Bahaya Duduk Terlalu Lama

Apakah Anda tahu, Apa Bahaya Duduk Terlalu Lama? Karena bukan rahasia lagi kalau duduk terlalu lama itu seringkali dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, bahkan kanker. tidak percaya? Simak infonya berikut ini.

Sudah waktunya untuk melangkah jauh dari Tv Anda, lalu luangkan waktu sejenak untuk membaca informasi ini: Menurut sebuah penelitian, orang yang menghabiskan waktu dengan duduk didepan layar lebih dari empat jam sehari pada umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kematian dini, dan bereksiko tinggi pula terhadap kejadian yang berhubungan dengan penyakit jantung, seperti nyeri dada atau serangan jantung.

Tapi duduk di depan TV bukan satu-satunya yang menjadi perhatian. Pokoknya semua kegiatan yang didalamnya ada aktifitas duduk dalam jangka waktu yang lama seperti duduk dibelakang meja tempat kerja, atau duduk di belakang kemudipun tetap bisa berbahaya. Terlebih lagi, jika tidak ada aktifitas lainnya yang dapat mengimbangi dari bahaya duduk terlalu lama.

Selain itu duduk dalam waktu kerja yang cukup lama dan bersifat statis alias tidak berubah, bisa mengakibatkan pembuluh darah dapat tertekan, sehingga berakibat aliran darah dalam otot menjadi berkurang dan akan mengakibatkan otot menjadi lelah sehingga bisa menimbulkan sakit pada bagian pinggang.

Lalu Bagaimana Supaya Terhindar Dari Bahaya Duduk Terlalu Lama

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Solusinya adalah, tidak lain dan tidak bukan dengan mengurangi duduk dan bergeraklah lebih banyak secara keseluruhan. Mungkin bisa dimulai dengan melakukan berdiri disetiap Anda mempunyai kesempatan untuk berdiri. Berikut ini ada beberapa cara yang sering dilakukan orang-orang untuk mengurangi reksiko dari bahaya duduk, seperti:

  • Berdiri sambil berbicara di telepon saat ada kesempatan adalah salah satu trik mudah untuk mengurangi bahayanya duduk terlalu lama
  • Sebagian orang ada yang menggunakan meja berdiri saat bekerja
  • Berjalan bareng dengan rekan-rekan Anda daripada berkumpul di ruang konferensi untuk pertemuan
  • Diluar negeri ada juga yang membuat meja diatas treadmill, jadi mereka bisa melakukan pekerjaanya sambil berjalan atau berlari diatas treadmill. Tapi Anda tentu tidak perlu melakukan sejauh itu, cukup berdiri dan jalan disaat ada kesempatan adalah awal yang baik.
  • Posisi permukaan meja kerja Anda di atas treadmill – dengan layar komputer dan keyboard pada berdiri atau meja vertikal treadmill-siap khusus – sehingga Anda dapat bergerak sepanjang hari.

Manfaat dari bergerak, bahkan gerakan santai sekalipun adalah dapat membakar lebih banyak kalori. Hal ini dapat membantu penurunan berat badan dan meningkatkan energi walaupun sedikit. tapi ini jauh lebih baik daripada kelamaan duduk yang bisa berakibat fatal.

Selain itu, aktivitas otot yang diperlukan untuk berdiri dan gerakan lainnya tampaknya memicu reaksi penting yang berhubungan dengan pemecahan lemak dan gula dalam tubuh, namun ketika Anda duduk, semua itu praktis terhenti. Ketika Anda berdiri atau bergerak aktif, Anda menendang proses tersebut untuk kembali beraksi dan kesehatan Andapun akan meningkat.

Itulah beberapa info tentang ” Bahaya Duduk Terlalu Lama” yang mungkin tidak banyak orang yang menyadarinya. Setelah membaca info singkat ini diharapkan semakin banyak orang yang sadar bahwa kesehatannya sedang terancam ketika terlalu lama duduk didepan tv, meja kantor, atau dibelakang kemudi. Semoga bermanfaat.