Langsing Cepat, Aman ataukah Justru Berbahaya ?

Langsing Cepatapakah aman atau justru berbahaya. Ibarat sebuah sisi yang saling berhadapan, disatu sisi diet cepat itu konon bebahaya. Tapi di sisi yang lain. yang aman itu justru lama dan cukup memakan waktu. Tapi semua kembali pada pribadi Anda masing-masing, ingin yang cepat tapi bereksiko, atau yang aman tapi menuntut kita untuk harus lebih bersabar. Nah pada artikel ini, kita coba mengorek sedikit informasi tentang masalah ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Tips cara langsing

Tips cara langsing
Illustration Image Credit: Bathroom scale by juliaf, at www.sxc.hu/photo/744491

Mungkin kata “langsing cepat” cukup membuat seseorang akhirnya tergoda untuk mencoba dan pada akhirnya mengabaikan kesehatannya. Ditambah banyak sekali iklan-iklan obat atau program diet yang  menjanjikan langsing dengan cepat, membuat godaan ini cukup sulit untuk diabaikan. Namun imbasnya, semakin banyak yang mencobanya maka semakin banyak juga mereka-mereka yang pada akhirnya justru berurusan dengan rumah sakit karena ternyata tubuhnya tidak sanggup menjalani program langsing cepat ini.

Langsing Cepat = Diet Ketat

Biasanya, yang namanya berat badan turun dengan capat selalu identik dengan yang namanya diet ketat. Dan biasanya juga, yang namanya diet ketat selalu identik juga dengan yang namanya pemangkasan jumlah kalori. Ini berarti, pemotongan jumlah kalori yang dikonsumsi sama juga dengan mengurangi jumlah makanan yang kita makan. Namun sayangnya, pemangkasan yang mendadak ini kadang membuat tubuh tidak bisa mentolerir, dan akhirnya si pelaku diet malah jatuh sakit.

Inilah yang terjadi pada sekian banyak kasus sakit karena terobsesi ingin cepat langsing. Namun tentu tidak ada api kalau tidak ada sumbernya. Iklan media massa tentu bukan satu-satunya yang menyebabkan begitu banyaknya pelaku diet yang menginginkan langsing dengan cepat, tapi informasi dan berita mereka yang sukses melakukan diet ketat juga turut andil besar terjadinya fenomena ini.

Berikut ini beberapa cara yang pada umumnya sering dilakukan oleh para pelaku diet untuk bisa langsing cepat dan menurunkan berat badannya:

  1. Perbanyak minum air putih
  2. Eliminasi makanan dan minuman manis sebisa mungkin
  3. Konsumsi buah-buahan sebagai cemilan dan pengganti makanan manis
  4. Kurangi produk white grain seperti nasi putih, sepageti, roti putih, dan pasta
  5. Lakukan olahraga cardio setidaknya 30 menit/hari
  6. Kurangi konsumsi garam
  7. Minumah kopi sebelum mulai beroah raga supaya pembakaran kalori bisa lebih banyak
  8. Melakukan push-up sebanyak 36 kali, yang dibagi 3 set, pagi, siang , dan sore, masing-masing 12 kali

Nah berikut ini beberapa informasi seputar diet dan juga info dari beberapa orang yang sukses langsing dengan cepat, dengan metode diet ketat yang mereka lakukan:

Tips langsing ala Mayo Clinic

Para ahli kesehatan dari salah satu pusat kesehatan di dunia Mayo Clinic memberikan 10 tips pola hidup sehat bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang langsing tapi tetap sehat. 10 tips tersebut terbagi menjadi 2, yaitu 5 kebiasaan yang harus adaptasi serta 5 kebiasaan yang harus Anda hindari. Apa sajakah itu simak infonya:

• 5 kebiasaan yang harus Anda adaptasi

  1. Jangan lewatkan sarapan, atau usahakan untuk selalu sarapan tapi tidak terlalu banyak
  2. Utamakan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan
  3. Mengkonsumsi makanan yang berasal dari gandum atau biji-bijian
  4. Mengkonsumsi lemak sehat. Contohnya seperti yg berasal dari minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat.
  5. Memperbanyak aktifitas fisik seperti berolah raga

• 5 Kebiasaan yang harus Anda hindari

  1. Hindari makan sambil nonton tv
  2. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis seminim mungkin
  3. Ganti cemilan Anda dengan buah-buahan atau sayuran
  4. Kurangi konsumsi daging lalu konsumsilah susu yang rendah lemak
  5. Kurangi bahkan hindari makanan yang masuk dalam kategori junk food

Pola hidup sehat ini bisa Anda lakukan kapanpun dan tidak terbatas dengan waktu. Jadi tidak hanya badan yang langsing namun Anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat.

1. Langsing cepat setelah melahirkan Mona Ratuliu & Thalita Latief tetap cantik

Siapa yang tak mengenal kedua artis tanah air ini. Ya, Mona Ratuliu dan Thalita Latief adalah 2 dari sekian banyak artis yang mungkin pernah mencoba dan sukses menurunkan berat badannya pasca melahirkan buah hati mereka.

Kabarnya, baik Mona maupun Thalita menggunakan jenis diet yang sama untuk menurunkan berat badan mereka. Keduanya menggunakan diet mayo ala indonesia, yang terkenal sebaga diet mayo tanpa garam.

Mona pertama kali mencoba diet mayo tanpa garam ini pasca melahirkan anak keduanya. Menurut cerita Mona saat tampil disebuah acara talk show, dia bercerita bahwa saat itu tubuhnya sempat naik hingga 25 kg. Merasa bahwa berat tubuhnya masih saja tinggi, akhirnya Mona mendengar selentingan tentang diet ini, lalu akhirnya mencobanya.

Dengan berbekal resep yang dia dapat dari internet maka Mona mulai menjalaninya. Akhirnya, di minggu yang pertama Mona berhasil menurunkan berat badannya hingga 5 kg, sedang di minggu yang kedua berat badannya masih tetap turun tapi tidak sebanyak di minggu yang pertama.

Sedangkan untuk Thalita Latief, dia mencobanya pasca kelahiran anak pertamanya. Thalita berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 5 kg di 13 hari percobaanya. Thalita juga menceritakan bahwa, dirinya pernah merasa sangat-sangat lemas di awal-awal hari percobannya. Dan dia pernah meng’unggah foto-fotonya di instagram pribadinya.

Meski begitu, para ahli gizi dan kesehatan mengingatkan bahwa, sebaiknya ibu yang baru melahirkan disarankan untuk tidak segera melakukan diet ketika sang anak masih dalam masa menyusui. Karena langsing cepat dengan metoda diet apapun dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas dan juga kuantitas dari ASI.

2. Ingin cepat langsing Kinaryosih malah masuk rumah sakit

Beda selebritis, beda juga cara dietnya, dan sudah barang tentu beda juga hasil yang didapatnya. Setidaknya inilah yang dialami artis cantik Kinaryosih, yang akhirnya merasakan juga tidak enaknya menginap dirumah sakit karena diet ekstreem yang dia lakukan.

Menurut penuturan artis cantik ini, dia sempat masuk rumah sakit gara-gara terlalu memaksakan diri untuk melakukan diet ketat hanya karena kinar tak sabaran ingin segera mengembalikan berat badannya ke beratnya yang semula pasca melahirkan buah hatinya. Kinaryosih sendiri sempat menuturkan bahwa dietnya ini sempat dilarang sang suami, karena sang suami melihat bahwa diet yang dilakukan oleh Kinar terlalu ketat, bahkan cendrung ekstreem.

Jadi diet yang dilakukan Kinaryosih adalah mengkombinasikan antara puasa dan olahraga dengan jeda 1 hari. Jadi misalnya kalau senin puasa maka selasanya olahraga, kalau rabu puasa maka kemisnya olahraga, begitu seterusnya. Nah yang menjadi masalah adalah, bahwa ternyata Kinar kurang hati-hati dengan diet yang dilakukannya.

Seperti saat puasa dia kurang banyak minum, setelah itu ke’esokan harinya dia hajar dengan olahraga yang mengeluarkan banyak keringet dan tidak cukup minum juga, dan Kinar akui kondisi ini sering dia lakukan saat diet. Selain itu, hal tidak sehat lainnya yang Kinaryosih lakukan selama diet ini adalah bahwa Kinaryosih juga tidak menjaga pola makannya selama diet.

Kinar mengakui bahwa saat buka puasa dia juga sering langsung makan besar + sambal kesukaanya. Kombinasi antara kekurangan cairan dan pola makan yang tidak sehat ini malah membuat asam lambungnya kumat, bahkan masuk dalam kondisi parah. Alhasil, bukannya langsing cepat yang didapat malah rumah sakit yang menunggunya.

Kinaryosih malah sempat masuk ruang emergency karena kondisi asam lambungnya yang cukup parah. Bahkan pasca keluar dari rumah sakitpun Kinar masih harus minum obat untuk menyembuhkan penyakitnya ini selama 2 bulan lebih.

3. Tips langsing cepat ala Aurel Hermansyah

Bagi yang ingin memiliki tubuh yang langsing maka salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjalankan program  diet.  Inilah setidaknya dilakukan oleh salah satu anak selebritis tanah air, Aurel Hermansyah.

Jika Anda ingat, Aurel dulu memiliki tubuh yang sedikit agak gemuk, dan juga memiliki pipi yang tembem. Namun kini tiba-tiba Aurel seperti bermetamorfosa menjadi seorang gadis remaja yang cantik dan juga langsing.

Banyak yang bertanya, bagaimanakah Aurel melakukannya. Apakah dia melakukan sebuah operasi sedot lemak, ataukah Aurel menjalani sebuah diet super ketat.

Nah untuk menepis beredar gosip yang tidak enak maka dalam beberapa sesi wawancara Aurel menjelaskan kepada awak media, bagaimana dia mendapatkan tubuh langsingnya.

Menurut Aurel, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa rahasia langsing cepat yang dia dapatlan tidak terlepas dari diet ketat yang dia jalani. Jadi Aurel menuturkan bahwa, selama diet dia sudah jarang sekali mengkonsumsi nasi, atau bahkan tidak sama sekali mengkonsumsi nasi.

Jadi pas bangun tidur, Aurel hanya minum air putih dan sarapan menggunakan roti gandum saja. Siangnya Aurel lebih memilih mengkonsumsi buah apel atau sup yang isinya kentang, tahu, wortel, dan juga brokoli. Kemudian di waktu sore hari, Aurel kembali makan buah-buahan seperti apel lagi, dan terakhir malamnya makan buah pepaya.

Saat ditanya apa motifasinya sehingga memutuskan untuk melangsingkan badan, Aurel menjawab bahwa ingin kurus adalah keinginanya.

4. Diet mayo tanpa garam ala Indonesia kabarnya bisa membuat Anda cepat langsing

Awalnya yang namanya diet mayo itu aslinya adalah diet yang diciptakan oleh Mayo Clinic. Sebuah pusat kesehatan sekaligus tempat penelitian terbesar, yang memiliki ribuan tenaga asli kesehatan dari seluruh dunia.

Diet mayo adalah sebuah pola gaya hidup sehat yang sejatinya diciptakan untuk membuat kita bisa hidup dengan sehat sekaligus mendapatkan berat badan yang kita inginkan. Dimana terdapat 10 buah aturan kesehatan yang mesti kita jalani. Secara garis besar ini aturan tersebut adalah 5 kebiasaan baik yang harus kita jalankan, dan 5 kebiasaan buruk yang harus kita hindari. Ditambah, pola makan kita juga harus berpatokan kepada daftar makanan yang sudah diklasifikasikan kedalam sebuah healthy weight pyramid.

Di Indonesia, entah dari mana asal mu’asalnya ternyata diet mayo yang Ada di Indonesia ternyata berbeda dengan diet mayo dari Mayo Clinic. Kalo disini, diet mayonya adalah diet tanpa garam selama 13 hari.

Diet mayo ala Indonesia ini ternyata sangat banyak peminatnya karena memang cukup banyak orang-orang yang sukses langsing cepat berkat diet ini. Bahkan, seperti yang diawal sudah kita review sedikit ternyata beberapa artis Indonesia juga ada yang menjalaninya dan berhasil menurunkan beat badan mereka.

Jadi diet ini mewajibkan kita untuk stop mengkonsumsi garam selama 13 hari, dan kita juga disarankan hanya mengkonsumsi jenis makanan seperti yang sudah ada dalam diet plan’nya. Dimana mayoritas menu-menunya adalah rebusan atau kukus saja.

Meski memang terbukti banyak yang sukses turun berat badannya berkat diet ini namun para ahli gizi dan kesehatan tetap mengingatkan supaya kita harus sangat berhati-hati dalam menjalankan diet tanpa garam ini.

Para ahli gizi dan kesehatan menjelaskan kenapa kita harus berhati-hati dalam menjalankan diet tanpa garam ini, yaitu karena salah satu zat yang tidak boleh dikonsumsi tersebut ternyata adalah salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dimana organ-organ tubuh memerlukan garam atau natrium supaya dapat berfungsi secara normal.

Langsing itu sama dengan jumlah kalori yang keluar harus lebih banyak dari pada kalori yang masuk

Jadi mana yang akan Anda pilih. Apakah langsing cepat tapi cendrung mempunyai reksiko terhadap kesehatan tubuh kita. Atau lebih memilih cara aman dengan menjalankan pola hidup sehat tapi membutuhkan waktu yang sedikit agak lama.

Para ahi gizi selalu mengingatkan bahwa prinsipnya berat badan akan turun apabila jumlah kalori yang keluar harus lebih banyak dari pada jumah kalori yang masuk. Jadi pengaturaan pola makan, mengkonsumsi makanan dengan tidak berlebihan, dan membanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, serta mulai memperbanyak aktifitas fisik adalah langkah diet yang sehat yang seharusnya mulai Anda lakukan.

Jadi Anda jangan bermimpi untuk bisa langsing jika pola makan Anda tidak dijaga serta Anda tidak juga meakukan aktifitas fisik seperti beroah raga.

Selain itu, mengurangi jenis makanan dan minuman yang manis-manis juga salah satu cara yang cukup ampuh untuk bisa langsing cepat yang dilakukan banyak orang. Jadi sangat disarankan untuk lebih banyak minum air putih, dan jika ingin yang manis-manis maka Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan. Hal ini sangat penting sebab hal ini dapat membantu untuk dapat menurunkan berat badan kita dengan membakar kalori yang ada dalam tubuh kita.

Nah bagaimana, apakah Anda sudah memutuskan diet seperti apakah yang nantinya akan Anda lakukan. Para ahli gizi mengingatkan, sebelum kita menjalankan sebuah program diet, disarankan untuk memikirkan apakah diet tersebut nantinya akan baik terhadap tubuh kita atau tidak. Jangan sampai, niat ingin langsing cepat Anda malah membuat kesehatan Anda menjadi terganggu.