Diet Bagi Penderita Asam Urat

Jika dulu hampir semua penyakit disebabkan oleh infeksi maka berbeda dengan sekarang yang kebanyakan penyakit disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik dan tidak teratur. Salah satu penyakit tersebut adalah asam urat.

Image Credit : hand fingers veins palm. By : Giuliamar. Via : http://pixabay.com/en/hand-fingers-veins-palm-245230/

Apa itu asam urat ?

Menurut penelitian penyakit asam urat masuk dalam golongan penyakit rematik atau disebut juga (artitis gout). Penyebab asam urat ialah karena adanya penumpukan yang masuk dalam rongga sendi (monosodium urat). Dan apabila tubuh mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, Maka asam urat dapat terbentuk. Penyebabnya dari penyakit ini dapat bermacam-macam. Dan untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan diet.

Diet bagi penderita asam urat tidak sulit akan tetapi harus memenuhi syarat di bawah ini:

 

· Diet dengan membatasi purin. Apabila penderita asam urat mengalami pembengkakan sendi maka dia harus melakukan diet membatasi asupan purin menjadi 100 sampai 150 mg purin per hari.

· Mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah kalori harus disesuaikan berdasarkan tinggi dan berat badan.

· Mengatur tinggi karbohidrat. Mengkonsumsi singkong, nasi, roti dan ubi sangat baik untuk penderita asam urat karena bisa meningkatkan pengeluaran urin dan itu berarti meningkatkan pengeluaran asam urat. Hindari makan makanan yang mengandung gula atau mengandung fruktosa yang tinggi.

· Makan makanan yang rendah protein yang berasal dari susu, keju dan telur.

· Menghindari makanan yang bersantan, digoreng serta margarine atau mentega.

· Memperbanyak minum. Disarankan untuk minum minimal 2,5 liter sehari. Selain itu juga anda bisa makan makanan yang banyak mengandung air yang berasal dari buah-buahan yang segar yang banyak mengandung air di dalam nya, misalnya melon, semangka, nanas, jambu air dan belimbing manis. Dan hindari juga buah-buahan seperti alpukat dan durian.

· Hindari mengkonsumsi alcohol.

· Konsumsi tanaman seledri atau sidaguri untuk menurunkan kadar asam urat. Karena tanaman ini bisa melancarkan aliran pada pembuluh darah juga meningkatkan pembuangan air seni.

Itu adalah beberapa cara yang sangat dianjurkan untuk orang yang sedang melakukan diet dan mempunyai penyakit asam urat. Jika anda melakukan metode diet ini dengan baik maka asam urat kemungkinan besar akan sembuh dan setelah sembuh maka anda harus tetap menjaga pola makan dan juga pola hidup dengan baik dan teratur.