Benarkah Obat Pelangsing Benar-Benar Membuat Langsing ?

Apakah Anda yakin dan percaya begitu saja kalau obat pelangsing, suplemen, atau obat pencahar dapat benar-benar melangsingkan tubuh atau dapat mengurangi lemak didalam tubuh?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan umum yang sering muncul ketika seseorang hendak mencoba melakukan penurunan berat badan dengan cara meminum pil-pil obat pelangsing. Lalu apakah cara kerja obat pelangsing tesebut dapat mewujudkan harapan mereka untuk  dapat langsing dengan cepat tanpa susah payah berolah raga atau diet ketat, kita simak.

pil-3.jpg

Obat Pelangsing Tubuh
Illustration Image credit: Pills by Andrzej Pobiedzi?ski, at www.freeimages.com/photo/967406

Bagaimanakah Sebenarnya Obat Pelangsing Itu Bekerja ?

Sebenarnya sulit untuk menjawab dengan pasti apakah sebuah obat pelangsing dapat benar-benar menurunkan berat badan atau menghilangkan lemak ditubuh. Karena tidak semua orang yang menggunakan jenis obat pelangsing yang sama akan mendapatkan hasil yang sama pula, kadang ada yang berhasil namun ada juga yang tidak berefek sama sekali. Meski begitu, ada baiknya Anda sebagai pengguna, atau sebagai calon pengguna mengetahui bagaimana sih kebanyakan dari obat pelangsing itu bekerja.

Obat pelangsing bekerja mengurangi penyerapan zat pembentuk lemak

Mungkin sekarang banyak sekali obat pelangsing yang mengumbar janji dapat menurunkan berat badan secara cepat dan mudah, namun apakah benar obat pelangsing benar-benar melangsingkan? tahukah Anda sebenarnya kebanyakan dari obat pelangsing bekerja mengurangi penyerapan zat pembentuk lemak, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, sehingga suplai kalori ke tubuh menjadi berkurang.

Obat pelangsing berfungsi sebagai pencahar

Ada juga obat pelangsing yang berfungsi sebagai pencahar, yaitu mempermudah proses BAB dengan maksud memperkecil kalori yang diserap atau memaksa lemak keluar bersama fases saat BAB.

Obat pelangsing berfungsi menekan nafsu makan

Selain itu ada juga obat pelangsing yang berfungsi menekan nafsu makan, sehingga nafsu makan seseorang berkurang

Perlu Anda ketahui, terkadang kebanyakan orang yang menggunakan obat pelangsing mengira saat BAB mereka berlemak mereka berfikir bahwa itu adalah lemak tubuh mereka yang keluar. Namun sebenarnya itu bukanlah lemak tubuh, tapi itu adalah lemak makanan yang berasal dari makanan yang Anda makan dan dipaksa keluar oleh obat pelangsing / pencahar yang Anda minum.

Tapi Anda jangan senang dulu, membuang atau memaksa keluar lemak makanan sebenarnya malah akan mengakibatkan tubuh kehilangan kesempatan untuk mendapatkan zat gizi penting dari lemak makanan tersebut. Apalagi terdapat beberapa vitamin yang memang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Namun disamping itu yang lebih fatalnya lagi adalah, bahwa keempatnya adalah merupakan vitamin yang berperan sebagai zat antioksidan penangkal radikal bebas. Seperti Vit-E yang berfungsi untuk meregenerasi sel yang rusak, Vit-K untuk kesehatan jantung, serta Vit-D untuk menjaga kolesterol dan tekanan darah agar tetap stabil.

Proses terkikisnya lemak didalam tubuh memerlukan proses yang cukup panjang didalam tubuh. Jadi tidak serta merta obat pelangsing dapat bekerja dengan mudah mengikis lemak yang ada didalam tubuh begitu saja, karena seperti yang tadi sudah disebutkan diatas bahwa lemak yang keluar bersama fases saat BAB adalah lemak dari makanan yang didorong/dipaksa keluar saat BAB.