Diet Green Smoothies

Diet Green Smoothies kini semakin banyak dilirik seiring banyaknya pelaku diet yang kesulitan beradaptasi dengan program makan saat penurunan berat badan. Memasukkan smoothie sehat dari buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda telah terbukti menjadi program penurunan berat badan yang efektif yang memungkinkan pelaku diet menuai keuntungan dari segerombolan vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan tanpa bahaya kelaparan. Selain itu, banyak juga yang menggunakan minuman green smoothies ini sebagai minuman detoksifikasi untuk membuat tubuh semakin sehat.

Diet Green Smoothies
Image credit: Green Smoothie by Ralf Kabelitz, at commons.wikimedia.org/wiki/File:Gr%C3%BCnes_Smoothie.jpg

Diet Green Smoothies adalah diet rendah kalori yang didasarkan pada mengkonsumsi smoothies sayuran dan buah buatan sendiri. Smoothies adalah makanan rendah kalori yang tepat bagi para pelaku diet. Yang mana cara membuatnya adalah dengan menggabungkan beberapa jenis buah dan sayuran menjadi satu lalu diblender. Beberapa buah dan sayur yang menjadi favorit dan sering dijadikan bahan pembuat green smoothies adalah seperti apel dan alpukat, lalu sayuran hijau, seperti kangkung, brokoli dan juga bayam. Bahan ini dihaluskan dalam sebuah blender bertenaga tinggi untuk membuat minuman sehat diet green smoothies yang nikmat.

Namun perlu Anda garis bawahi bahwa, tidak ada makanan atau minuman yang dijamin dapat memberikan hasil maksimal seperti penurunan berat badan, bahkan green smoothie yang kaya nutrisi ini sekalipun. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu konsisten membakar kalori lebih banyak dari jumlah kalori yang Anda makan. Jadi fungsi dari green smoothies ini adalah untuk mempermudah dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori yang ada didalam tubuh, karena minuman sehat ini terbuah dari makanan utuh rendah kalori, sehingga menggunakan mereka sebagai pengganti makanan tidak sehat yang mungkin Anda makan dapat menjadi strategi cerdas untuk menurunkan berat badan. Itulah sebenarnya harus dilakukan saat kita mencoba menjalani diet green smoothies ini.

Resep Diet Green Smoothies

Jika diantara Anda ada yang belum tahu apa itu yang dimaksud dengan smoothie, maka kita akan menjelaskan sedikit. Smoothie itu adalah bubur lembut atau halus yang didapat dari buah atau sayur yang dihaluskan menggunakan alat penghalus berupa blender, dan admin yakin Anda semua pernah membuatnya. Ya, jus yang sering anda buat dirumah itulah sebenarnya yang disebut dengan smoothie. Sedangkan yang namanya jus itu sebenarnya adalah cairan yang didapat dari hasil memeras/perasan dari buah atau sayur guna mendapatkan sari’nya, sehingga biasanya yang namanya jus selalu menyisakan ampas bekas perasan. Nah, sudah sedikit jelas bukan? Sekarang saatnya kita masuk dan membahas mengenai resep diet green smoothies ini.

Contoh resep green smoothie: Gleaming Green Spinach and Lettuce Smoothie

Takaran: Untuk 2 gelas

Bahan:
3 cangkir cincang romaine lettuce (atau sekitar 1 bongkol)
2 cangkir daun bayam cincang (sekitar setengah ikat)
½ cangkir irisan seledri
½ cangkir potong dadu apel
¼ cangkir potong dadu pir
½ cangkir irisan pisang
½ sendok makan jus lemon segar
1 gelas air

Cara membuat :
1. Cuci semua sayuran dan buah-buahan secara menyeluruh sebelum menggunakannya mereka.
2. Letakkan daun selada romaine, bayam dan air bersama-sama dalam blender. Blender sampai lembut
3. Tambahkan seledri, apel dan pir. Blend lagi dalam kecepatan tinggi.
4. Terakhir, tambahkan pisang dan jus lemon dan haluskan sampai tercampur rata.
5. Tuang ke dalam gelas dan sajikan dalam keadaan segar

Variasi: Anda juga bisa menambahkan masing-masing ½ cangkir daun ketumbar dan peterseli sebagai variasi, atau menambahkan 1 ruas jahe.

Untuk komposisi mungkin bisa disesuaikan dengan selera. Namun bagi pemula yang baru saja mencoba diet green smoothies ini, ada yang menyarankan untuk menggunakan komposisi 60% buah dan 40% sayur. Ini supaya para pemula tidak terlalu kaget dengan rasanya, sehingga dengan komposisi awal seperti ini rasa buah bisa sedikit dominan, dan tidak membuat mual jika belum terbiasa. Kemudian secara bertahap Anda bisa meningkatkan komposisi sayurnya menjadi 50:50, atau hingga komposisi sayur yang lebih banyak dari pada buah.

Green Smoothies ini diminum disaat perut kosong. Apabila Anda ingin makan makanan yang lain, tunggulah kira-kira sekitar 30 menit. Smoothies ini minuman yang kaya akan serat sehingga bisa memberikan rasa kenyang, dan mudah dicerna, yang akan membuat tubuh Anda menyerap lebih banyak vitamin dan mineral.

Diet Green Smoothies adalah salah satu cara diet yang perlu dicoba untuk mendapatkan badan sehat, langsing dan juga ideal. Green Smoothies adalah minuman sehat yang kaya akan serat karena sayur dan buah adalah bahan dasarnya. Selain menyehatkan, minuman green smoothies juga sangat kaya akan antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel dan juga bisa mengurangi reksiko penyakit diabetes, osteoporosis, membantu detoksifikasi, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Jadi, apakah Anda sekarang tertarik mencoba diet dengan metoda diet green smoothies ini.