Apa itu VCO – Virgin Coconut Oil

Apa itu VCO, atau apa itu minyak kelapa murni. Pertanyaan yang sering muncul saat pertama kali mendengar istilah VCO atau minyak kelapa murni. Oleh karena itu, Tipsdiet.net akan mencoba membantu menerangkan apa itu VCO atau apa itu minyak kelapa murni.

Apa itu VCO – Virgin Coconut Oil

VCO – Virgin Coconut Oil
Image credit: Nutro Coco Virgin Coconut Oil by Unitata.com

VCO, kepanjangan dari Virgin Coconut Oil, yang artinya minyak kelapa murni. Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang didapat dari daging buah kelapa (cocos nucivera) yang diproses secara alami selama 9 jam tanpa pemanasan , tanpa menggunakan bahan kimia, tanpa melalui tahap pemurnian, bahkan tanpa tahap pemucatan dan penghilang rasa. Minyak kelapa murni atau VCO inilah yang sering digunakan dalam salah satu cara diet sehat alami , yang dikenal dengan nama diet sehat alami VCO.

Virgin Coconut Oil  (VCO) merupakan sebuah hasil dari modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga didapatkan produk minyak kelapa dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, mempunyai warna yang bening, baunya harum, dan yang tidak kalah penting adalah daya simpannya yang cukup lama, yaitu bisa lebih dari 12 bulan.

Minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan minyak goreng atau minyak kelapa biasa yang sering dibuat masak. Minyak kelapa biasa berwarna kuning kecoklatan, tidak berbau harum layaknya minyak kelapa murni, mudah tengik, dan daya tahannya tidak selama VCO, yaitu hanya sekitar 2 bulanan saja.

Kandungan Virgin Coconut Oil

VCO sangat kaya akan kandungan senyawa penting yang berguna bagi tubuh manusia. VCO didominasi oleh kandungan asam jenuh sekitar 90%, dan asam tak jenuh 10%. Dan diantaranya adalah asam laurat (laurat acid), yaitu sekitar berkisar   45­-50 %, dan asam kaprilat sekitar 7%, keduanya tergolong kedalam asam lemak jenuh rantai sedang yang biasa disebut Medium Chain Fatty Acid (MCFA).

Sifat dari lemak jenuh rantai sedang / Medium Chain Fatty Acid (MCFA) adalah apabila dikonsumsi tidak akan memberikan efek buruk bagi tubuh manusia, tapi sebaliknya malah bisa menguntungkan. Didalam tubuh manusia, asam laurat (laurat acid) merupakan senyawa monogliserida. Senyawa ini nantinya akan diubah menjadi monolaurin yang bersifat antivirus, antibakteri, antiprotozoa serta dapat menanggulangi serangan virus seperti influenza dan HIV.

Sedangkan asam kaprilat akan diubah menjadi monocaprin yang bermanfaat untuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Seperti virus HSV­2 dan HIV­1 dan bakteri neisseria gonnorhoeae.

Dan berikut tabel lengkap dari kandungan Virgin Coconut Oil atau minyak kelapa murni:

JENIS ASAM LEMAK NAMA SENYAWA ASAM RUMUS KIMIA JUMLAH (%)
Asam Lemak Jenuh Asam Laurat C₁₁H₂₃COOH  43,0 – 53,0
Asam Miristat  C₁₃H₂₇COOH   16,0 – 21,0
Asam Kaprat C₉H₁₉COOH  4,5 – 8,0
Asam Palmitat C₁₅H₃₁COOH   7,5 – 10,0 
Asam Kaprilat C₇H₁₅COOH   5,0 ­ 10,0  
Asam Kaproat C₅H₁₁COOH  0,4 – 0,6
Asam Lemak Tak Jenuh Asam Oleat C₁₆H₃₂COOH 1,0 – 2,5
Asam Palmitoleat  C₁₄H₂₈COOH    2,0 – 4,0
Sumber: Setiaji, B dan Surip Prayugo, 2006, Membuat VCO Berkualitas Tinggi, Penebar Swadana, Jakarta