur hidup Anda guna meningkatkan kesehatan, sekaligus menurunkan berat badan Anda.

Untuk mempermudah memahami bagaimana program diet Mayo Clinic ini dijalankan maka pihak Mayo Clinic membuat skema piramida yang disebut Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sebagai panduan. Dalam skema pyramid tersebut digambarkan 5 level makanan, dengan tingkat paling puncak adalah makanan yang paling dihindari, dan mendapatkan porsi yang paling sedikit dalam menu sehari-hari.

Buah dan sayuran sebagai makanan utama ditempatkan pada bagian bawah sebagai makanan yang mempunyai porsi yang jauh lebih besar dibanding makanan lainnya. Sedangkan makanan yang menempati posisi paling puncak dan paling sedikit dikonsumsi adalah makanan atau minuman manis.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membacanya disini: Apa itu diet mayo Clinic

Diet Mayo 13 Hari

Menu diet mayo 13 hari tanpa garam

Menu diet mayo 13 hari tanpa garam
Image illustration credit: instagram.com/bee.kitchen

Diet mayo 13 hari, atau sering juga disebut sebagai diet mayo 13 hari tanpa garam adalah diet yang memang menghilangkan yang namanya garam selama 13 hari. Tujuan dari diet mayo ini lebih cendrung untuk menurunkan berat badan secara cepat, seperti yang sudah sering kita dengar. Diet ini juga tidak dianjurkan untuk dilakukan melebihi waktu yang sudah ditentukan karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan, karena memang garam yang dihilangkan adalah zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti membantu sel-sel saraf bekerja, membantu konsentrasi otak, menjaga tubuh supaya tidak lemas, serta untuk mengikat cairan didalam tubuh.

Menurut pengalaman mereka-mereka yang menjalani diet ini, diawal-awal efek lemasnya sudah terasa karena mungkin efek dari ketiadaan garam didalam menu-menu makanan yang dikonsumsi, sehingga membuat tubuh menjadi kekurangan natrium. Selain itu, diet ini tidak bisa dijadikan program gaya hidup karena tidak bisa dilakukan selama terus-menerus, seperti halnya program diet mayo dari Mayo Clinic.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca tentang diet mayo 13 hari ini, disini: Diet mayo 13 hari tanpa garam

Bagaimana menurut para ahli gizi tentang kedua jenis diet mayo ini

Banyak yang mengikuti atau menjalankan sebuah program diet belum tentu bahwa diet tersebut baik buat kesehatan. Karena segala sesuatu yang instan, tentu kurang baik untuk tubuh. Karena tubuh dipaksa untuk menerima kondisi tertentu guna mendapatkan berat badan yang turun, bahkan terkadang terdapat efek samping yang dirasakan oleh mereka-mereka yang menjalankan diet tersebut.

Beberapa ahli gizi berpendapat bahwa diet mayo 13 hari tanpa garam kurang baik untuk kesehatan. Karena diet ini memaksa tubuh untuk berada dalam kondisi tertentu, dengan cara menghilangkan garam yang sejatinya memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Para ahli gizi juga berpendapat bahwa, turunnya berat badan pada diet mayo 13 hari tanpa garam adalah hilangnya cairan tubuh karena tubuh tidak mampu lagi menahan air didalam tubuh karena zat natrium/garam yang berfungsi untuk menahan air didalam tubuh jumlahnya sangat sedikit.

Kesimpulan:

Menurut para ahli gizi, diet mayo dari mayo clinic memang lebih baik. Karena diet ini bisa dijadikan gaya hidup seumur hidup Anda, jadi selain bisa membuat tubuh tetap dalam kondisi sehat, tapi kita juga bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, didalam Diet Mayo dari mayo clinic juga diperkenalkan 10 pola gaya hidup yang bisa membuat hidup kita menjadi jauh lebih baik, yaitu ” Add 5 Habits & Break 5 Habits”.

Tapi mesti demikian, semuanya kembali pada diri kita masing-masing. Semoga artikel ” Diet Mayo Amankah” ini bermanfaat untuk kita semua.