12 Cara Diet Yang Baik – Yang Wajib Anda Ketahui

Simak !! Cara diet yang baik untuk Anda yang ingin langsing dengan cara yang sehat. Jadi gol’nya adalah tidak hanya berat badan saja yang turun, tapi tubuh juga harus tetap sehat. Nah, untuk mendapatkan tubuh yang sehat tapi berat badan tetap turun maka kita harus melakukannya dengan cara yang perlahan. Karena tubuh itu menyukai perubahan yang perlahan, baik itu dalam hal makanan ataupun dalam hal olah raga.

Program diet yang baik

Program diet yang baik
Illustration image credit: Checklist by Xololounge, at www.morguefile.com/archive/display/227431

Jadi kunci dari turunnya berat badan adalah, jumlah kalori yang keluar harus lebih banyak dari pada kalori yang masuk. Dan mudah-mudahan, 12 point cara diet yang baik ini bisa kembali memotifasi Anda yang mungkin awalnya pernah gagal saat pernah mencoba menjalani sebuah program diet.

Beberapa point yang akan kita share ini mungkin ada yang berasal dari masukan para ahli gizi, dan ada juga yang berasal dari pengalaman mereka-mereka yang pernah mengalami pengalaman buruk saat menjalani sebuah program diet. Dengan begitu, setidaknya Anda jadi tahu mana sebaiknya yang harus dilakukan, atau mana yang sebaiknya tidak dilakukan. Jadi, cara diet yang baik itu seperti apa sih? Berikut infonya untuk Anda.

12 Tips Cara Diet Yang Baik – Diet Tetap Sehat

Jika niat sudah bulat, dan semangat sudah full kembali maka saatnya memulai lagi dari awal. Maka ingatlah pint-point berikut ini:

1. Kurangi gula / makanan atau minuman manis

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah, mulailah adalah dengan mengurangi konsumsi gula, atau makanan/minuman manis yang banyak mengandung gula. Bahkan langkah ini juga diterapkan pada program diet mayo clinic, dimana diet mayo clinic berpatokan pada health weight pyramid.

Jadi Health Weight Pyramid adalah sebuah daftar makanan yang sudah disusun dan dikelompokan oleh mayo clinic, dimana posisi makanan/minuman manis berada pada posisi paling atas piramid. Hal itu berarti, makanan/minuman manis mendapatkan porsi yang sangat-sangat  kecil dibanding jenis makanan lainnya. Jadi mengurangi konsumsi yang manis-manis adalah point pertama dari 12 point cara diet yang baik yang bisa Anda lakukan. Tapi jika Anda ingin makan yang manis-manis maka Mayo Clinic menyarankan “konsumsilah buah-buahan”.

2. Jangan lewatkan sarapan

Bagi Anda yang sering melewatkan sarapan pagi karena alasan sedang diet, maka Anda wajib membaca point yang kedua ini. Jadi sebuah penelitian yang telah dilakukan selama 16 minggu, dan juga telah dilaporkan di American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa, para peneliti menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara mereka yang sarapan dan tidak sarapan.

“Kami menemukan itu tidak benar-benar membuat perbedaan”

tutur penulis studi David B. Allison, seorang profesor kesehatan masyarakat dan dekan untuk ilmu di University of Alabama di Birmingham, mengatakan kepada CBS News.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 309 orang relawan yang memiliki masalah kelebihan berat badan, dimana mereka dibagi kedalam beberapa kelompok. Dimana ada kelompok yang diberi sarapan seperti biasa, lalu ada kelompok yang tidak boleh makan sebelum jam 10, lalu kelompok yang baru boleh makan setelah jam 11 siang, hingga kelompok yang benar-benar tidak makan hinggga waktu makan siang tiba.

Dari percobaan ini didapatkan fakta bahwa, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang sarapan dan kelompok yang tidak sarapan. Jadi jika Anda adalah salah satu dari orang sering melewatkan sarapan dengan alasan diet, maka mulai hari ini sarapanlah seperti biasa. Lagian kan banyak juga pilihan sarapan sehat seperti sereal yang tinggi serat, susuh rendah lemak, dan juga buah-buahan. Dengan begini maka bisa dikatakan, bahwa sarapan adalah salah satu point utama cara diet yang baik yang mesti kita lakukan.

3. Beralihlah ke cemilan sehat

Terkadang ada orang yang makannya sedikit, tapi kok tubuhnya tetep gendut juga. Hmmmhh, benarkah. Bisa jadi dia memang makannya sedikit, tapi kalo dia suka sekali ngemil, ya sama aja bo’ong. Apalagi kalo ngemilnya snack dan minuman bersoda yang tergolong kategori makanan junk food. Junk food adalah jenis makanan yang sudah lama dikenal sebagai jenis makanan yang mempunyai kontribusi besar terhadap naiknya jumlah penderita obesitas diseluruh dunia.

Jika Anda ingin memulai diet yang sehat maka mulailah merubah kebiasaan ngemil juga. Cemilan sehat itu kan banyak, bisa berupa

  • Buah-buahan seperi: apel, pir, buah persik, stroberi, blueberries
  • Jenis kacang-kacangan seperti: almond, mede, kacang edamame, kacang rebus, dan walnut.
  • Atau mungkin cemilan sehat lainnya seperti seperti plain yoghurt atau salad.

4. Jangan biarkan diri Anda terlalu lapar

Point ke-4 dari cara diet yang baik ini mungkin masih berkaitan dengan point yang ketiga, yaitu jangan biarkan diri Anda kelaparan karena sering menunda-nunda makan. Karena selain bereksiko dapat membuat Anda kalap saat makan nantinya juga bisa mengundang masalah lain seperti penyakit maag.

Biasanya, mereka yang suka menunda-nunda makan adalah mereka yang terlalu sibuk bekerja, sehingga akhirnya mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Oleh karena itu,, jika Anda sering berada pada posisi nanggung maka sebaiknya menyiapkan makanan cemilan sehat seperti yang tadi sudah kita contohkan. Jadi cemilan tersebut bisa membantu Anda mengurangi rasa lapar Anda untuk sementara waktu.

Menunda makan atau membiarkan diri kita kelaparan hanya akan membuat diri Anda sulit untuk mengontrol apa yang akan dimakan nantinya. Anda bisa jadi menjadi tidak peduli apakah makanan yang Anda konsumsi sehat atau tidak. Lalu jika dibiasakan seperti ini bisa-bisa tujuan diet Anda tidak akan pernah tercapai.

5. Kurangi jumlah konsumsi garam

Garam merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mempunyai andil yang besar terhadap kelangsungan kinerja organ-organ yang ada didalam tubuh. Meski begitu, terlalu banyak mengkonsumsi garam dari yang seharusnya juga ternyata mempunyai efek yang sangat buruk juga.

Dalam sehari, para ahli gizi menyarankan total konsumsi garam adalah sebanyak 2000mg -2400mg saja, lewat dari itu maka bisa berakibat buruk bagi tubuh. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah contoh salah satunya. Terlalu banyak mengkonsumsi garam atau makanan yang banyak mengandung garam malah membuat kita cepat merasa haus dan juga lapar.

Jadi point ke-5 dari cara diet yang baik adalah kurangi konsumsi garam atau makanan asin. Menurut info, rata-rata orang di Amerika mengkonsumsi garam 2x lebih banyak dari pada yang dianjurkan. Sehingga, disana jumlah orang yang memiliki berat badan berlebih / obesitas angkanya tiap tahun terus saja naik.

6. Makan sup sebelum makan

Menurut penelitian dari Penn State Unniversity, mereka yang makan sup sayuran rendah kalori sebelum makan ternyata akan makan 20% lebih sedikit kalori pada saat mereka makan. Hal ini karena sup yang berbasis air kuah dan sayuran akan membuat Anda sedikit lebih kenyang sebelum Anda memulai makan makanan utama Anda. Sehingga Anda akan makan lebih sedikit dari pada biasanya.

7. Makan perlahan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island, orang yang makan secara cepat ternyata akan makan jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang makan secara perlahan. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti lainnya, dimana orang yang makan dengan cepat ternyuaya akan makan lebih banyak dibandingkan mereka yang makan dengan perlahan dan menikmati makanan mereka.

Setelah banyak penelitian seputar masalah ini ternyata diketahui bahwa, setidaknya dibutuhkan waktu setidaknya 20 menit untuk perut mengirimkan pesan ke otak bahwa perut kita sudah cukup terisi atau sudah penuh. Jadi jika kita makan secara terburu-buru maka, pesan dari perut ke otak akan sampai saat perut kita sudah terisi secara berlebihan. Jadi makan perlahan juga merupakan salah satu cara diet yang baik tanpa harus melakukan diet.

Tambahan info: Di Jepang, orang-orang sana mempunyai kebiasaan makan secara perlahan, sehingga mereka bisa terhindar dari masalah kelebihan makan. Selain itu, di Jepang juga mempunyai sebuah pola makan sehat yang mungkin mirip dengan masalah ini, yaitu Hara Hachi Bunme. Jadi Hara Haci Bunme adalah berhenti makan jika perut sudah terasa 80% terisi.

8.Isi perut Anda sebelum pergi ke pesta

Terkadang sebuah acara pesta, makan bersama, atau event-event yang ada jamuan makannya adalah salah satu faktor hancurnya diet seseorang. Karena biasanya, acara seperti ini akan sulit bagi kita untuk menahan godaan dari banyaknya makanan yang tersedia. Bahkan kita bisa makan 2 kali lipat dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda isi dulu perut Anda sebelum Anda pergi ke acara-acara tersebut. Makanlah 1 atau 2 butir buah-buahan segar. Hal ini setidaknya bisa mengurangi jumlah makanan yang masuk jikalau Anda ga bisa mengontrol makan Anda nantinya.

9. Catat dan timbang proses diet Anda

Point ke-9 cara diet yang baik “diet tanpa menjalani diet” adalah dengan melakukan pencatatan setiap hari makanan apa saja yang Anda konsumsi, dan juga aktifitas apa yang Anda lakukan. Lalu timbang juga berat badan Anda setiap seminggu sekali.

Dari history tersebut Anda bisa melihat, apakah berat badan Anda naik atau turun. Kalau naik maka Anda bisa melihat, dimanakah letak kesalahannya. Mungkin Anda perlu mengurangi atau mengganti porsi makanan yang ada pada minggu tesebut. Sehingga setidaknya Anda bisa mengkoreksi untuk minggu-minggu selanjutnya agar tidak naik lagi.

Sedangkan kalau turun, maka Anda bisa menggunakan catatan tersebut untuk mengulangi apa yang Anda konsumsi pada minggu tersebut, di minggu-minggu yang akan datang.

10. Stok makanan sehat di dapur dan lemari es Anda

Bagaimana mungkin Anda dapat diet jika dapur dan lemari es Anda masih penuh dengan makanan tidak sehat, tinggi akan kalori dan juga lemak. Oleh karena itu Anda harus mengganti semua stok makanan dengan makanan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran dan juga bahan makanan pendukung diet lainnya seperti: pasta dan roti gandum, sayuran, keju rendah lemak, kacang-kacangan (bisa fresh ataupun kaleng), tomat, salad hijau, dan dada ayam mentah siap masak tanpa kulit.

Mungkin hal ini bukanlah aktifitas yang berhubungan langsung dengan diet, namun hal ini adalah salah satu trik persiapan cara diet yang baik, yang sering sekali disarankan bagi mereka-mereka yang ingin melakukan aktifitas diet. Dengan demikian, sekalipun Anda merasa lapar dimalam hari, Anda sekarang tidak akan ngemil makanan yang tidak sehat lagi.

11. Melakukan olah raga fat burning

Seperti apa sih olah raga fat burning atau olah raga pembakar lemak itu. Menurut seorang dokter spesialis gizi bernama Dr. Ekky M. Rahardja, olah raga fat burning itu adalah olah raga yang intensitasnya ringan hingga sedang. Jadi menurut Dr. Ekky, jangan dikira olah raga yang sangat cape sekali sehinga kita ngos-ngos’an adalah olah raga yang bagus untuk membakar lemak.

Justru ngos-ngos’an itu menandakan kita sedang kekurangan oksigen, dan kalau kekurangan oksigen maka lemak menjadi tidak bisa untuk dibakar. Itulah yang dikatakan oleh Dr. Ekky. Jadi jogging, berenang, bersepeda, atau olah raga yang tidak terlalu membuat Anda cape adalah salah satu cara diet yang baik untuk membakar lemak tubuh Anda.

12. Makanlah dengan porsi kecil

Jika Anda sudah menentukan jadwal makan untuk 1 hari maka bagilah makanan tersebut menjadi 5 atau 6 kali makan. Dengan demikian setiap porsi tentu ukurannya akan menjadi kecil. Misal, 3 kali makan utama dengan 3 snack sehat.

Penelitian membuktikan bahwa, mereka yang membagi makanannya menjadi porsi yang lebih kecil ternyata lebih bisa mengontrol rasa lapar dan berat badan mereka. Hal ini sepertinya sejalan dengan yang dikatakan oleh seorang pakar gizi dan nutrisi, Denny Santoso. Dimana sang pakar gizi ini juga menganjurkan bahwa kita harus membagi porsi makan kita menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Menurutnya, alasan kita harus membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil adalah, bahwa tubuh kita mempunyai batasan saat menyerap nutrisi dari makanan yang masuk. Jadi jika kita makan terlalu banyak maka, nutrisi tersebut tidak seluruhnya terserap oleh tubuh, dan sisa nutrisi tersebut akhirnya akan disimpan menjadi lemak.

Dan oleh karena alasan itulah, maka makan dengan porsi yang lebih kecil tapi sering merupakan salah satu point penting dari salah satu cara diet yang baik yang bisa kita lakukan.

Tambahan info:

Banyak yang menyarankan, bahwa membuat program diet adalah langkah awal yang baik. Jadi intinya, dalam program tersebut kita dapat mengatur segala hal yang berhubungan dengan apa-apa yang akan kita makan, jenis makanan, hingga mungkin jadwal olah-raga yang harus kita kerjakan.