Bulimia Nervosa Adalah ?

Bulimia Nervosa adalah sebuah gangguan makan serius yang bisa mengancam nyawa sipenderitanya. Ciri khas seorang yang mengalami Bulimia adalah, dia makan makanan seperti biasa, makan makanan yang dia suka, lalu setelah makan dia akan berusaha memuntahkan semua makanan yang telah dimakannya tersebut dengan sengaja, sampai tidak tersisa. Sehingga ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Bulimia adalah kondisi dimana seseorang memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakannya dengan sengaja.

Bulimia Nervosa

Bulimia Nervosa

Sebagian orang menyebut, Bulimia Nervosa adalah gangguan pola makan mempunyai kesamaan dalam hal tujuan dengan Anoreksia Nervosa, bahkan bisa disebut berkaitan malah. Dimana keduanya sama sama memiliki kelainan dalam pola makan serta mempunyai pandangan yang keliru/salah tentang berat badan dan juga bentuk tubuh. Keduanya mempunyai ketakutan berlebih akan naiknya berat badan mereka. Dan sepertinya, mereka menganggap lemak dan daging yang ada ditubuh mereka adalah musuh yang harus dimusnahkan. Namun yang membedakan diantara keduanya adalah, kalau Penderita Anoreksia adalah kondisi dimana si penderitanya akan menahan mati-matian rasa lapar karena tidak ingin makan karena takut berat badannya naik, sedangkan Bulimia Nervosa adalah kondisi dimana penderitanya tetap akan makan apapun termasuk makanan yang disukainya, namun seketika itu juga akan memuntahkannya kembali semua makanan yang tadi dikonsumsinya supaya berat badannya tidak naik.

Tanda dan Gejala Bulimia Nervosa

Karena gangguan Bulimia Nervosa adalah gangguan pola makan dan psikologis yang sangat serius maka Anda mesti tahu Apa saja tanda dan gejala Bulimia nervosa? Apakah sama dengan gejala Anoreksia. Untuk mengetahuinya, simak listnya berikut ini:

  • Menjadi sibuk dengan bentuk tubuh dan berat badan
  • Hidup dalam ketakutan akan berat badan
  • Merasa bahwa Anda tidak dapat mengontrol perilaku makan Anda
  • Makan sangat banyak saat pesta daripada saat makan normal
  • Memaksa diri untuk muntah
  • Berolah raga hingga sangat kelelahan
  • Menyalahgunakan atau penggunaan secara berlebihan obat pencahar, diuretik atau enema setelah makan
  • Menggunakan suplemen makanan atau produk herbal untuk menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki atau mendapati gejala bulimia seperti yang tadi disebutkan, maka segeralah mencari bantuan medis sesegera mungkin. Karena jika tidak diobati, dapat menjadi lebih buruk dan bahkan bisa mengambil alih hidup Anda.

Bicarakan dengan penyedia kesehatan mental tentang gejala-gejala bulimia. Jika Anda enggan untuk mencari pengobatan, maka cobalah berbagi tentang apa yang sedang anda alami dengan seseorang, apakah itu teman atau orang yang dicintai, guru, pemimpin agama atau orang lain yang Anda percaya. Ia dapat membantu Anda mengambil langkah pertama supaya pengobatan bulimia ini bisa berhasil.

Itulah informasi singkat mengenai Bulimia yang perlu Anda tahu. Akhir kata, semoga artikel ” Bulimia Nervosa Adalah ?” ini bisa bermanfaat dan menjadi memberikan informasi yang sangat berharga untuk Anda.