7 Nama Buah Untuk Diet Terbaik

Nama-nama buah untuk diet itu apa saja sih? Apakah benar dapat menurunkan berat badan dengan cepat seperti yang banyak diberitakan selama ini, ataukah itu hanya sebuah mitos belaka. Tapi beberapa penelitian yang telah dilakukan menemukan, bahwa dengan mengkonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari adalah cara yang bagus untuk hidup dengan sehat dan terbebas dari penyakit.

Buah untuk diet

Buah untuk diet

Biasanya, jenis buah untuk diet adalah jenis buah yang banyak mengandung air dan juga tinggi akan serat. Buah-buahan merupakan makanan super alami dengan kandungan serat yang besar, juga mengandung gula alami yang dapat membantu menjaga rasa lapar menjadi sedikit lebih lama. Namun sayangnya, tidak semua jenis buah bisa dikategorikan sebagai makanan yang dapat membantu untuk proses penurunan berat badan. Jadi hanya beberapa jenis buah saja yang memenuhi syarat, dan bisa dikategorikan kedalam kategori jenis buah untuk diet.

7 Jenis Buah Untuk Diet Sehat

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang langsing dan juga sehat, maka cobalah untuk mulai memasukan lebih banyak lagi buah-buahan kedalam menu diet Anda. Bisa dengan cara dimakan langsung atau dibuat smoothies dari beberapa macam jenis buah. Ada banyak jenis buah yang dapat kita coba untuk konsumsi, diantaranya seperti buah alpukat, pisang, dan apel, serta bebeapa jenis buah untuk diet menurunkan berat badan lainnya. Berikut sedikit ulasannya:

1. Diet Buah Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang bagus untuk diet. Kadar airnya yang sangat tinggi, yaitu sekitar (90%), serta hanya mengandung 30 kalori saja dari 100g buah semangka, membuat buah ini sering dijadikan makanan cemilan untuk membantu mengurangi rasa lapar, pada saat diluar jam makan.

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan asam amino, yang disebut dengan arginin. Beberapa sumber menyebut, salah satu manfaat dari zat ini adalah untuk membantu membakar lemak yang ada didalam tubuh.

Namun, hal terbaik yang perlu kita ketahui tentang semangka adalah, bagaimanapun buah ini dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lumayan lama, sehingga akan membantu Anda terhindar dari mengemil makanan lain yang kurang sehat. Dan ini juga yang menjadi alasan kenapa semangka sering dijadikan buah untuk diet yang baik dan sehat.

Cara mengkonsumsi buah semangka untuk diet

Meskipun diet semangka bukanlah benar-benar sebuah program diet, namun mengkonsumsi banyak buah semangka ternyata bisa membantu program diet yang sedang kita lakukan. Dan berikut ini beberapa cara mengkonsumsi buah semangka yang bisa Anda coba:

  • Pertama-tama Anda bisa mulai dengan mengganti kebiasaan mengkonsumsi jus manis yang mengandung gula, ataupun konsumsi minuman bersoda dengan potongan buah semangka dingin dan air. Caranya adalah memotong kecil-kecil buah semangka lalu membekukannya. Setelah itu Anda tinggal memasukannya kedalam gelas dan menambahkan air. Semangka akan berfungsi sebagai es batu dan memberikan rasa pada air minum tersebut.
  • Yang kedua adalah, dengan cara mengurangi porsi makan Anda, lalu mengkonsumsi beberapa potong buah semangka sebagai gantinya. Makan lebih sedikit berarti memangkas jumlah kalori yang masuk. Makin sedikit kalori yang masuk maka berarti berat badan Anda juga nantinya bisa turun. Mengurangi porsi makan lalu mengantinya dengan beberapa potong buah semangka akan membuat Anda tetap merasa kenyang, tanpa harus merasa kelaparan.
  • Yang ketiga adalah, dengan menjadikan semangka atau buah untuk diet ini cemilan atau snack pada saat Anda merasa lapar diluar jam makan. Konsumsilah beberapa potong buah semangka sebagai snack. Kandungan airnya yang tinggi bisa membantu mengurangi rasa lapar yang sedang Anda rasakan, dan membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Diet Sehat dengan Buah Alpukat

Jenis buah yang satu ini dikenal karena memiliki rasa yang enak, daging buah yang lembut, serta kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral. Jenis buah ini memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin E, yang dikenal sebagai obat antioksidan yang kuat dengan kandungan vitamin B6, vitamin K, asam oleat /asam lemak omega-9 , niasin dan juga ruboflavin.

Tidak hanya itu, buah untuk diet ini juga ternyata mengandung beberapa kandungan mineral penting seperti zat besi, tembaga, mangan, seng, magnesium dan bahan fosfor. Jenis buah alpukat banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Daging buah alpukat biasanya berwarna hijau muda hingga agak kekuningan jika sudah matang.

Cara mengkonsumsi buah alpukat untuk diet sehat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada sebuah Journal Nutrition,diketahui bahwa dengan mengkonsumsi satu setengah buah apel pada saat makan siang maka akan membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga setidaknya dapat menghindarkan Anda dari keinginan mengemil makanan yang tidak perlu.

Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa alpukat dapat membantu untuk mengatur kadar gula darah, dimana ini sangat penting bagi kebanyakan orang. Untuk mendapatkan hasil penelitian ini, para peneliti melakukan sebuah percobaan test makan seiang kepada 26 orang dewasa sehat yang memiliki kelebihan berat badan.

Jadi 26 orang tersebut diharuskan sarapan dipagi hari secara normal, lalu pada siang harinya mereka diberikan menu yang berbeda, dan diantaranya ada yang diberikan tambahan menu buah alpukat. Jadi peneliti ingin mengetahui seberapa besar buah untuk diet ini dapat mempengarui rasa lapar para

  • Makan siang standar tanpa alpukat
  • Makan siang yang mengandung alpukat (alpukat digunakan untuk mengganti makanan lain pada menu makan siang)
  • Makan siang standar dengan tambahan setengah buah alpukat

Setelah 5 jam berlalu, para peneliti meminta kepada ke-26 orang tersebut untuk menilai nafsu makan mereka. Diketahui, ternyata kelompok terakhir yang mengkonsumsi setengah buah alpukat dengan menu makan siang standart ternyata rasa lapar mereka berkurang sebanyak 40% di 3 jam pertama setelah makan siang, dan 28% setelah 5 jam pasca makan siang.

Selain itu, kelompok yang makan buah alpukat juga diketahui merasa lebih kenyang sebanyak 28% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi alpukat pada saat makan siang.

3. Diet Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang juga sering digunakan sebagai media untuk melakukan diet, dan salah satu diet pisang yang terkenal pada saat ini adalah morning banana diet.

Satu buah pisang ukuran sedang rata-rata mengandung setidaknya 105 kalori. Dimana didalam buah pisang tersebut terkandung kandungan potassium, serat, serta vitamin B6 yang sangat besar. Vitamin B6 dikenal sebagai vitamin yang dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Cara diet buah pisang

Untuk mengawali program penurunan berat badan Anda dengan buah pisang maka cara yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan buah untuk diet ini sebagai menu sarapan. Anda bisa memotongnya lalu mengkombinasikannya dengan susu rendah lemak, plain yoghurt, atau mungkin mengkombinasikannya dengan oatmeal atau sereal.

Selain cara yang barusan, ada juga yang melakukannya dengan cara makan 5 buah pisang setiap hari. Yaitu 2 buah pisang sebelum sarapan, 2 buah lagi sebelum makan siang, dan 1 buah pisang lagi sebelum makan malam. Hal ini berfungsi supaya, kita makan menjadi lebih sedikit dari porsi ang biasanya.

4. Apel

Selain buah pisang, kita juga bisa mencoba mengkonsumsi jenis buah untuk diet terkenal lainnya yaitu apel. Jenis buah yang satu ini tergolong dalam kategori makanan diet dengan kandungan glikemik rendah serta kaya akan serat, sehingga sangat cocok untuk menjaga berat badan ideal Anda. Konon, kandungan zat pektin pada buah apel dipercaya dapat mengurangi nafsu makan berlebihan kita secara alami.

Buah apel sarat akan kandungan vitamin, mineral, flavonoid, antioksidan, tanin dan juga serat. Sehingga menjadikan apel sebagai cemilan sehat disaat Anda lapar diluar jam makan adalah pilihan baik dan sangat dianjurkan. Selain itu, beberapa penilitian juga menyebutkan bahwa hanya dengan mengkonsumsi 2 buah apel/hari ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh sebesar 5-10%.

5. Buah Pir

Mengkonsumsi 1 buah Pir sama dengan mengkonsumi seperempat dari kebutuhan serat harian Anda. Pir juga sangat bagus untuk sistem pencernaan, membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe II.

Dalam 1 buah pir ukuran sedang dengan berat 178gr, setidaknya terkandung kalori sebanyak 100 kalori. Kandungan serat yang tinggi pada buah pir dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Dimana ini berarti, buah pir sudah memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai buah untuk diet yang dapat membantu penurunan berat badan Anda. Dengan menjadikannya sebagai cemilan sehat disaat Anda lapar diluar jam makan, bisa menjadi solusi sehat untuk menghindarkan Anda mengkonsumsi makanan tidak sehat lainnya.

6. BlueBerry

Blueberry adalah salah satu jenis buah yang masuk kedalam kategori buah yang memiliki kadar anti oksidan yang sangat tinggi, dimana buah kecil ini juga dapat memerangi faktor-faktor yang menyebabkan sindrom metabolik. Ini berarti, bahwa blueberry dapat mengatasi resistensi insulin, hipertensi, obesitas, dan kolesterol.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Texas Woman’s University (TWU), ternyata blueberry dapat memerangi sel-sel lemak. Hasil ini didapat setelah para peneliti melakukan uji coba pada beberapa ekor tikus yang diberikan makan buah blueberry. Dari penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa, tikus yang memakan blueberry ternyata mengalami penurunan lipid atau lemak sebanyak 73%, sedangkan tikus yang makan sedikit blueberry mengalami penurunan lipid atau lemak sebanyak 23%.

Untuk mencoba diet dengan blueberry, Anda dapat mengawalinya dengan mengkonsumsi semangkuk blueberry pada saat sarapan. Kemudian jumlahnya ditingkatkan secara perlahan, hingga Anda juga mengkonsumsi 1 mangkuk lagi saat siang hari. Jika Anda sudah terbiasa, maka Anda juga dapat mengkonsumsi 1 mangkuk blueberry lagi saat malam hari. Dan untuk minimalnya, sebaiknya Anda mengkonsumsi 1 cup blueberry pada saat sarapan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba mengkonsumsi buah untuk diet yang tinggi akan antioksidan ini?

7. Stroberi

Siapa yang tidak tahu dengan buah kecil berwarna merah ini. Rasanya yang agak asam menandakan buah stroberi sangat tinggi akan kandungan vitamin C. Bagi Anda yang belum tahu, stroberi dapat menurunkan berat badan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Stroberi dapat mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi dari hormon yang merangsang metabolisme dan menekan nafsu makan Anda. Seperti hormon adiponektin dan leptin, yang keduanya merupakan hormon pembakar lemak dan hormon metabolik
  • Stroberi juga dapat memperlambat laju pencernaan makanan bertepung atau makanan yang mengandung tepung. Hal ini berarti stroberi dapat membantu mengontrol kenaikan gula darah.

Itulah beberapa jenis buah yang sering dikonsumsi untuk membantu proses menurunkan berat badan. Jadi mulailah hunting buah-buahan tersebut, dan segera penuhi lemari es Anda. Tapi jangan lupa, kuatkan niat Anda supaya tidak mudah tegoda. Akhir kata, semoga info “Buah untuk diet” ini bermanfaat untuk kita semua.