Bagaimana Cara Mengatur Porsi Makan ?

Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia, jika pola makan seseorang bagus dan juga teratur maka dia akan terjauh dari berbagai penyakit, dan begitu pula sebaliknya, jika pola makannya tidak baik dan tidak teratur maka secara otomatis tubuh akan mudah terkena penyakit. Bukan hanya itu saja, pola makan juga akan mempengaruhi bentuk tubuh. Apakah anda ingin mempunyai bentuk tubuh ideal? Jika anda menginginkan nya maka mulailah dari mengatur pola makan, keseimbangan gizi serta olahraga.

Image Credit : tape fork diet health loss healthy nutrition. By : mojzagrebinfo. Via : http://pixabay.com/en/tape-fork-diet-health-loss-403586/

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk mengatur porsi makan anda dengan baik:

  1. Mencari tahu kelemahan Anda. Kita semua tentunya mempunyai makanan favorit dan sangat sulit sekali untuk menolaknya dan tidak memakan nya, bahkan kita sangat sulit untuk berhenti memakan nya sekalipun kita sudah kenyang. Nah salah satu solusi untuk masalah ini adalah mencari tahu apa kelemahan anda, caranya buat daftar makanan yang anda sukai dan juga dimana tempat makanan itu berada dan hindari makanan juga tempat tersebut.
  2. Porsi makan yang tepat. Seimbangkan porsi antara karbohidrat, lemak dan juga sayuran yang akan di makan, jangan sampai makanan yang mengandung kalori adalah makanan yang banyak dimakan. Sebaiknya isi setengah piring Anda untuk sayur, seperempat protein, dan seperempat karbohidrat.
  3. Jangan makan makanan langsung dari kantong-nya. Sebaiknya gunakan piring atau mangkuk kecil. Karena porsi-nya yang sedikit, Anda akan lebih menikmati makanan dan merasa lebih puas.
  4. Gunakan alat makan yang berukuran kecil. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang menggunakan piring berukuran besar cenderung mengambil makanan berlebihan. Lebih baik menggunakan piring atau mangkuk kecil untuk makan sehari-hari. Dengan begitu, maka secara tidak sadar, Anda akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit.
  5. Nikmati setiap gigitan ketika anda makan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengunyah makanan perlahan akan membantu memangkas kalori yang masuk ke dalam tubuh, karena secara tidak sadar dengan mengunyah perlahan, otak mengirim pesan telah terpuaskan perasaan laparnya. Selain itu juga mengunyah dengan tenang akan mencegah penyakit pada pencernaan.